Jangan Bingung. Ini Beda SNMPTN, UTBK, SBMPTN & Ujian Mandiri

Jangan Bingung. Ini Beda SNMPTN, UTBK, SBMPTN & Ujian Mandiri

perbedaan snmptn sbmptn ujian mandiri

Walau sudah mau tahun 2020, ternyata masih ada lho anak kelas 12 yang belum tahu bedanya SNMPTN, UTBK, SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Tapi, gapapa. Nih Salman jelasin lagi ya. hehe

Pertama dari definisi jalur seleksinya

SNMPTN alias Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan kriteria nilai pada sekolah masing – masing dan/atau portofolio prestasi masing – masing pelajar itu

Jadi, apa yang kamu lakukan saat di SMA / MA itu menentukan banged apakah kamu bakal diterima di PTN apa ngga

Kemudian ada SBMPTN alias Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri.

SBMPTN ini seleksinya berdasarkan Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) yang diadakan serentak se-Indonesia, sesuai hari yang dipilih.

Update tahun 2020, kamu cuma bisa ikut 1x UTBK, gak kaya tahun 2019 lalu waktu kamu punya 2x kesempatan

Selain itu, kalau kamu sudah lulus ke  PTN pilihan lewat jalur SBMPTN, kamu gak akan bisa ikut UTBK, apalagi SBMPTN, apalagi Ujian Mandiri karena data – data kamu sudah terverifikasi lulus sebagai mahasiswa PTN

Ketahui lebih lanjut tentang hal ini di artikel berikut ya

Kemudian ada Ujian Mandiri

Kalau SNMPTN, UTBK dan SBMPTN wewenangnya ada pada kementerian ( negara ) Ujian Mandiri ini hak otonomnya ada di masing – masing PTN

Pemerintah cuma mengatur kuotanya aja

Kuota daya tampung setiap daya tampung prodi yaitu
  1. SNMPTN 20 persen dari daya tampung prodi.
  2. SBMPTN 40 persen
  3. Ujian Mandiri paling banyak 30 persen

Persyaratan dan Jadwal SNMPTN, UTBK, SBPMTN dan Ujian  Mandiri

1. SNMPTN

A. Persyaratan

  • Peserta Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisi di PDSS
  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio

B. Pilihan program studi

  • Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
  • Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)

C. Jadwal kegiatan SNMPTN 2020

  • Registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.:  2 Desember 2019 – 7 Januari 2020
  • Pengisian PDSS: 13 Januari – 6 Februari 2020
  • Pemeringkatan siswa oleh sekolah: 13 Januari – 6 Februari 2020
  • Pengumuman siswa yang Eligible untuk mendaftar SNMPTN: 13 Januari – 6 Februari 2020
  • Pendaftaran SNMPTN: 11-25 Februari 2020
  • Pengumuman hasil SNMPTN: 4 April 2020

2. UTBK

A. Persyaratan

  • Khusus untuk UTBK 2020 ini dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat.
  • Bisa juga bagi lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.

B. Jadwal UTBK 2020:

  • Registrasi akun LTMPT 7: Februari – 5 April 2020.
  • Pendaftaran UTBK: 30 Maret – 11 April 2020.
  • Pelaksanaan UTBK: 20-26 April.
  • Pengumuman: 12 Mei 2020

3. SBMPTN

A. Persyaratan peserta

  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah.
  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah.
  • Memiliki nilai UTBK.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi
  • Memiliki NISN.
  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio
  • Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah

B. Jadwal SBMPTN

  • Pendaftaran: 2-13 Juni 2020.
  • Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN pukul 15.00 WIB pada 30 Juni 2020

4. Seleksi Mandiri

Cukup banyak PTN yang mengadakan ujian mandiri : UI, UGM, Undip, UNS, Unsoed, ITS, UB, dan seterusnya

( ITB ngadain ga ya tahun 2020 ? )

Terdapat 2 mekanisme seleksi yaitu :

  1. Menggunakan nilai UTBK 2020
  2. Menggunakan seleksi tertulis / komputer pada masing – masing PTN

Untuk materi dan tata cara ujian mandiri berbeda-beda, tergantung universitas dan jurusan masing-masing.

Semoga informasi ini bermanfaat ya !

Update terus kabar mu

Kami rutin mengirimkan info soal info masuk PTN, beasiswa dan berbagai tips lho

Dapatkan Info Rutin & Eksklusif

Tentang jalur masuk PTN, Beasiswa dan tips bermanfaaat

Powered by Kirim.Email

9 Hal Terpenting di SBMPTN 2019

9 Hal Terpenting di SBMPTN 2019

Hal Terpenting di SBMPTN 2019

Gak kerasa ya buat kelas 12, satu semester sudah akan berlalu, dan persiapan menuju SBMPTN 2019 sudah akan dimulai

Sudah banyak yang mulai intensif di bimbel, les privat, belajar kelompok, dan lain sebagainya

Nah, setelah mengejutkan kita dengan sistem penilaian baru di SBMPTN 2018, akan ada yang seru nih di SBMPTN 2019

Seru dalam artian : Yah ! Kok ada perubahan lagi sih !

Iya, akan ada beberapa perubahan ( malah sebenarnya disebut hal baru sih ) pada SBMPTN 2019

Salman sajikan buat kamu

9 Hal Terpenting di SBMPTN 2019

 

1. Di SBMPTN 2019  Cuma akan ada Ujian Tertulis Berbasis Komputer

Intinya sih begini, untuk persiapan menghadapi SBMPTN 2019, kamu sudah harus siap dari sekarang menghadapi ujian berbasi komputer ya

Bahkan juga akan dipertimbangkan ujian berbasis aplikasi android

 

2. Sebelum bersiap soal SBMPTN, ketahui juga nasib SNMPTN 2019

Tentu kamu pun ingin secepatnya masuk kampus impian. Siapapun ingin

Nah, lulus dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNPMTN ) tentu menjadi impian setiap kelas 12 pesertanya

Sayangnya, kuota kelulusan dari SNMPTN akan turun menjadi hingga 20% saja pada tahun 2019 nanti

Sedangkan, SBMPTN setidaknya akan memiliki kuota 40%. Kuota mandiri ditetapkan maksimal adalah 30%

Dengan begitu, maksimal SBMPTN akan berkuota 50%

Kesempatan apa kesempatan nih ?

Baca Juga :

Jadwal – Jadwal Penting Kelas 12 Di Tahun 2019

 

Mau kuliah di kampus dan jurusan impian kamu ?

Pendaftaran Super Camp SBMPTN sudah dibuka ! Hanya menerima 20 peserta. Tingkat kelulusan 75 %. Daftar lebih awal biaya lebih murah

3. Kampus tidak lagi jadi panitia pelaksana

Mungkin kamu juga sudah tahu kalau kementerian selama ini bekerjasama dengan insitusi kampus untuk melaksanakan SBMPTN

Nah, ditahun 2019 nanti, SBMPTN akan dilaksanakan oleh sebuah lembaga nirlaba yang bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT

Semoga benar – benar nirlaba ya. Eh, tapi ujiannya tetap bayar lho !

 

4. Bisa ikut 2 kali, biayanya Rp200.000 per tes

Jadi, ini termasuk yang revolusioner di SBPMTN 2019

Setiap peserta, termasuk alumni, bisa mengikuti SBMPTN sebanyak 2x!

Ketua Panitia SBMPTN 2018 sekaligus Rektor Universitas Sebelas Maret Ravik Karsidi menyebutkan, peserta dapat menggunakan nilai tertingginya dalam mendaftar program studi yang diinginkan, pada dua kali UTBK, dengan jenis soal akan sama, namun pertanyaannya akan berbeda.

5. SBMPTN 2019 akan dilaksanakan 24 x !

Pak Ravik menambahkan, UTBK akan dilakukan sebanyak 24 kali dalam setahun.

Ini sih maha revolusioner !

Pelaksanaan SBMPTN akan dilaksanakan bulan Maret 2019 dan akan serentak dimulai Pukul 08.00 hingga 13.00

“Kami akan menyelenggarakan UTBK selama 24 kali dalam setahun, dalam waktu 12 hari yakni Sabtu dan Minggu,” jelasnya.

Lho, berarti diadakan sebelum Ujian Nasional ya ?

