Informasi SM ITB 2020 Institut Teknologi Bandung

Setelah informasi tentang jalur mandiri UI, UGM dan Undip. Sekarang Salman berikan informasi soal SM ITB 2020 alias Seleksi Mandiri Institut Teknologi Bandung ya. Buat kamu yang mungkin ketinggalan info – info sebelumnya, bisa mengunjungi link berikut.

Sebelumnya, ITB berkukuh pada 2 (dua) hasil seleksi yaitu SNMPTN dan SBMPTN untuk menjaring calon mahasiswa baru. Beberapa tahun seleksi mandiri ITB tidak diadakan. Padahal tentu peminatnya banyak sekali.

Alhamdulilah SM ITB 2020 diadakan. Karena seleksi Mandiri ITB memberi kesempatan ke-3 bagi calon mahasiswa yang berminat mengikuti pendidikan program sarjana di ITB.

Mengutip dari website resmi SM ITB 2020, Seleksi Mandiri ITB juga mempertimbangkan kesempatan yang berimbang dan adil bagi siswa/I yang berasal dari sekolah menengah baik di pulau Jawa maupun di luar pulau Jawa sebagai bagian peran ITB untuk mendorong kemajuan pendidikan nasional.

Yuk kita lihat informasinya di artikel ini

Jadi mahasiswa ITB ? Wah. Tentu banyak yang mau. 

Tidak hanya soal gengsinya. ITB menawarkan kita kesempatan mendapatkan pendidikan tinggi di salah satu PTN terbaik di  Indonesia

Eh, tapi kamu tau ga sih seberapa ketat masuk ITB itu ? Salman punya data resminya nih.

Coba di cek dulu bagaimana persaingan di jurusan favorit mu ya

Informasi ketetatan ITB. Resmi dari website usm.itb.ac.id ( Update 5 Mei 2020 )

Program perminatan di SM ITB 2020

Salah satu yang berbeda dari SM ITB 2020 adalah adanya program perminatan. Terdapat 12 program studi yang ditawarkan, yaitu :

  1. Program Studi Astronomi (FMIPA)

  2. Program Studi Kimia (FMIPA)

  3. Program Studi Meteorologi (FITB)

  4. Program Studi Oseanografi (FITB)

  5. Program Studi Teknik Fisika (FTI – Kampus Ganesa)

  6. Program Studi Manajemen Rekayasa Industri (FTI – Kampus Ganesa)

  7. Program Studi Teknik Material (FTMD)

  8. Program Studi Teknik Telekomunikasi (STEI)

  9. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (SAPPK – Kampus Ganesa)

  10. Program Studi Teknologi Pasca Panen (SITH – Program Rekayasa)

  11. Program Studi Teknik Biomedis (STEI)

  12. Program Studi Kewirausahaan (SBM)

Tapi, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan calon mahasiswa dari SM ITB 2020:

  • Program Peminatan ITB merupakan bagian dari pelaksanaan Seleksi Mandiri (SM) – ITB.

  • Calon peserta Program Peminatan ITB 2020 harus melakukan pendaftaran di laman Seleksi Mandiri (SM) – ITB, seperti peserta Seleksi Mandiri (SM) – ITB lainnya. Pendaftaran ke Program Peminatan ITB dilaksanakan pada saat melakukan pilihan program studi/sekolah/fakultas tujuan.

  • Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020 tidak diperkenankan untuk memilih lebih dari 1 (satu) program studi dalam Fakultas/Sekolah yang sama. Laman Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020 akan menghentikan proses pendaftaran bila siswa berusaha mengisikan pilihan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  • Peserta yang diterima di ITB melalui Program Peminatan ITB, Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020, akan mengikuti perkuliahan tahun pertama di Fakultas/Sekolah yang bersangkutan. Namun pada tahun ke dua, mahasiswa yang bersangkutan akan langsung ditempatkan di program studi yang menerimanya di Program Peminatan ITB. Mahasiswa yang bersangkutan tidak diperkenankan untuk memilih program  studi lain atau mengajukan permohonan pindah dari program studi yang menyatakan menerimanya tersebut.

