IUP ITB Jadi Pilihan Program Perkuliahan Yang Makin Populer

IUP ITB merupakan salah satu program belajar yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung alias ITB. Sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia, tak heran jika setiap proses perkuliahan di ITB menerapkan standar begitu tinggi di setiap program studi yang ditawarkan.

Bukan hanya membuka kelas reguler, ITB diketahui juga menyediakan pilihan International Undergraduate Program atau IUP yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Inilah yang membuat IUP jadi pilihan tepat bagi mahasiswa Indonesia ataupun warga negara asing lulusan SMA/sederajat untuk bisa mengikuti perkuliahan dalam program IUP ITB.

Di samping itu pula, IUP ITB merupakan salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang menginginkan pembelajaran secara intensif. Apalagi jika Anda adalah salah satu orang yang ingin mendapatkan global exposure ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Namun jangan lupa, IUP ITB juga memiliki beberapa standar berbeda jika dibandingkan dengan kelas reguler lainnya. Termasuk salah satunya soal biaya perkuliahan.

Latar belakang IUP ITB

Sebenarnya, alasan ITB membuka program sarjana S1 internasional semacam ini guna meningkatkan kualitas pendidikan kampus sehingga lebih siap dalam menghadapi persaingan global yang kian ketat. Hal ini tak lepas dari fakta persaingan dunia pendidikan yang terus bervariasi sehingga mereka yang hanya diam mengikuti arus sudah pasti mengalami kekalahan daripada mereka yang terus berinovasi tiada henti.

Artinya, melalui program IUP ini ITB seakan ingin terus menatap dunia secara luas. Apalagi, proses perkuliahan masa kini bukan sekadar melibatkan dosen dari internal kampus saja, tetapi juga melibatkan berbagai pihak dari universitas luar negeri sebagai mitra terpercaya.

Bukan itu saja, bahasa pengantar yang digunakan dalam kelas internasional ITB ini adalah bahasa Inggris supaya para mahasiswa mampu beradaptasi dengan pergaulan global. Bahkan, penggunaan bahasa Inggris ini tak sekadar dijadikan bahasa pengantar saja, melainkan juga percakapan antar mahasiswa, baik di dalam ataupun di luar kelas.

Alasan lain dibukanya program internasional ITB ini juga untuk menarik minat para calon mahasiswa yang berasal dari luar negeri. Mengingat ITB sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia, tak heran jika ingin selalu melebarkan sayap di dunia akademik yang jauh lebih luas. Melalui kelas internasional semacam ini, peluang mendapatkan mahasiswa dari luar negeri pun jauh lebih terbuka.

Nah, adanya mahasiswa dari luar negeri pun bisa jadi keuntungan tersendiri bagi ITB untuk meningkatkan pamor. Bukan itu saja, kehadiran mahasiswa asing ini juga bisa membuat pergaulan mahasiswa ITB sendiri jadi lebih luas dan bervariasi. 

Bimbel Sukses IUP ITB

Berbagai pilihan jurusan IUP ITB

Seiring berjalannya waktu, ternyata tak semua program studi di ITB menyediakan kelas internasional. Alasannya karena ada akreditasi atau standar yang wajib dipenuhi terlebih dulu sebelum program tersebut dibuka dan berjalan.

Namun saat ini, ada sekitar tujuh jurusan internasional di ITB yang telah resmi dibuka untuk tahun ajaran 2021/2022. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Farmasi Klinik dan Komunitas
  2. Manajemen
    Sains dan Teknologi
  3. Farmasi
  4. Teknik Dirgantara
  5. Teknik Kimia
  6. Teknik Lingkungan
  7. Teknik Mesin

Ketujuh program studi yang termasuk dalam IUP ITB tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk melanjutkan jenjang pendidikan setelah dinyatakan lulus SMA atau sederajat sehingga bisa meraih gelar sarjana.

Berdasarkan informasi, program studi Manajemen jadi jurusan pertama yang menawarkan kelas internasional dan jadi salah satu jurusan terpopuler di kalangan calon mahasiswa masa kini.

Menariknya, ITB sempat menyampaikan akan ada beberapa kelas internasional lain yang akan dibuka dalam waktu dekat.

Berdasarkan kabar tersebut, Fakultas Seni Rupa dan Desain jadi salah satu pertimbangan untuk dimasukkan ke dalam pilihan IUP ITB. Pasalnya, minat mahasiswa asing terhadap seni dan desain Indonesia terbilang cukup tinggi.

Persyaratan umum pendaftar IUP ITB

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, IUP ITB berbeda dengan kelas reguler. Termasuk untuk tahapan pendaftaran bagi para calon mahasiswa. Sebab, program kelas internasional semacam ini memang murni wewenang kampus sehingga detail pendaftaran diatur oleh pihak ITB secara langsung.