Betul sekali, kemungkinan besar, SBMPTN 2019 hari pertama akan diadakan sebelum ujian nasional

Jadwal – jadwal tes lainnya kita tunggu pengumuman resmi selanjutnya yaa

Baca juga

Harus Tahu : Begini Mekanisme Pendaftaran SBMPTN 2019

6. Nilai UN tidak ngaruh ke SBMPTN

Seperti tahun ini, nilai UN pun tidak akan menjadi pertimbangan untuk seleksi masuk PTN. UN hanya akan menjadi pertimbangan untuk kelulusan SMA/SMK.

 

7. Materi tesnya 2 jenis

Untungnya yang ini ga berubah, misal tambah tes TOEFL atau IELTS gitu. hehe

Akan tetap ada 2 materi tes di SBMPTN nanti yaitu Tes Potensi Skolastik ( TPS ) dan Tes Kompetensi Akademik ( TKA )

Mungkin TPS itu yang tadinya Tes Kemampuan Dasar ya

Soal TKA juga masih terdiri dari Soshum dan Saintek, tapi…

 

8. Tidak ada lagi tes keterampilan

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau LTMPTN menghapus tes keterampilan pada SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019 jurusan Seni dan Keolahragaan.
 
Kendati demikian, kamu sebagai calon mahasiswa wajib menyertakan portofolio prestasi atau penghargaan yang sesuai dengan jurusan yang akan dilamar.
 
Ketua LTMPTN bapak Ravik Karsidi mengatakan, penghapusan tes keterampilan merupakan bagian dari kebijakan baru yang diterapkan pada seleksi masuk PTN 2019.
 
 Ia mengimbau, pendaftar mulai menyiapkan segala dokumen, baik berupa piagam, sertifikat meskipun belum lulus sekolah.
 
“Yang dulu terdiri atas tes seni dan olah raga, diganti sistem portofolio. Sama seperti pada SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nanti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) juga. Portofolio penting karena untuk menguji bakat tidak dapat diukur hanya dengan hasil UTBK,” 
KLIK GAMBAR

9.  Tes dulu, dapat nilai, baru daftar PTN

Ini Salman tempatin terakhir soalnya mencengangkan. hehe

Jadi, di 2019 nanti, bener – bener ada #2019gantiSBMPTN haha

Di tahun 2018 kan kamu daftar PTN, tes, dapat nilai lalu dapat kepastian lulus atau ngga ya. Tapi, di 2019 ga gitu lagi

Jadi pertama kamu tes nih, terus kan kamu dapad nilai ya. Baru habis itu, kamu daftar deh ke jurusan di kampus yang kamu minati

Kalau berhasil, kamu kuliah sesuai jadwal, jika belum berhasil, kamu ikut ujian lagi di periode selanjutnya. Intinya itu tadi, akan diadakan 24x

Jadi, ada kesempatan yang lebih besar buat kamu diterima di kampus impian

Insya Allah…

 

BONUS :

Berdasarkan informasi dan rilis resminya, dipastikan SBMPTN 2019 akan diadakan di 85 PTN pesertanya

Jika merujuk hal ini, maka ujian tidak lagi diadakan misal di SMA atau kampus – kampus ( negeri dan swasta ) yang jadi mitra

Ujian hanya akan diadakan di 85 PTN tersebut. Misal, Jabodetabek akan diadakan di UI, IPB, UIN Syarif Hidayatullah dan UNJ.

Kita tunggu rilis resminya lagi yaa

Yang penting sih dengan sistem apapun, kamu bersiap belajar aja. Sudah. Fokus. Perubahan apapun tidak dapat mengganggu kamu meraih impian

Berkuliah di jurusan dan kampus idaman

Oh iya, buat kamu yang belum ikutan, yuk gabung di Grup WA, Telegram dan Facebook Info Perguruan Tinggi

Salman rutin berbagi info tentang SBPMTN, Beasiswa dan sebagainya di grup

Klik gambar dibawah ya

Informasi Passing Grade PTN (Se-Jawa). Wah ! Penting Nih !

Informasi Passing Grade PTN (Se-Jawa). Wah ! Penting Nih !

Informasi yang satu ini tentu kamu butuhkan banged : informasi passing grade PTN se-pulau Jawa

Yep. Walaupun banyak yang bilang kalau passing grade ga menentukan kelulusan kamu. Baik itu di SBMPTN ataupun ujian mandiri. Namun, passing grade itu manfaatnya banyak lho.

 

Mau kumpulan data passing grade ini dalam bentuk file PDF agar bisa disimpan di HP/laptop kamu ? 

 

Masukkan nama dan alamat email kamu

Setidaknya ada 4 manfaat informasi passing grade akan membantu kamu

  1. Mengukur hasil pembelajaran mu
  2. Menetapkan target yang ingin dicapai
  3. Melakukan perbandingan antar jurusan dan kampus yang mau kamu pilih
  4. Melakukan pemetaan berapa banyak soal ujian yang harus dijawab

[bctt tweet=”Tapi, perlu kamu pahami juga bahwa penerimaan kamu di suatu kampus, adalah murni keputusan dari kampus yang bersangkutan ya.” username=”@salmanedukasi”]

Kalau Salman sih lebih menyarankan, kalau kamu menjawab sebanyak mungkin soal yang diberikan. Makin banyak benarnya kan nilai kamu makin tinggi ? Makin tinggi nilai kamu pasti otomatis makin besar dong kemungkinan kamu diterima.

Nah, buat ngebantu kamu, berikut Salman sudah kumpulkan data informasi passing grade PTN – PTN di pulau Jawa ya 🙂

( Kalau ada kampus atau jurusan yang tidak ditemukan disini, silahkan kamu tambahkan datanya di kolom komentar ya. Biar ngebantu teman – teman yang lain )

Biar kamu gampang membaca data passing grade ini, Salman buatkan menjadi per wilayah yaa

  1. Informasi passing grade PTN di Jawa Barat, Banten, Jakarta
  2. Informasi passing grade PTN di Jawa Tengah dan Jogja
  3. Informasi passing grade PTN di Jawa Timur
banner supercamp sbmptn
Klik gambar

1. Informasi Passing Grade PTN Jawa Barat, Banten dan Jakarta

Informasi passing grade Universitas Indonesia (UI) Sosial humaniora

  • Sastra Rusia 29.5 %
  • Ilmu Filsafat 30.2 %
  • Ilmu Sejarah 30.9 %
  • Arkeologi Indonesia 28.9 %
  • Sastra Arab 30.8 %
  • Sastra Belanda 28.2 %
  • Ilmu Hukum 50.6 %
  • Sastra Daerah untuk Sastra Jawa 29.8%
  • Psikologi 48.8 %
  • Ilmu Politik 40.2 %
  • Ilmu Perpustakaan 30.4 %
  • Sastra Indonesia 31.0 %
  • Ilmu Hubungan Internasional 53.8 %
  • Akuntansi 56.4 %
  • Manajemen 50.8 %
  • Ilmu Komunikasi 52.3 %
  • Sastra Jepang 39.7 %
  • Ilmu Administrasi Niaga 43.8 %
  • Sastra Perancis 38.8 %
  • Sastra Inggris 39.4 %
  • Ilmu Kesejahteraan Sosial 36.3 %
  • Bahasa dan Kebudayaan Korea 37.1 %
  • Sosiologi 35.7 %
  • Kriminologi 35.8 %
  • Ilmu Administrasi Fiskal 43.1 %
  • Sastra Cina 35.2 %
  • Ilmu Ekonomi 49.7 %
  • Ilmu Administrasi Negara 42.7 %
  • Antropologi Sosial 31.6 %
  • Sastra Jerman 33.3 %
download soal simak ui
download soal simak ui disini

Informasi passing grade Universitas Indonesia (UI) Saintek

  • Arsitektur 45.67 %
  • Teknik Elektro 50.77 %
  • Arsitektur Interior 35.67 %
  • Kesehatan Masyarakat 35.91 %
  • Teknologi Bioproses 32.03 %
  • Fisika 34.67 %
  • Gizi 30.17 %
  • Biologi 30.67 %
  • Pendidikan Dokter 62.78%
  • Geografi 32.56 %
  • Teknik Industri 51.60 %
  • Ilmu Komputer 55.99 %
  • Teknik Perkapalan 36.54 %
  • Kimia 36.83 %
  • Teknik Komputer 45.26 %
  • Farmasi 54.93 %
  • Pendidikan Dokter Gigi 49.65 %
  • Teknik Metalurgi dan Material 42.38 %
  • Teknik Mesin 45.16 %
  • Matematika 40.50 %
  • Ilmu Keperawatan 43.00 %
  • Teknik Sipil 44.09 %
  • Sistem Informasi 42.38 %
  • Teknik Kimia 42.48 %
  • Teknik Lingkungan 40.49 %
Download gratis soal SBMPTN 2000 - 2015
Download gratis soal SBMPTN 2000 – 2015