Mekanisme Pendaftaran SM ITB 2020

Calon peserta SM ITB 2020 harus melaksanakan pendaftaran online di laman https://usm.itb.ac.id 

Selain itu, setiap calon peserta juga harus memenuhi persyaratan berikut

  • SM ITB 2020 diprioritaskan bagi calon mahasiswa yang belum diterima melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2020.
  • Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS, dengan tahun ijazah 2018, 2019, atau 2020.
  • Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).
  • Memiliki data prestasi akademik (nilai rapor) yang tercatat di Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) dan mengunggah nilai Rapor semester 1 s.d. semester 5.
  • Memiliki nilai UTBK SBMPTN 2020.
  • Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2020.
  • Menyelesaikan pendaftaran calon peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020 di laman https://usm.itb.ac.id, dengan tahapan sebagai berikut :
    1. Mendaftarkan diri dengan menggunakan Nama lengkap (sesuai Akta Kelahiran), Tanggal Lahir (sesuai Akta Kelahiran), NISN, NPSN, serta alamat e-mail yang aktif.
      • ITB akan menyampaikan nomor peserta SM-ITB 2019 dan password ke alamat e-mail masing-masing calon peserta.
      • Masing-masing calon peserta hanya diperkenankan memiliki 1 account pendaftaran SM-ITB 2020.
    2. Mengisikan data pribadi dan data asal sekolah, sesuai dengan keadaan sebenarnya.
    3. Mengisikan nilai rapor dan mengunggah hasil scan rapor semester 1 s.d. semester 5. Nilai rapor yang diisikan dan diunggah adalah nilai pengetahuan/kognitif, pada skala 100. Hasil scan rapor semester 1 s.d. semester 5. diunggah dalam 1 file format pdf, dengan ukuran maksimum 5 Mb. Bila terdapat lebih dari 1 nilai Matematika atau lebih dari 1 nilai Bahasa Inggris dalam semester yang sama, silakan gunakan nilai mata pelajaran wajib.
    4. Mengisikan nomor peserta dan nilai UTBK SBMPTN 2020 serta mengunggah sertifikat UTBK SBMPTN 2020. Kelompok uji dan sertifikat UTBK yang diunggah harus sesuai dengan ketentuan mengenai Fakultas/Sekolah/Program Studi yang akan dipilih calon peserta. Bila calon peserta memiliki lebih dari 1 sertifikat UTBK, silakan dipilih sendiri sertifikat UTBK yang akan diunggah dan diisikan nilainya. Calon peserta hanya dapat mengunggah 1 sertifikat UTBK saja dalam format pdf. Bila calon mahasiswa mendaftarkan diri sebagai peserta SBMPTN 2020, dapat mengisikan no. peserta SBMPTN (opsional).
    5. Melakukan pemilihan Fakultas/Sekolah/Program Studi yang dituju di ITB, sesuai dengan jurusan asal sekolah dan kelompok UTBK SBMPTN 2020. Calon peserta dapat memilih maksimum 2 pilihan Fakultas/Sekolah/Program Studi pada pelaksanaan SM-ITB 2020.
    6. Mengunggah hasil scan Akta Kelahiran asli dalam format pdf.
    7. Mengunggah Pas Foto berwarna terbaru (bukan foto selfie/foto media sosial), dalam format jpg.
    8. Mengunggah hasil scan bukti kelulusan SMA, dengan ketentuan sebagai berikut :
      • Bagi lulusan tahun 2018 dan 2019, mengunggah hasil scan Ijazah asli, dalam format pdf, maksimum 1 Mb.
      • Bagi lulusan tahun 2020, mengunggah hasil scan Surat Keterangan Lulus Sementara/Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang dilengkapi foto calon peserta (cap sekolah dan tanda tangan kepala sekolah harus mengenai foto calon peserta SM-ITB 2020) dalam format pdf, maksimum 1 Mb.
    9. Mengunggah Surat Keterangan Bebas Buta Warna (total dan parsial) dari Dokter Spesialis Mata (Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Umum/Non Spesialis Mata tidak dapat digunakan), sesuai dengan format yang telah ditentukan, bagi peminat :
      • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Rekayasa
      • Sekolah Farmasi (SF)
      • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) – Kampus Ganesa
      • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) – Kampus Cirebon
      • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – Kampus Ganesa
      • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – Kampus Cirebon
      • Program Studi Kimia (FMIPA)
      • Program Studi Teknologi Pasca Panen (SITH – Program Rekayasa)
      • Program Studi Teknik Geologi (FITB)
      • Program Studi Teknik Kimia (FTI – Kampus Ganesa)
    10. Melakukan pelunasan biaya seleksi ke nomor rekening virtual yang tercantum di laman pendaftaran masing-masing calon peserta. Ketentuan mengenai biaya seleksi yang harus dilunasi saat ini belum dapat disampaikan, karena masih dalam tahap kajian di ITB.
    11. Melakukan finalisasi pendaftaran, mengisi data ekonomi, dan pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020. Setelah finalisasi dilakukan, peserta tidak dapat melakukan perubahan/perbaikan data untuk alasan apa pun.
  • Khusus untuk pendaftar ke FSRD-G dan FSRD-C, mengikuti Tes Keterampilan. Jadwal dan lokasi rinci pelaksanaan Tes Keterampilan dapat diperoleh di Kartu Tanda Peserta SM-ITB 2020. 
  • Ketentuan pelaksanaan Tes Keterampilan pada pelaksanaan SM-ITB adalah sebagai berikut :
    • Tes Keterampilan yang akan diselenggarakan di Gd. Kuliah Umum, ITB Kampus Jatinangor. Peserta diwajibkan hadir di lokasi 30 menit sebelum pelaksanaan ujian, untuk melakukan registrasi.
    • Kelengkapan Pelaksanaan Tes Keterampilan SM-ITB :
      • Kartu Peserta SM-ITB 2020
      • Pensil ukuran 2B, 3B, 4B, 5B, dan 6B, rautan pensil, serta penghapus pensil
      • Alat untuk mewarnai, misalnya Pensil Warna, Crayon, Pastel, Spidol Warna, Ballpoin Warna, dll
      • Papan Alas Gambar ukuran A3
      • Tidak diperkenankan membawa penggaris
      • Mengenakan seragam sekolah/sejenis (kemeja putih, rok/celana kain, bukan jeans) serta mengenakan sepatu tertutup.
  • Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020 dinyatakan selesai setelah calon peserta melakukan cetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020. Calon peserta yang belum menyelesaikan pengisian data/pengunggahan dokumen persyaratan hingga akhir masa pendaftaran dan/atau belum melakukan finalisasi pendaftaran/pencetakan Kartu Peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020 akan dinyatakan belum menyelesaikan pendaftaran dan tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi.
  • Penyelenggaraan SM-ITB menggunakan nilai UTBK, nilai rapor, dan khusus bagi pendaftar FSRD wajib mengikuti Tes Keterampilan (sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan). Untuk peserta pendaftar fakultas/sekolah non FSRD, seleksi didasarkan pada deskt evaluation atas nilai UTBK dan nilai rapor, tidak ada pelaksanaan tes.