Sejak beberapa tahun belakangan, pendaftaran IUP ITB ini bisa dilakukan secara daring. Biasanya, pihak ITB memang menginformasikan tata cara dan seluruh jadwal pendaftaran melalui situs resmi mereka secara detail.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi para calon mahasiswa IUP ITB ini, antara lain:

• Lulusan SMA/sederajat di tahun 2019, 2020, atau 2021.

• Telah berusia maksimal 22 tahun per 1 Agustus 2021.

• Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dengan skor IELTS minimal 5.5 atau TOEFL IBT sebesar 61.

• Terbukti memiliki potensi akademik dengan nilai baik, hal ini diukur dari skor SAT Test the College Board dan rapor/transkrip akademik.

• Tidak mengalami buta warna parsial maupun total bagi calon pendaftar Teknik Kimia atau Sains dan Teknologi Farmasi.

• Bersedia melakukan proses registrasi sekaligus melengkapi seluruh dokumen pendaftaran dan membayar sesuai ketentuan.

Berdasarkan uraian di atas, bisa diketahui bahwa ada beberapa persyaratan yang patut dipenuhi oleh calon pendaftar supaya bisa diterima dalam program IUP ITB.

Pastikan juga setiap syarat dan ketentuan tersebut telah terpenuhi dengan baik dan benar sehingga peluang lolos pun semakin besar.

Kelengkapan dokumen pendaftar IUP ITB

Selain persyaratan di atas, para calon pendaftar IUP ITB juga harus tahu kelengkapan dokumen apa saja yang dibutuhkan seperti berikut ini:

• Alamat email valid sebagai media mengirimkan informasi dan keperluan pendaftaran.

• Form pendaftaran secara online.

• Akta kelahiran untuk pendaftar WNI atau paspor untuk WNA.

• Sertifikasi bahasa Inggris berupa IELTS atau TOEFL IBT serta copy sertifikat Reasoning SAT non esai.

• Rapor atau transkrip nilai resmi SMA pada semester 1 hingga 5.

• Surat keterangan tidak buta warna untuk calon pendaftar Teknik Kimia atau Sains dan Teknologi Farmasi.

• Ijazah atau Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah

• Dan yang terakhir adalah surat komitmen finansial.

Tes IUP ITB

Mengingat kelas internasional satu ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya, maka tak heran jika bahasa yang nantinya digunakan untuk tes masuk IUP ITB adalah bahasa Inggris. Selain itu juga, setiap calon mahasiswa wajib tahu tentang tes AQ ITB.

Pada dasarnya, tes ini setara dengan tes kualifikasi akademik internasional untuk masuk sekaligus meraih gelar sarjana pada program IUP ITB.

Bisa dibilang, AQ ITB adalah tes awal yang harus dihadapi setiap calon mahasiswa dalam proses seleksi.

Tes AQ ITB adalah jenis tes yang memang digunakan untuk mengukur kemampuan kuantitatif, penalaran, dan verbal dari setiap calon mahasiswa IUP ITB.

Adapun penjelasannya sebagai berikut:

• Tes kuantitatif

Tes satu ini tak pernah ketinggalan dalam setiap proses seleksi IUP ITB karena berfungsi untuk mengukur pemahaman individu mengenai berbagai macam konsep matematika. Selain itu, tes kuantitatif juga menerapkan berbagai jenis angka logika untuk mengukur sejauh mana kemampuan calon mahasiswa dalam menyelesaikan masalah.

• Tes penalaran

Tak ketinggalan tes penalaran yang berfungsi untuk mengukur kemampuan individu dalam memilih sekaligus mengatur informasi yang relevan dan tepat saat memecahkan masalah.

• Tes verbal

Berikutnya ada tes verbal yang memadukan sejumlah kemampuan individu dalam menyelesaikan beragam masalah terkait bahasa dan kata.

Jika dilihat dari detail tes yang diadakan IUP ITB, tes AQ ITB ini memang terbilang sangat kompleks. Umumnya, seleksi kelas internasional seperti ini bakal digelar menggunakan format CAT atau Computer Assisted Test.

Setiap calon mahasiswa hanya akan diberi waktu sekitar 150 menit untuk mengerjakan semua soal yang telah disiapkan dalam bentuk bahasa Inggris.

Jadi jangan heran, jika saat ini ada banyak sekali bimbingan belajar atau bimbel IUP ITB guna melatih kemampuan calon mahasiswa dalam mengikuti tes tersebut.

Tentu saja, setiap bimbel selalu menyertakan banyak bentuk contoh soal IUP ITB sebagai bekal dalam menghadapi ujian yang sebenarnya.

Kamu Juga Bisa Masuk IUP ITB !

Jangan asal daftar, pastikan kamu persiapan dengan maksimal ya !