Informasi Passing Grade UPN Jakarta

Passing Grade Saintek Upn Jakarta

Program StudiPassing Grade
Ilmu Gizi    36, 12
Kedokteran    51, 86
Keperawatan    36, 92
Kesehatan Masyarakat    36, 41
Sistem Informasi    35, 78
Teknik Industri    34, 46
Teknik Informatika    39, 87
Teknik Mesin    33, 73
Teknik Perkapalan      33, 21

  Passing Grade Soshum Upn Jakarta

Program StudiPassing Grade
Akuntansi43,88
Ilmu Hubungan Internasional40,79
Ilmu Hukum38, 62
Ilmu Komunikasi38, 34
Manajemen40, 12

Informasi Passing Grade Institut Teknologi Bandung (ITB)

  • STEI (65,7%)
  • FTI (62,5%)
  • FTTM (59,8%)
  • FTMD (58,7%)
  • FTSL (56,5%)
  • SAPPK (55,2%)
  • SF (54,4%)
  • FITB (52,9%)
  • STIH Sains (49,3%)
  • FMIPA (47,8%
  • STIH Rekayasa (39,8%)

Informasi passing grade Universitas Padjadjaran (Unpad)

  • Biologi 32.5%
  • Fisika 28.2%
  • Geofisika 32.5%
  • Statistika 38.2%
  • Pendidikan Dokter Gigi 38.6%
  • Pendidikan Dokter 53.5%
  • Matematika 36.6%
  • Ilmu Keperawatan 31.2%
  • Farmasi 37.5%
  • Kimia 32.5%
  • Teknik Geologi 34.5%
  • Teknik Pertanian 26.9%
  • Psikologi 40.4%
  • Teknik Informatika 36.8%
  • Agribisnis 25.8%
  • Agroteknologi 25.8%
  • Teknologi Pangan 31.8%
  • Perikanan 32.5%
  • Ilmu Peternakan 23.4%
  • Ilmu Kelautan 25.8%

Informasi passing grade universitas Padjadjaran (Unpad) IPS

  • Akuntansi 44.5%
  • Ilmu Hukum 36.8%
  • Ilmu Pemerintahan 32.0%
  • Ilmu Kesejahteraan Sosial 28.6%
  • Ilmu Perpustakaan 23.7%
  • Ilmu Komunikasi 36.2%
  • Manajemen 38.5%
  • Ekonomi Pembangunan 33.5%
  • Sastra Rusia 20.8%
  • Sastra Jepang 31.0%
  • Ilmu Administrasi Negara 35.3%
  • Sastra Jerman 27.5%
  • Sastra Inggris 31.6%
  • Ilmu Hubungan Internasional 40.6%
  • Sastra Sunda 18.6%
  • Sastra Arab 21.9%
  • Sastra Perancis 30.5%
  • Sosiologi 22.0%
  • Antropologi 25.3%
  • Ilmu Sejarah 22.2%
  • Ilmu Administrasi Bisnis 35.3%
  • Sastra Indonesia 23.7%

Informasi Passing Grade Institut Pertanian Bogor (IPB)

  • Ilmu Komputer 40,47%
  • Statistika 41,53
  • Kimia 40,33%
  • Matematika 40,40%
  • Fisika 29,30%
  • Biologi 36,63%
  • Meteorologi Terapan 28,20%
  • Biokimia 35,23%
  • Kedokteran Hewan 35,40%
  • Proteksi Tanaman 30,63%
  • Arsitektur Lansekap 32,77%
  • Agronomi dan Hortikultura 28,10%
  • Agribisnis 30,07%
  • Ilmu Keluarga dan Konsumen 22,89%
  • Ilmu Gizi 34,60%
  • Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat 29,27%
  • Teknik Sipil Dan Lingkungan 36,63%
  • Teknik Mesin Dan Biosistem 37,20%
  • Teknologi Pangan 40,13%
  • Teknologi Industri Pertanian 32,90%
  • Ilmu Dan Teknologi Kelautan 29,00%
  • Teknologi & Manajemen Perikanan Budidaya 31,37%
  • Teknologi Hasil Perairan 30,13%
  • Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap 28,33%
  • Manajemen Sumberdaya Perairan 29,63%
  • Silvikultur 23,50%
  • Teknologi Hasil Hutan 24,67%
  • Konservasi Sumberdaya Hutan& Ekowisata 34,07%
  • Manajemen Hutan 34,87%
  • Nutrisi dan Teknologi Pakan 29,73%
  • Teknologi Produksi Ternak 25,00%
  • Manajemen Sumberdaya Lahan 33,50%
  • Manajemen 33,80%
  • Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan 29,07%
  • Ekonomi Dan Studi Pembangunan 32,83%
  • Ekonomi Syariah 26,67%

Informasi Passing Grade Universitas Islam Negeri (UIN)

Passing Grade UIN Kategori IPA

  • Sosial Ekonomi Pertanian / Agribisnis 25.34
  • Teknik Informatika 40.75
  • Sistem Informasi 38.91
  • Matematika 24.73
  • Biologi 24.91
  • Kimia 27.82
  • Fisika 22.67
  • Kesehatan Masyarakat 35.91
  • Farmasi 45.63
  • Ilmu Keperawatan 37.55
  • Pendidikan Dokter 53.87
  • Pendidikan Matematika 36.71
  • Pendidikan Fisika 32.87
  • Pendidikan Kimia 31.98
  • Pendidikan Biologi 34.57

Passing Grade UIN Kategori IPS

  • Akuntansi 41.86
  • Bahasa dan Sastra Arab 22.32
  • Bimbingan dan Penyuluhan Islam 21.93
  • Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan 33.65
  • Ilmu Hubungan Internasional 40.10
  • Ilmu Hukum 38.12
  • Ilmu Perpustakaan 21.76
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam 23.12
  • Jurnalistik 30.21
  • Manajemen 33.45
  • Manajemen Dakwah 19.32
  • Ilmu Politik 21.74
  • Pengembangan Masyarakat Islam 18.54
  • Kesejahteraan Sosial 19.76
  • Psikologi 34.43
  • Sejarah dan Peradaban Islam 21.12
  • Tarjamah (Bahasa Arab) 19.32
  • Manajemen Pendidikan 23.67
  • Pendidikan Agama Islam 24.11
  • Pendidikan Bahasa Arab 20.02
  • Pendidikan Bahasa Indonesia 32.43
  • Pendidikan Bahasa Inggris 36.32
  • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 22.91
  • Pendidikan Guru MI/SD 31.21
  • Jinayah Siyasah 20.42
  • Ekonomi Islam 30.09
  • Perbandingan Mahzab dan Hukum 18.25
  • Sosiologi 21.74
  • Bahasa dan Sastra Inggris 28.91
  • Manajemen Haji dan Umroh 21.23
  • Akhwal Syakhshiyah (Hukum Keluarga Islam) 19.32

Informasi Passing Grade Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Passing Grade Saintek UNJ

  • Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 36.6%
  • Pendidikan Teknik Elektronika 30.30%
  • Pendidikan Matematika 40.27%
  • Pendidikan Fisika 34.52%
  • Pendidikan Teknik Mesin 30.66%
  • Pendidikan Teknik Bangunan 29.24%
  • Ilmu Keolahragaan 30.38%
  • Kimia 33.35%
  • Biologi 33.56%
  • Pendidikan Kimia 35.52%
  • Pendidikan Biologi 36.83%
  • Matematika 33.63%
  • Fisika 30.63%
  • Pendidikan Teknik Elektro 30.58%