Khusus peminat FSRD diharuskan mengikuti Tes Keterampilan yang akan diselenggarakan di ITB Kampus Jatinangor. Ketentuan pelaksanaan Tes Keterampilan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Tes Keterampilan hanya ditujukan bagi pemilih FSRD saja. Peserta yang tidak memilih FSRD tidak perlu mengikuti Tes Keterampilan.
  • Peserta hanya dapat melaksanakan Tes Keterampilan pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan ITB dan tidak dapat mengajukan perubahan waktu dan/atau tempat pelaksanaan Tes Keterampilan dengan alasan apa pun.

Ini bagian yang paling ditunggu – tunggu nih. Kapan pendaftaran SM ITB 2020 dibuka ?

Mengutip dari informasi di website resminya, jadwal pendaftaran SM ITB 2020 adalah sebagai berikut

  • Pendaftaran Peserta Seleksi Mandiri ITB : 1 – 23 Juli 2020
  • Pelaksanaan Ujian Seni Rupa bagi peminat FSRD : akan disampaikan kemudian
  • Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri ITB : akan disampaikan kemudian

Jadwal pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) tahun 2020 tersebut masih mungkin mengalami perubahan, terkait kondisi kejadian luar biasa wabah Covid-19.

Jadi memang ya, semua harus bisa menyesuaikan dengan kondisi pandemi ini.

Nah, terus berapa sih biaya berkuliah di ITB lewat jalur SM ITB 2020 ?

Dari informasi resmi yang dicantumkan tertulis sebagai berikut

” Ketentuan mengenai biaya seleksi dan biaya pendidikan bagi peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) saat ini belum dapat disampaikan, karena masih dalam tahap kajian di ITB “

Jadi, jangan percaya sama kabar burung ya. Pastikan kamu mengecek informasi mengenai SM ITB 2020  hanya dari sumber terpercaya.

Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat ya

Update terus kabar mu

Kami rutin mengirimkan info soal info masuk PTN, beasiswa dan berbagai tips lho

Dapatkan Info Rutin & Eksklusif

Tentang jalur masuk PTN, Beasiswa dan tips bermanfaaat

Powered by Kirim.Email

0 0 vote
Article Rating
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap