SNMPTN 2019

Semoga kamu sudah tahu kabar ini, jadi ga kaget. Iya, soal SNMPTN 2019

Intinya sih, kuota SNMPTN dikurangi. Sekarang minimal adalah 20%

Tapi, dengan adanya kebijakan baru di SBMPTN, serta banyaknya kampus yang memiliki ujian mandiri, diperkirakan kuota 20% ini hampir mutlak ( tidak akan ditambah ) setidaknya pada sebagian besar kampus

( Baca Juga )

9 Hal Terpenting di SBMPTN 2019

“Penerimaan mahasiswa baru itu tetap melalui 3 jalur, SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Di mana proporsi yang kita tetapkan adalah untuk SNMPTN adalah minimal 20 persen dan yang melalui SBMPTN minimal 40 persen dan untuk Mandiri maksimum adalah 30 persen. Kalau kita bandingkan tahun lalu poinnya adalah untuk SNMPTN ada pergeseran yaitu dari 30 (persen) turun menjadi 20 (persen),”

kata Menristekdikti M Nasir

Tapi, kenapa ya kuota SNMPTN sampai dikurangi terus begitu ??

Dari informasi resmi yang kami dapat telah konfirmasi,  penurunan kuota SNMPTN ini dilakukan karena Kemenristekdikti menemukan inkonsistensi antara nilai rapor siswa di sekolah dengan prestasinya di perguruan tinggi.

Menurut temuan ini, tidak ada korelasi positif yang lebih baik dari jalur SNMPTN dibandingkan SBMPTN,

Sehingga diputuskan adanya penurunan kuota SNMPTN menjadi hanya 20 persen saja.

Nah, coba tanya diri kamu atau setidaknya melihat sekolah mu, apakah ada ” mekanisme pengaturan nilai ” agar para siswa-siswi di sekolah mu dapat lulus SNMPTN ?

“Pada hasil analisis yang sudah dilakukan oleh tim kami, melihat korelasi antara siswa yang SNMPTN dengan prestasi selama di perguruan tinggi, itu ternyata yang bisa betul-betul dipertanggungjawabkan itu sebenarnya mendekati 20 persen itu”,

jelas Sekretaris Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (Panpus SN PMB) Joni Hermana 

“Yang mendaftar SNMPTN kita ambil sampelnya kemudian kita ambil lihat IPK-nya di satu tahun pertama dia di perguruan tinggi, itu kita korelasikan antara hasil di perguruan tinggi pada satu tahun pertama dengan nilai dia rapor. Ternyata ada sekolah-sekolah tertentu yang tidak nyambung. Korelasinya tidak positif. Sehingga kita cari mana nilai yang betul-betul bisa dipertanggungjawabkan bahwa nilai tersebut betul-betul mewakili dari sekolah tersebut”

Jadi, sudah jelas ya apa yang terjadi pada SNMPTN 2019 ?

Kalau saran saya sih, kamu tetap ikut aja. Pilih kampus dan jurusannya dengan bijak

Tapi, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk ikut di SBMPTN dan Ujian Mandiri

Semoga bermanfaat yaa

( Kalau kamu ingin lebih siap untuk menghadapi SBMPTN – Ujian Mandiri biar bisa jadi mahasiswa di kampus dan jurusan impian, kami punya info menarik disini )

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Share informasi ini ke teman - teman yuk