Passing Grade Soshum UNJ

  • Pendidikan Luar Sekolah 26.5%
  • Pendidikan Guru PAUD 28.8%
  • Ilmu Agama Islam 23.0%
  • Sosiologi 25.6%
  • Pendidikan Sosiologi 25.1%
  • Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 24.6%
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi 25.0%
  • Bimbingan & Konseling 30.2%
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar 35.6%
  • Psikologi 40.6%
  • Teknologi Pendidikan 32.5%
  • Pendidikan Luar Biasa 28.0%
  • Manajemen Pendidikan 30.5%
  • Pendidikan Bahasa Indonesia 33.5%
  • Sastra Indonesia 30.3%
  • Pendidikan Bahasa Inggris 36.2%
  • Sastra Inggris 31.8%
  • Pendidikan Bahasa Prancis 27.8%
  • Pendidikan Bahasa Jerman 26.5%
  • Pendidikan Bahasa Arab 22.6%
  • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 23.0%
  • Pendidikan Tata Boga 24.5%
  • Pendidikan Tata Busana 23.5%
  • Pendidikan Tata Rias 22.5%
  • Pendidikan Tata Niaga 22.6%
  • Pendidikan Bahasa Jepang 27.8%
  • Pendidikan Seni Tari 19.8%
  • Pendidikan Seni Musik 21.5%
  • Pendidikan Seni Rupa 21.0%
  • Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan 24.0%
  • Pendidikan Geografi 25.0%
  • Pendidikan Sejarah 27.2%
  • Pendidikan Kepelatihan Olahraga 25.5%
  • Pendidikan Ekonomi 32.5%
  • Manajemen 40.8%
  • Akuntansi 42.5%

Informasi Passing Grade Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

  • Kimia 33,40%
  • Pendidikan Teknologi Agro Industri 30,40%
  • Biologi 32,50%
  • Teknik Elektro 30,80%
  • Pendidikan Biologi 43,80%
  • Pendidikan Kimia 36,90%
  • Teknik Arsitektur 31,60%
  • Pendidikan Teknik Mesin 33,60%
  • Pendidikan Teknik Bangunan 31,70%
  • Pendidikan Teknik Elektro 30,50%
  • International Program On Science Of Education (Ipse) 31,50%
  • Teknik Sipil 30,50%
  • Pendidikan Teknik Arsitektur 32,90%
  • Pendidikan Ilmu Komputer 44,50%
  • Ilmu Komputer 44,60%
  • Matematika 35,80%
  • Pendidikan Matematika 44,90%
  • Pendidikan Fisika 38,40%
  • Fisika 34,90%

Passing Grade SOSHUM UPI

  • Pendidikan Geografi 34,40%
  • Ilmu Pendidikan Agama Islam 32,80%
  • Bimbingan Dan Konseling 32,90%
  • Bahasa Dan Sastra Indonesia 35,40%
  • Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 29,50%
  • Administrasi Pendidikan 33,80%
  • Pendidikan Luar Sekolah 33,70%
  • Pendidikan Luar Biasa 30,50%
  • Teknologi Pendidikan 32,70%
  • Manajemen Pemasaran Pariwisata 30,70%
  • Manajemen Industri Katering 31,80%
  • Pendidikan Sejarah 30,90%
  • Pendidikan Bahasa Daerah 36,70%
  • Pendidikan Bahasa Inggris 40,90%
  • Pendidikan Bahasa Arab 35,50%
  • Manajemen Resort Dan Leisure 30,50%
  • Pendidikan Bhs.Dan Sastra Indonesia 37,70%
  • Pendidikan Bahasa Jepang 35,60%
  • Pendidikan Bahasa Jerman 32,70%
  • Manajemen 42,70%
  • Ilmu Komunikasi 35,50%
  • Akuntansi 44,80%
  • Pendidikan Bahasa Perancis 33,50%
  • Bahasa Dan Sastra Inggris 33,80%
  • Perpustakaan Dan Informasi 32,90%
  • Pendidikan IPS 36,60%
  • Pendidikan Tata Busana 30,60%
  • Pendidikan Akuntansi 36,90%
  • Pendidikan Manajemen Bisnis 36,40%
  • Pendidikan Manajemen Perkantoran 34,50%
  • Pendidikan Ekonomi 38,80%
  • Pendidikan Sosiologi 34,70%
  • Pendidikan Tata Boga 28,40%
  • Psikologi 38,90%
  • Pkn / Pendidikan Kewarganegaraan 31,80%
  • PGSD Kampus Cibiru 30,80%
  • PGPAUD Kampus Cibiru 32,70%
  • PGSD Kampus Sumedang 28,80%
  • PGPAUD Kampus Bumi Siliwangi 28,90%
  • PGSD Kampus Tasikmalaya 27,60%
  • PGSD Kampus Serang 27,40%
  • PGSD Kampus Purwakarta 26,50%
  • PGSD Kampus Bumi Siliwangi 29,70%

Informasi Passing Grade Untirta

Saintek

  • Agribisnis 23.5%
  • Agroekoteknologi 21.8%
  • Pendidikan Biologi 29.6%
  • Pendidikan Matematika 32.0%
  • Perikanan 20 .5%
  • Teknik Elektro 33.0%
  • Teknik Industri 35.2%
  • Teknik Kimia 32.0%
  • Teknik Mesin 32.6%
  • Teknik Metalurgi 31.3%
  • Teknik Sipil 30.3%

Passing Grade Soshum UNTIRTA

  • Administrasi Negara 29.0%
  • Akuntansi 34.6%
  • Ekonomi Pembangunan 30.2%
  • Ilmu Hukum 30.5%
  • Ilmu Komunikasi 30.6%
  • Manajemen 31.5%
  • Pendidikan Bahasa Indonesia 26.6%
  • Pendidikan Bahasa Inggris 29.2%
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar 29.8%
  • Pendidikan Luar Sekolah 20.1%

2. Informasi Passing Grade PTN Jawa Tengah dan Yogyakarta

Informasi passing grade Universitas Gadjah Mada (UGM)

Passing Grade UGM IPA

  • Teknik Sipil dan Lingkungan 53.80
  • Teknik Pertanian 51.00
  • Teknologi Hasil Hutan 42.35
  • Teknologi Hasil Perikanan 40.85
  • Teknologi Informasi 46.44
  • Teknik Nuklir 54.72
  • Teknik Mesin 56.99
  • Teknik Kimia 61.62
  • Teknik Industri 62.30
  • Teknik Geologi 48.85
  • Statistika 51.04
  • Tek. Industri Pertanian 52.69
  • Pangan dan Hasil Pertanian 47.66
  • Teknik Elektro 61.65
  • Teknik Geodesi dan Geomatika 50.10
  • Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis 47.40
  • Perencanaan Wilayah dan Kota 51.54
  • Penyuluhan dan Kom Pertanian 43.72
  • Pendidikan Dokter 57.65
  • Pend. Dokter Gigi 52.85
  • Pemuliaan Tanaman 45.65
  • Pembangunan Wilayah 51.65
  • Mikrobiologi Pertanian 46.43
  • Matematika 48.87
  • Manajemen Sumberdaya Perikanan 40.98
  • Manajemen Hutan 41.67
  • Kimia 51.21
  • Kehutanan 42.43
  • Kedokteran Hewan 47.97
  • Kartografi dan Penginderaan Jauh 44.76
  • Ilmu Tanah 46.20
  • Ilmu Komputer 51.76
  • Ilmu Keperawatan Gigi 45.42
  • Ilmu Keperawatan 46.00
  • Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan 44.42
  • Ilmu dan Industri Peternakan 47.67
  • Gizi Kesehatan 50.04
  • Geografi dan Ilmu Lingkungan 45.87
  • Geofisika 50.09
  • Fisika Teknik 52.34
  • Fisika 49.31
  • Farmasi 51.67
  • Elektronika & Instrumentasi 52.08
  • Budidaya Perikanan 44.90
  • Budidaya Hutan 42.54
  • Biologi 47.78
  • Arsitektur 53.98
  • Agronomi 45.11
tempat download kumpulan soal um ugm
Download disini kumpulan soal um ugm