Jadwal seleksi IUP ITB

Secara garis besar, seleksi mahasiswa baru IUP ITB dilakukan dalam tiga gelombang berbeda. Gelombang pertama bisa diikuti oleh para WNA, WNI yang bersekolah di luar negeri, dan WNI yang sekolahnya tidak menggunakan kurikulum Indonesia. Sementara gelombang dua dan tiga ditujukan khusus para WNI yang bersekolah dengan kurikulum Indonesia.

Berikut ini jadwal secara lengkap penyelenggaraan IUP ITB 2021/2022:

Diatas adalah jadwal yang kami cantumkan untuk informasi tahun ajaran 2021. Nah, untuk kamu yang persiapannya untuk masuk IUP ITB tahun 2022, kira – kira juga mengacu pada tanggal yang sama ya

Biaya dan pembayaran IUP ITB

Informasi lain yang tak kalah penting tentu saja soal biaya IUP ITB. Perlu diketahui, setiap calon mahasiswa harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin mengikuti jurusan kelas internasional ini.

Tentu saja, tingginya biaya yang dikeluarkan sangat rasional. Pasalnya, jurusan kelas internasional ITB akan memberi pelayanan berbeda dengan kelas reguler.

Bukan itu saja, para calon mahasiswa juga bisa meraih peluang global exposure berupa pertukaran mahasiswa ke luar negeri. Terutama untuk belajar di universitas yang menjalin kerjasama dengan ITB.

Lantas, seperti apa rincian biaya masuk dan bergabung dengan program IUP ITB tersebut?

Berikut penjelasannya secara detail.

Ohiya, informasi diatas kami akses pada tanggal 29 Juni 2021. Ketika kamu membaca artikel ini, bisa saja informasinya sudah berubah lagi di website resmi IUP ITB ya.

Setiap calon mahasiswa harus benar-benar memperhatikan anggaran yang telah disebutkan di atas secara seksama. Jika dilihat dari besar biaya yang ditetapkan, sangat tergambar jelas bahwa biaya IUP ITB cenderung jauh lebih mahal ketimbang kelas reguler.

Kendati demikian, fasilitas yang disediakan oleh pihak ITB pada program tersebut tentu sesuai dengan biaya yang dikeluarkan oleh tiap-tiap mahasiswa. Namun ketahuilah, biaya yang tercantum di atas tidak mencakup beberapa hal, di antaranya sebagai berikut:

  • Biaya program kemitraan ITB dan universitas di luar negeri

Perihal biaya tambahan ini akan dijelaskan lebih lanjut secara terpisah oleh pihak IUP ITB. Bukan itu saja, besar biaya kemitraan pastinya berbeda tergantung dari jenis program, akademik yang diambil, dan biaya hidup di setiap universitas kemitraan terkait.

  • Akomodasi dan biaya hidup

Setiap negara tentu memiliki biaya hidup yang berbeda-beda. Tentu saja ini memengaruhi besar biaya yang harus dikeluarkan oleh masing-masing calon mahasiswa selama proses perkuliahan program sarjana S1 internasional ITB ini berlangsung.

  • Buku pelajaran dan alat pendidikan lain

Setiap program pendidikan sudah pasti memiliki buku penunjang dan alat peraga berbeda. Oleh sebab itu, biaya ini nantinya tergantung pada program yang diambil oleh calon mahasiswa itu sendiri.

Selain itu, terkait soal biaya IUP ITB masih ada beberapa hal lain yang wajib diperhatikan secara cermat, di antaranya:

  • ITB tidak akan menyediakan dukungan finansial kepada para mahasiswa program sarjana S1 internasional. Baik itu berupa beasiswa, pengabaian ataupun pembebasan biaya kuliah khusus dalam program IUP ITB ini.
  • Semua bentuk pembayaran untuk biaya pendaftaran dan tes wajib dilakukan ketika masa pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku. Tidak ada kompensasi dalam bentuk apapun mengenai keterlambatan pembayaran yang dilakukan calon mahasiswa.
  • Setiap calon mahasiswa wajib membayar biaya perkuliahan pertama setelah diterima secara resmi sebagai bagian dari jurusan kelas internasional ITB.
  • Tidak ada pengembalian biaya pembayaran yang telah dilakukan, khususnya untuk biaya pendaftaran dan keikutsertaan tes calon mahasiswa IUP ITB.
  • Berbagai prosedur pembayaran akan diperbarui sekaligus bisa diakses secara mudah melalui situs resmi ITB.

Demikian tadi informasi seputar IUP ITB yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri sesuai minat dan bakat masing-masing. Semoga informasi tersebut bisa membantu, ya!

Bersama SALMAN

Sukses Jadi Mahasiswa/i di PTN Impian Kamu !

Online atau offline. Kami siap. Pilih program sesuai kebutuhan dan cara belajar kamu. Sampai bertemu di kelas.