Passing Grade UGM IPS

  • Akuntansi 56.94
  • Arkeologi 47.45
  • Antropologi Budaya 45.98
  • Bahasa Korea 40.32
  • Ilmu Ekonomi 55.54
  • Ilmu Administrasi Negara 53.87
  • Ilmu Hubungan Internasional 55.89
  • Ilmu Filsafat 42.08
  • Ilmu Hukum 54.77
  • Ilmu Komunikasi 53.92
  • Ilmu Sejarah 44.21
  • Ilmu Sosiatri 40.76
  • Ilmu Pemerintahan 51.76
  • Manajemen 56.87
  • Psikologi 53.76
  • Pariwisata 40.32
  • Sastra Asia Barat 41.61
  • Sastra Indonesia 43.54
  • Sastra Arab 45.71
  • Sastra Inggris 43.20
  • Sastra Nusantara 40.22
  • Sastra Jepang 42.94
  • Sastra Perancis 42.62
  • Sosiologi 46.69

Informasi Passing Grade Universitas Diponegoro

Jurusan IPA UNDIP

  • Manajemen Sumber Daya Perairan 24.2%
  • Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan 24.6%
  • Budidaya Perairan 23.6%
  • Ilmu Kelautan 29.2%
  • Teknologi Hasil Perikanan 25.8%
  • Oceanografi 27.8%
  • Teknik Arsitektur 40.87%
  • Teknik Sipil 40.66%
  • Teknik Kimia 40.6%
  • Teknik Mesin 40.6%
  • Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota 41.4%
  • Teknik Elektro 40.0%
  • Teknik Lingkungan 40.2%
  • Teknik Perkapalan 39.6%
  • Teknik Geodesi 40.5%
  • Teknik Industri 41.2%
  • Sistem Komputer 40.8%
  • Teknik Geologi 41.2%
  • Peternakan 28.8%
  • Pendidikan Dokter 57.2%
  • Kesehatan Masyarakat 39.6%
  • Ilmu Gizi 39.6%
  • Biologi 30.9%
  • Matematika 35.9%
  • Ilmu Keperawatan 40.5%
  • Kimia 33.2%
  • Statistika 34.0%
  • Fisika 30.5%
Download gratis soal UM UNDIP
Download gratis soal UM UNDIP disini

Passing grade Undip IPS

  • Bahasa & Sastra Inggris 36.0%
  • Bahasa & Sastra Indonesia 30.2%
  • Sejarah Indonesia 29.8%
  • lmu Perpustakaan 24.0%
  • Manajemen 45.2%
  • Ilmu Hukum 44.4%
  • Ilmu Ekonomi & Studi Pemb. 43.0%
  • Ilmu Adm. Publik 38.3%
  • Akuntansi 50.2%
  • Pemerintahan 34.5%
  • Ilmu Adm. Bisnis 35.6%
  • Psikologi 42.2%
  • Komunikasi 44.6%
  • Hubungan Internasional 45.5%
  • Bahasa Jepang 40.5%

Informasi passing grade Universitas Jenderal Soedirman

IPA

  • Agribisnis 25.4%
  • Agroteknologi 24.6%
  • Biologi 25.1%
  • Budidaya Perairan 22.1%
  • Farmasi 35.3%
  • Fisika 23.8%
  • Ilmu dan Teknologi Pangan 31.2%
  • Ilmu Gizi 31.7%
  • Ilmu Kelautan 24.4%
  • Keperawatan 32.1%
  • Kesehatan Masyarakat 33.1%
  • Kimia 29.2%
  • Manajemen Sumberdaya Perairan 24.9%
  • Matematika 28.2%
  • Pendidikan Dokter 45.3%
  • Pendidikan Dokter Gigi 34.1%
  • Peternakan 25.7%
  • Teknik Elektro 35.5%
  • Teknik Geologi 28.7%
  • Teknik Informatika 37.5%
  • Teknik Pertanian 23. 9%
  • Teknik Sipil 33.1%

Passing Grade Soshum Unsoed

  • Administrasi Negara 32.1%
  • Akuntansi 36.6%
  • Bahasa dan Sastra Indonesia 25.1%
  • Bahasa dan Sastra Inggris 27.4%
  • Bahasa Jepang 23.1%
  • Ekonomi Pembangunan 29.5%
  • Hubungan Internasional 29.8%
  • Ilmu Hukum 29.8%
  • Ilmu Komunikasi 34.4%
  • Ilmu Politik 27.4%
  • Manajemen 33.8%
  • Sosiologi 26.4%

Informasi Passing Grade Universitas Negeri Yogyakarta

Passing Grade UNY Kelompok IPA/Saintek

  • Pendidikan Fisika 30.2%
  • Biologi 25,00%
  • Pendidikan Teknik Mekatronika 26.7%
  • Pendidikan Teknik Informatika 38.2%
  • Pendidikan IPA 26,00%
  • Pendidikan Teknik Otomotif 32.5%
  • IKORA 24.8%
  • Pendidikan Kimia 32.8%
  • Pendidikan Biologi 33,00%
  • Pendidikan Teknik Elektronika 30.5%
  • Pendidikan Teknik Mesin 30.2%
  • Pendidikan Matematika 35.5%
  • Kimia 26.2%
  • Pendidikan Teknik Elektro 26.8%
  • Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan 27.8%
  • Matematika 28.5%
  • Fisika 25.6%

Passing Grade UNY Kelompok IPS/Soshum

  • Pendidikan Kewarganegaraan 26.3%
  • Pendidikan Sejarah 27.2%
  • Pendidikan Geografi 28.5%
  • PJKR 31.2%
  • Pendidikan Bahasa Jerman 25,00%
  • Pendidikan Bahasa Prancis 26,00%
  • Pendidikan Seni Rupa 21.5%
  • Bahasa dan Sastra Indonesia 25,00%
  • Bahasa dan Sastra Inggris 27.8%
  • Pendidikan Luar Sekolah 20.2%
  • Pendidikan Seni Kerajinan 19.8%
  • Manajemen Pendidikan 30.2%
  • Bimbingan & Konseling 32.6%
  • Teknologi Pendidikan 26,00%
  • PGSD Penjas 25.6%
  • Pendidikan Bahasa Inggris 35.6%
  • Pendidikan Luar Biasa 22.5%
  • Pendidikan Seni Tari 20.5%
  • Pendidikan Seni Musik 24.6%
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 34.8%
  • Pendidikan Bahasa Jawa 30.6%
  • PKO 23.2%
  • Pendidikan Teknik Busana 22.4%
  • Pendidikan Teknik Boga 24.6%
  • Pendidikan Adm. Perkantoran 28.6%
  • Pendidikan Akuntansi 32.5%
  • Pendidikan Ekonomi 31.5%
  • Manajemen 35.00%
  • Ilmu Sejarah 21.6%
  • Akuntansi 34.8%
  • Pendidikan Sosiologi 26.8%
  • Pendidikan IPS 25.8%
  • Administrasi Negara 32.5%
  • Kebijakan Pendidikan 28.6%
  • PGSD 32.5%
  • PGPAUD 22.5%

Informasi Passing Grade Universitas Sebelas Maret (UNS)

Passing Grade Saintek UNS

Program StudiPassing Grade
Agribisnis32,03%
Agroteknologi / Agroekoteknologi28,80%
Arsitektur33,27%
Biologi30,60%
Fisika30,53%
Ilmu Dan Teknologi Pangan36,43%
Ilmu Tanah28,00%
Kimia39,23%
Matematika36,00%
Pendidikan Biologi32,40%
Pendidikan Dokter50,43%
Pendidikan Fisika35,03%
Pendidikan Kimia37,87%
Pendidikan Matematika40,27%
Pendidikan Teknik Bangunan25,07%
Pendidikan Teknik Informatika & Komputer35,83%
Pendidikan Teknik Mesin27,80%
Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian28,00%
Perencanaan Wilayah dan Kota (Pwk)37,83%
Peternakan27,97%
Psikologi36,27%
Teknik Industri41,97%
Teknik Informatika38,47%
Teknik Kimia46,63%
Teknik Mesin36,43%
Teknik Sipil32,47%

Passing Grade Soshum UNS

Program StudiPassing Grade
Akuntansi30,67%
Bimbingan Dan Konseling22,67%
Desain Interior27,73%
Desain Komunikasi Visual27,50%
Ekonomi Pembangunan32,93%
Hubungan Internasional34,37%
Ilmu Administrasi Negara42,90%
Ilmu Hukum35,07%
Ilmu Komunikasi38,87%
Ilmu Sejarah30,47%
Kriya Seni (Desain Tekstil)28,13%
Manajemen32,70%
Pend. Bahasa, Sastra Indonesia & Daerah24,40%
Pend. Guru Pend Anak Usia Dini (PG-PAUD)22,50%
Pend. Guru Sekolah Dasar (PGSD) Kebumen21,80%
Pend. Guru Sekolah Dasar (PGSD) Surakarta24,47%
Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN)26,37%
Pendidikan Bahasa Inggris23,70%
Pendidikan Bahasa Jawa22,23%
Pendidikan Ekonomi25,73%
Pendidikan Geografi26,37%
Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi25,20%
Pendidikan Kepelatihan Olahraga25,00%
Pendidikan Luar Biasa (Pendidikan Khusus)27,37%
Pendidikan Sejarah26,37%
Pendidikan Seni Rupa23,53%
Pendidikan Sosiologi Antropologi23,53%
Sastra Arab22,10%
Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa28,90%
Sastra Indonesia30,10%
Sastra Inggris30,07%
Seni Rupa Murni (Lukis, Grfs, Ptng, Krmik)28,13%
Sosiologi37,70%

Informasi Passing Grade UPN Yogyakarta

Passing Grade Saintek UPN Yogyakarta
Program StudiPassing Grade
Agribisnis30, 36%
Agroteknologi30, 12%
Teknik Geofisika37, 81%
Teknik Geologi39, 96%
Teknik Industri40, 12%
Teknik Informatika44, 87%
Teknik Kimia41, 79%
Teknik Lingkungan39, 12%
Teknik Perminyakan48, 78%
Teknik Pertambangan46, 61%
Passing Grade Soshum UPN Yogyakarta
Program StudiPassing Grade
Akuntansi45, 78%
Ekonomi Pembangunan40, 36%
Ilmu Administrasi Bisnis40, 11%
Ilmu Hubungan Internasional44, 91%
Ilmu Komunikasi44, 47%
Manajemen44, 88%

Informasi passing grade Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Passing Grade SAINTEK Unnes

No.Program StudiPassing Grade
1Pendidikan Teknik Elektro27.0%
2Pendidikan Matematika35.2%
3Pendidikan Fisika30.5%
4Pendidikan Kimia30.3%
5Kimia28.2%
6Biologi27.7%
7Kesehatan Masyarakat31.5%
8Pendidikan IPA29.6%
9Pendidikan Teknik Bangunan29.1%
10Pendidikan Teknik Mesin26.4%
11Pendidikan Biologi32.2%
12Ilmu Keolahragaan27.2%
13Matematika29.3%
14Fisika24.3%
15Pendidikan Teknik Otomotif25.4%
16Teknik Kimia30.2%
17Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK)33.6%
18Teknik Arsitektur30.2%

Passing Grade SOSHUM Unnes

No.Program StudiPassing Grade
1Pendidikan Kepelatihan Olahraga22.5%
2PKK Tata Boga20.4%
3PKK Tata Busana21.2%
4Bimbingan dan Konseling27.8%
5Teknologi Pendidikan26.0%
6Pendidikan Luar Sekolah23.7%
7Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn)24.1%
8Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi25.0%
9Manajemen33.5%
10Psikologi31.6%
11Geografi24.2%
12Akuntansi38.5%
13Seni Rupa (Desain Komunikasi Visual, Lukis, Patung, Grafis, Gbr Kriya)29.0%
14Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Akuntansi)29.6%
15Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Koperasi)22.5%
16Ilmu Hukum32.0%
17Pendidikan Geografi25.5%
18Pendidikan Sejarah24.0%
19Pendidikan Sosiologi & Antropologi25.4%
20Ekonomi Pembangunan29.3%
21Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia27.0%
22Pendidikan Bahasa Inggris35.5%
23Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Administrasi Pekantoran)25.6%
24Sastra Prancis24.5%
25Ilmu Sejarah21.2%
26Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa22.3%
27Pendidikan Bahasa Prancis22.0%
28Pendidikan Seni Rupa20.0%
29Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Tari)20.1%
30Pendididkan Guru Sekolah Dasar (PGSD)21.5%
31Sastra Jawa20.8%
32Pendidikan Bahasa Jepang25.7%
33Pendidikan Bahasa Arab20.4%
34Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)20.5%
35Pendidikan Tata Kecantikan20.3%
36Pendidikan Bahasa Mandarin20.2%
37Sastra Indonesia24.0%
38Sastra Inggris30.6%
39Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Musik)21.2%

Informasi passing grade UIN Sunan Kalijaga

Passing Grade Saintek UIN Kalijaga

Program StudiPassing Grade
Biologi24,20%
Fisika24,84%
Kimia25,55%
Matematika26,70%
Pend. Biologi26,98%
Pend. Fisika27,31%
Pend. Kimia25,77%
Pend. Matematika28,54%
Teknik Industri31,92%
Teknik Informatika32,78%

Passing Grade Soshum UIN Kalijaga

Program StudiPassing Grade
Aqidah Filsafat22,10%
Bahasa dan Sastra Arab22,10%
Bahasa Inggris24,17%
Ilmu Komunikasi28,95%
Ilmu Perpustakaan22,60%
Kependidikan Islam22,10%
Keuangan Islam24,10%
Pend. Agama Islam23,60%
Pend. Bhs. Arab22,60%
Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah21,20%
Perbandingan Agama22,10%
Psikologi30,85%
Sejarah & Kebudayaan Islam22,10%
Sosiologi21,61%
Sosiologi Agama23,10%
Tafsir Hadis22,10%

Informasi Passing Grade UIN Walisongo

Komunikasi dan Penyiaran Islam (26%)
Bimbingan Dan Penyuluhan Islam (28%)
Manajemen Dakwah (25%)
Pendidikan Agama Islam (30%)
Pendidikan Bahasa Arab (32%)
Kependidikan Islam (33%)
Aqidah Filsafat (28%)
Tafsir Hadits (25%)
Perbandingan Agama (27%)
Tasawuf dan Psikoterapi (29%)
Pendidikan Guru MI (33%)
Siyasah Jinayah (Hukum Politik dan Pidana Islam) (29%)
Muamalah (Hukum Ekonomi Islam) (29%)
Ekonomi Islam (34%)
D3 Perbankan Syari’ah (22%)
Ahwalus Syahsiyah (Hukum Perdata Islam) (31%)
Ilmu Falak (27%)
Pengembangan Masyarakat Islam (30%)
Pendidikan Guru RA (21%)
S1 Perbankan Syariah (36%)
Akuntansi Syariah (37%)

3. Informasi Passing Grade PTN Jawa Timur

Informasi passing grade Universitas Airlangga 

Passing Grade SAINTEK UNAIR

  • Biologi 34.8%
  • Budidaya Perairan 29.8%
  • Farmasi 49.7%
  • Fisika 37.8%
  • Ilmu dan Teknologi Lingkungan 34.5%
  • Ilmu Keperawatan 38.7%
  • Kedokteran Hewan 31.2%
  • Kesehatan Masyarakat 42.8%
  • Kimia 38.7%
  • Matematika 37.8%
  • Pendidikan Dokter 58.61%
  • Pendidikan Dokter Gigi 45.3%
  • Pendidikan Kebidanan 37.2%
  • Sistem Informasi 42.8%
  • Statistik 38.7%
  • Teknobiomedik 32.8%

Passing Grade SOSHUM UNAIR

  • Akuntansi 44.7%
  • Antropologi Sosial 30.5%
  • Ekonomi Islam 30.3%
  • Ekonomi Pembangunan 34.6%
  • Ilmu Administrasi Negara 39.7%
  • Ilmu Hubungan Internasional 45.4%
  • Ilmu Hukum 44.8%
  • Ilmu Informasi dan Perpustakaan 30.7%
  • Ilmu Komunikasi 45.7%
  • Ilmu Politik 30.9%
  • Ilmu Sejarah 30.9%
  • Manajemen 43.4%
  • Psikologi 40.2%
  • Sastra Indonesia 30.4%
  • Sastra Inggris 30.9%
  • Sastra Jepang 30.8%
  • Sosiologi 30.8%

Informasi passing grade Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

  • Arsitektur 42.77%
  • Biologi 31.5%
  • Desain Produk Industri 33.22%
  • Fisika 35.69%
  • Kimia 34.16%
  • Matematika 36.11%
  • Sistem Informasi 47,40%
  • Statistika 38.91%
  • Teknik Elektro 57,70%
  • Teknik Fisika 40.19%
  • Teknik Geodesi 38.16%
  • Teknik Industri 53,80%
  • Teknik Informatika 59,50%
  • Teknik Kelautan 42.47%
  • Teknik kimia 56,60%
  • Teknik Lingkungan 52,40%
  • Teknik Material 35.16%
  • Teknik Mesin 51,50%
  • Teknik Perkapalan 47.36%
  • Teknik Sipil 45.33%
  • Teknik Sistem Perkapalan 43.47%

Informasi Passing Grade Universitas Brawijaya

Passing Grade Kategori IPA

  • Pendidikan dokter (57,64)%
  • Teknik komputer (43,46%)
  • Teknik kimia (44,50%)
  • Teknik Elektro (43,08%)
  • Ilmu komputer (44,87%)
  • Teknik informatika (45,78%)
  • Pendidikan dokter gigi (43,72%)
  • Sistem informasi (39,39%)
  • Teknik industri (39,31%)
  • Teknik sipil (38,44%)
  • Statistika (38,16%)
  • Ilmu keperawatan (36,78%)
  • Pendidikan dokter hewan (35,59%)
  • Perencanaan wilayah dan kota (39,22%)
  • Ilmu dan teknologi pangan (30,09%)
  • Ilmu keperawatan (kelas khusus) (35,00%)
  • Ilmu kelautan (32,80%)
  • Teknik mesin (36,65%)
  • Keteknikan pertanian (34,55%)
  • Matematika (34,29%)
  • Instrumentasi (34,28%)
  • Arsitektur (37,45%)
  • Kimia (32,40%)
  • Kebidanan (32,03%)
  • Ilmu gizi (33,55%)
  • Peternakan (30,87%)
  • Farmasi (48,52%)
  • Teknologi industri pertanian (30,45%)
  • Agribisnis (29,90%)
  • Teknik pengairan (29,18%)
  • Biologi (28,63%)
  • Teknologi hasil perikanan (27,58%)
  • Fisika (27,34%)
  • Manajemen sumberdaya perairan (27,03%)
  • Agroekoteknologi (25,88%)
  • Pemanfaatan sumberdaya perikanan (25,62%)
  • Geofisika (29,04%)
  • Budidaya perairan (29,31%)
  • Bioteknologi pangan dan agroindustri (28,21%)
  • Teknik sumberdaya alam dan lingkungan (27,02%)
  • Agrobisnis perikanan (25,85%)
  • Teknik bioproses (28,22%)

Kategori IPS

  • Ilmu Hukum (41.3%)
  • Ekonomi Pembangunan (39.9%)
  • Ilmu Administrasi Publik (32.9%)
  • Ilmu Administrasi Bisnis (32.1%)
  • Manajemen (43.1%)
  • Akuntansi (48.7%)
  • Sosiologi (28.0%)
  • Ilmu Komunikasi (44.6%)
  • Psikologi (40.6%)
  • Hubungan Internasional (45.3%)
  • Sastra Inggris (30.8%)
  • Sastra Jepang (30.7%)
  • Bahasa dan Sastra Perancis (25.0%)
  • Ilmu Politik (25.5%)
  • Ilmu Pemerintahan (29.4%)
  • Administrasi Perpajakan (31.2%)
  • Perencanaan Pembangunan (24.0%)
  • Administrasi Pemerintahan (27.7%)
  • Ekonomi Islam (31.9%)
  • Keuangan dan Perbankan (37.1%)
  • Ilmu Perpustakaan (24.0%)
  • Bisnis Pariwisata (30.4%)
  • Bahasa dan Sastra Cina (21.1%)
  • Pendidikan Bhs & Sastra Inggris (28.2%)
  • Pendidikan Bhs & Sastra Jepang (23.1%)
  • Pendidikan Bhs & Sastra Indonesia (23.4%)
  • Antropologi Budaya (22.0%)
  • Seni rupa (21.3%)

Informasi passing grade Universitas Negeri Jember

  • Agribisnis 26.32%
  • Agroteknologi 25.39%
  • Biologi 25.4%
  • Farmasi 39.52%
  • Fisika 24.2%
  • Ilmu Keperawatan 31.3%
  • Kesehatan Masyarakat 32.1%
  • Kimia 27.3%
  • Matematika 28.1%
  • Pendidikan Biologi 31.2%
  • Pendidikan Dokter 47.3%
  • Pendidikan Dokter Gigi 37.2%
  • Pendidikan Fisika 29.0%
  • Pendidikan Matematika 32.1%
  • Sistem Informasi 33.1%
  • Teknik Elektro 30.1%
  • Teknik Mesin 30.1%
  • Teknik Pertanian 26.1%
  • Teknik Sipil 30.1%
  • Teknologi Hasil Pertanian 24.1%

Soshum UNEJ

  • Akuntansi 37.7%
  • Ekonomi Pembangunan 29.1%
  • Hubungan Internasional 32.2%
  • Ilmu Administrasi Negara 30.1%
  • Ilmu Administrasi Niaga 29.1%
  • Ilmu Hukum 31.1%
  • Ilmu Kesejahteraan Sosial 26.4%
  • Ilmu Sejarah 21.9%
  • Manajemen 31.2%
  • Pendidikan Bahasa Inggris 32.7%
  • Pendidikan Bhs. & Sastra Indonesia 32.1%
  • Pendidikan Ekonomi 28.6%
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar 29.1%
  • Pendidikan Luar Sekolah 21.9%
  • Pendidikan Sejarah 25.5%
  • PG PAUD 21.8%)
  • Sastra Indonesia 22.1%
  • Sastra Inggris 24.3%
  • Sosiologi 25.2%
  • Televisi & Film 29.6%

Informasi Passing Grade UPN Veteran Jawa Timur

Kelompok IPA / SAINTEK

  • Agribisnis 29, 87
  • Agroteknologi 29, 16
  • Arsitektur 35, 94
  • Desain Komunikasi 35, 14
  • Sistem Informasi 36, 87
  • Teknik Industri  36, 46
  • Teknik Informatika   37, 10
  • Teknik Kimia 36, 40
  • Teknik Lingkungan 36, 24
  • Teknik Sipil  36, 31
  • Teknologi Pangan  30, 18

Kelompok IPS / soshum

  • Administrasi Niaga  33, 13
  • Administrasi Negara 35, 87
  • Akuntansi 40, 94
  • Ekonomi Pembangunan 39, 12
  • Ilmu Hubungan Internasional 39, 94
  • Ilmu Hukum  39, 90
  • Ilmu Komunikasi 39, 67
  • Manajemen 39, 81

Informasi Passing Grade Universitas Negeri Malang

  • Pendidikan Matematika (35.2%)
  • Pendidikan Fisika (30.5%)
  • Pendidikan Kimia (30.3%)
  • Pendidikan Biologi (32.2%)
  • Pendidikan Teknik Bangunan (29.1%)
  • Pendidikan Teknik Mesin (26.4%)
  • Pendidikan Teknik Elektro (27.0%)
  • Ilmu Keolahragaan (27.2%)
  • Matematika (29.3%)
  • Fisika (24.3%)
  • Kimia (28.2%)
  • Biologi (27.7%)
  • Kesehatan Masyarakat (31.5%)
  • Pendidikan IPA (29.6%)
  • Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) (33.6%)
  • Teknik Arsitektur (30.2%)
  • Pendidikan Teknik Otomotif (25.4%)
  • Teknik Kimia (30.2%)Bimbingan dan Konseling (27.8%)
  • Teknologi Pendidikan (26.0%)
  • Pendidikan Luar Sekolah (23.7%)
  • Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn) (24.1%)
  • Pendidikan Geografi (25.5%)
  • Pendidikan Sejarah (24.0%)
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (25.0%)
  • Pendidikan Kepelatihan Olahraga (22.5%)
  • PKK Tata Boga (20.4%)
  • PKK Tata Busana (21.2%)
  • Pendidikan Sosiologi & Antropologi (25.4%)
  • Ekonomi Pembangunan (29.3%)
  • Manajemen (33.5%)
  • Psikologi (31.6%)
  • Geografi (24.2%)
  • Ilmu Hukum (32.0%)
  • Akuntansi (38.5%)
  • Seni Rupa (Desain Komunikasi Visual, Lukis, Patung, Grafis, Gbr Kriya) (29.0%)
  • Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Akuntansi) (29.6%)
  • Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Koperasi) (22.5%)
  • Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Administrasi Pekantoran) (25.6%)
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (27.0%)
  • Pendidikan Bahasa Inggris (35.5%)
  • Pendidikan Bahasa Prancis (22.0%)
  • Pendidikan Seni Rupa (20.0%)
  • Sastra Indonesia (24.0%)
  • Sastra Inggris (30.6%)
  • Sastra Prancis (24.5%)
  • Ilmu Sejarah (21.2%)
  • Sastra Jawa (20.8%)
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (22.3%)
  • Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Tari) (20.1%)
  • Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Musik) (21.2%)
  • Pendidikan Bahasa Jepang (25.7%)
  • Pendidikan Bahasa Arab (20.4%)
  • Pendididkan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (21.5%)
  • Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) (20.5%)
  • Pendidikan Tata Kecantikan (20.3%)
  • Pendidikan Bahasa Mandarin (20.2%)

Informasi passing grade Universitas Negeri Surabaya

Passing Grade Unesa Saintek

Program StudiPassing Grade
Biologi30.25%
Fisika30.58%
Ilmu Keolahragaan29.64%
Kimia30.58%
Matematika30.68%
Pendidikan Biologi28.05%
Pendidikan Fisika27.01%
Pendidikan Kimia27.69%
Pendidikan Matematika27.72%
Pendidikan Teknik Bangunan28%
Pendidikan Teknik Elektro30.63%
Pendidikan Teknik Mesin30.15%
Teknik Elektro D328%
Teknik Mesin D329.62%
Teknik Sipil D327.62%

Passing Grade Unesa Soshum

Program StudiPassing Grade
Bahasa dan Sastra Indonesia29.41%
Bahasa dan Sastra Inggris29.41%
Bimbingan dan Konseling25.75%
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia dan Daerah28.66%
Pendidikan Bahasa Inggris31.97%
Pendidikan Bahasa Jepang29.03%
Pendidikan Bahasa Jerman29.44%
Pendidikan Ekonomi29.06%
Pendidikan Geografi30.43%
Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi28.19%
Pendidikan Kepelatihan Olahraga28.63%
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga27.63%
Pendidikan Luar Biasa27.41%
Pendidikan Luar Sekolah27.63%
Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan PPKN29.44%
Pendidikan Sejarah29.34%
Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik28.97%
Pendidikan Seni Rupa28.41%
Teknologi Pendidikan28.69%

Informasi passing grade UIN Sunan Ampel

Passing Grade Saintek UIN Sunan Ampel 

Program StudiPassing Grade
Pendidikan Matematika20.0%

Passing Grade Soshum UIN Sunan Ampel 

Program StudiPassing Grade
Pendidikan Bahasa Inggris27.7%
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah23.8%
Sejarah dan Peradaban Islam18.4%
Bahasa dan Sastra Arab18.7%
Sosiologi20.0%
Ilmu Komunikasi24.7%
Psikologi22.8%
Politik Islam18.1%
Komunikasi dan Penyiaran Islam18.6%
Pengembangan Masyarakat Islam18.1%
Bimbingan dan Penyuluhan Islam18.3%
Manajemen Dakwah19.1%
Ahwal Al-syakhshiyah (Hukum Keluarga Islam)18.9%
Muamalah (Bisnis Islam)25.0%
Siyasah Jinayah (Hukum Tatanegara dan Pidana Islam)18.7%
Pendidikan Agama Islam22.0%
Pendidikan Bahasa Arab20.4%
Kependidikan Islam19.3%
Akidah Filsafat18.1%
Perbandingan Agama18.0%
Tafsir Hadis18.2%
Ekonomi Syari’ah29.0%
Sastra Inggris20.2%

Demikianlah data Passing Grade PTN se-Jawa Salman kumpulkan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat untuk kamu dan teman – teman mempersiapkan diri menjadi mahasiswa ya.

Sekali lagi, Salman ingatkan. Passing grade bukanlah patokan kamu untuk lulus di SBMPTN atau ujian mandiri. Keputusan kelulusan tetap wewenang kampus yang bersangkutan ya 🙂

Oh iya, kalau kamu punya data kampus atau jurusan yang tidak disebutkan di artikel ini, silahkan komen ya.

Jadwal Ujian Mandiri Berbagai Kampus Favorit (2017). Amat Penting Kan ?

Jadwal Ujian Mandiri Berbagai Kampus Favorit (2017). Amat Penting Kan ?

Lagi cari jadwal ujian mandiri 2017 ya ?Pengumuman SNMPTN sudah terbit. Tentu menjadi kabar baik untuk sebagian dari kamu.

Namun, juga jadi kabar kurang asyik untuk yang lain…

[bctt tweet=”Jangan bersedih. Masih ada SBMPTN & Ujian Mandiri” username=”@salmanedukasi”]

Dan, spesial untuk kamu, Salman mengumpulkan jadwal SBMPTN & Jadwal Ujian Mandiri berbagai kampus favorit tahun 2017 ini

Silahkan disebarkan ke teman – teman mu di media sosial yaa.

SBMPTN

Pendaftaran online 11 April – 5 Mei 2017
Ujian Tertulis 16 Mei 2017
Ujian Keterampilan (untuk beberapa jurusan) tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017
Website : https://sbmptn.ac.id/?mid=1

soal SBMPTN

Jadwal Ujian Mandiri Berbagai Kampus Favorit

Ujian mandiri masih diadakan oleh beberapa kampus favorit. Sayangnya, beberapa yang lain tidak lagi mengadakan. Sebutlah ITB dan Unpad.

Beberapa kampus juga melakukan seleksi ujian mandiri dengan unik. Tidak ada ujian tertulis. Kampus – kampus seperti UNS misalnya, menggunakan nilai kamu di SBMPTN 2017.

Siapkan pensil dan kertas ya. Catat jadwal ujian mandiri 2017 berikut ini :

Universitas Gadjah Mada

  • Pendaftaran Online 28 April – 16 Mei 2017
  • Pembayaran Biaya Pendaftaran 29 April – 17 Mei 2017
  • Cetak Kartu Tes 18 Mei 2017
  • Tes Tertulis 21 Mei 2017
  • Pengumuman 16 Juni 2017
  • Website : http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?d=depan

Soal UM UGM

Universitas Indonesia

  • Pendaftaran online 10 April 2017 – 08 Mei 2017
  • Pembayaran biaya pendaftaran 10 April 2017 – 08 Mei 2017
  • Pencetakan kartu ujian 25 April 2017
  • Tes tertulis 21 Mei 2017
  • Pengumuman 21 Juni 2017
  • Website : http://penerimaan.ui.ac.id/id//period/index/1861

Universitas Diponegoro

  • Pendaftaran Online 24 Mei – 24 Juni 2017
  • Tes Tertulis 8 Juli 2017
  • Pengumuman 18 Juli 2017
  • Website : http://um.undip.ac.id/

Universitas Jenderal Soedirman

  • Pendaftaran Online 5 – 19 Juni 2017
  • Verifikasi dan seleksi 20 Juni – 1 Juli 2017
  • Pengumuman 8 Juli 2017
  • Website : http://spmb.unsoed.ac.id/

Institut Teknologi 10 November

Institut Pertanian Bogor

  • Pendaftaran secara online melalui laman http://utm.ipb.ac.id/
  • Jadwal pendaftaran 15 Mei – 10 Juni 2017

Universitas Negeri Sebelas Maret

Pendaftaran dan pembayaran 30 Mei – 15 Juni 2017

Pengumuman 22 Juni 2017

Website : https://spmb.uns.ac.id/jalur-masuk/jenjang?jenjang=s1

les intensif sbmptn
Klik gambar untuk mengetahui program intensif SBMPTN yang cocok untuk kamu

Universitas Brawijaya

Website https://selma.ub.ac.id/id/pendaftaran/spmk/

Universitas Lampung

http://simanila.unila.ac.id/ujian-mandiri-lokal/

Universitas Sriwijaya

http://www.usm.unsri.ac.id/

Universitas Hasanuddin

https://unhas.ac.id/pmb/

SPMB

https://penerimaan.spmb.or.id/informasi/jadwal

( Informasi yang tidak disertai tanggal – tanggal karena insitusi yang bersangkutan belum mengeluarkan jadwal ujian mandiri resmi )