9 Hal Terpenting di SBMPTN 2019

9 Hal Terpenting di SBMPTN 2019

Hal Terpenting di SBMPTN 2019

Gak kerasa ya buat kelas 12, satu semester sudah akan berlalu, dan persiapan menuju SBMPTN 2019 sudah akan dimulai

Sudah banyak yang mulai intensif di bimbel, les privat, belajar kelompok, dan lain sebagainya

Nah, setelah mengejutkan kita dengan sistem penilaian baru di SBMPTN 2018, akan ada yang seru nih di SBMPTN 2019

Seru dalam artian : Yah ! Kok ada perubahan lagi sih !

Iya, akan ada beberapa perubahan ( malah sebenarnya disebut hal baru sih ) pada SBMPTN 2019

Salman sajikan buat kamu

9 Hal Terpenting di SBMPTN 2019

 

1. Di SBMPTN 2019  Cuma akan ada Ujian Tertulis Berbasis Komputer

Intinya sih begini, untuk persiapan menghadapi SBMPTN 2019, kamu sudah harus siap dari sekarang menghadapi ujian berbasi komputer ya

Bahkan juga akan dipertimbangkan ujian berbasis aplikasi android

 

2. Sebelum bersiap soal SBMPTN, ketahui juga nasib SNMPTN 2019

Tentu kamu pun ingin secepatnya masuk kampus impian. Siapapun ingin

Nah, lulus dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNPMTN ) tentu menjadi impian setiap kelas 12 pesertanya

Sayangnya, kuota kelulusan dari SNMPTN akan turun menjadi hingga 20% saja pada tahun 2019 nanti

Sedangkan, SBMPTN setidaknya akan memiliki kuota 40%. Kuota mandiri ditetapkan maksimal adalah 30%

Dengan begitu, maksimal SBMPTN akan berkuota 50%

Kesempatan apa kesempatan nih ?

Baca Juga :

Jadwal – Jadwal Penting Kelas 12 Di Tahun 2019

 

Mau kuliah di kampus dan jurusan impian kamu ?

Pendaftaran Super Camp SBMPTN sudah dibuka ! Hanya menerima 20 peserta. Tingkat kelulusan 75 %. Daftar lebih awal biaya lebih murah

3. Kampus tidak lagi jadi panitia pelaksana

Mungkin kamu juga sudah tahu kalau kementerian selama ini bekerjasama dengan insitusi kampus untuk melaksanakan SBMPTN

Nah, ditahun 2019 nanti, SBMPTN akan dilaksanakan oleh sebuah lembaga nirlaba yang bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT

Semoga benar – benar nirlaba ya. Eh, tapi ujiannya tetap bayar lho !

 

4. Bisa ikut 2 kali, biayanya Rp200.000 per tes

Jadi, ini termasuk yang revolusioner di SBPMTN 2019

Setiap peserta, termasuk alumni, bisa mengikuti SBMPTN sebanyak 2x!

Ketua Panitia SBMPTN 2018 sekaligus Rektor Universitas Sebelas Maret Ravik Karsidi menyebutkan, peserta dapat menggunakan nilai tertingginya dalam mendaftar program studi yang diinginkan, pada dua kali UTBK, dengan jenis soal akan sama, namun pertanyaannya akan berbeda.

5. SBMPTN 2019 akan dilaksanakan 24 x !

Pak Ravik menambahkan, UTBK akan dilakukan sebanyak 24 kali dalam setahun.

Ini sih maha revolusioner !

Pelaksanaan SBMPTN akan dilaksanakan bulan Maret 2019 dan akan serentak dimulai Pukul 08.00 hingga 13.00

“Kami akan menyelenggarakan UTBK selama 24 kali dalam setahun, dalam waktu 12 hari yakni Sabtu dan Minggu,” jelasnya.

Lho, berarti diadakan sebelum Ujian Nasional ya ?

Betul sekali, kemungkinan besar, SBMPTN 2019 hari pertama akan diadakan sebelum ujian nasional

Jadwal – jadwal tes lainnya kita tunggu pengumuman resmi selanjutnya yaa

Baca juga

Harus Tahu : Begini Mekanisme Pendaftaran SBMPTN 2019

6. Nilai UN tidak ngaruh ke SBMPTN

Seperti tahun ini, nilai UN pun tidak akan menjadi pertimbangan untuk seleksi masuk PTN. UN hanya akan menjadi pertimbangan untuk kelulusan SMA/SMK.

 

7. Materi tesnya 2 jenis

Untungnya yang ini ga berubah, misal tambah tes TOEFL atau IELTS gitu. hehe

Akan tetap ada 2 materi tes di SBMPTN nanti yaitu Tes Potensi Skolastik ( TPS ) dan Tes Kompetensi Akademik ( TKA )

Mungkin TPS itu yang tadinya Tes Kemampuan Dasar ya

Soal TKA juga masih terdiri dari Soshum dan Saintek, tapi…

 

8. Tidak ada lagi tes keterampilan

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau LTMPTN menghapus tes keterampilan pada SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019 jurusan Seni dan Keolahragaan.
 
Kendati demikian, kamu sebagai calon mahasiswa wajib menyertakan portofolio prestasi atau penghargaan yang sesuai dengan jurusan yang akan dilamar.
 
Ketua LTMPTN bapak Ravik Karsidi mengatakan, penghapusan tes keterampilan merupakan bagian dari kebijakan baru yang diterapkan pada seleksi masuk PTN 2019.
 
 Ia mengimbau, pendaftar mulai menyiapkan segala dokumen, baik berupa piagam, sertifikat meskipun belum lulus sekolah.
 
“Yang dulu terdiri atas tes seni dan olah raga, diganti sistem portofolio. Sama seperti pada SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nanti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) juga. Portofolio penting karena untuk menguji bakat tidak dapat diukur hanya dengan hasil UTBK,” 
KLIK GAMBAR

9.  Tes dulu, dapat nilai, baru daftar PTN

Ini Salman tempatin terakhir soalnya mencengangkan. hehe

Jadi, di 2019 nanti, bener – bener ada #2019gantiSBMPTN haha

Di tahun 2018 kan kamu daftar PTN, tes, dapat nilai lalu dapat kepastian lulus atau ngga ya. Tapi, di 2019 ga gitu lagi

Jadi pertama kamu tes nih, terus kan kamu dapad nilai ya. Baru habis itu, kamu daftar deh ke jurusan di kampus yang kamu minati

Kalau berhasil, kamu kuliah sesuai jadwal, jika belum berhasil, kamu ikut ujian lagi di periode selanjutnya. Intinya itu tadi, akan diadakan 24x

Jadi, ada kesempatan yang lebih besar buat kamu diterima di kampus impian

Insya Allah…

 

BONUS :

Berdasarkan informasi dan rilis resminya, dipastikan SBMPTN 2019 akan diadakan di 85 PTN pesertanya

Jika merujuk hal ini, maka ujian tidak lagi diadakan misal di SMA atau kampus – kampus ( negeri dan swasta ) yang jadi mitra

Ujian hanya akan diadakan di 85 PTN tersebut. Misal, Jabodetabek akan diadakan di UI, IPB, UIN Syarif Hidayatullah dan UNJ.

Kita tunggu rilis resminya lagi yaa

Yang penting sih dengan sistem apapun, kamu bersiap belajar aja. Sudah. Fokus. Perubahan apapun tidak dapat mengganggu kamu meraih impian

Berkuliah di jurusan dan kampus idaman

Oh iya, buat kamu yang belum ikutan, yuk gabung di Grup WA, Telegram dan Facebook Info Perguruan Tinggi

Salman rutin berbagi info tentang SBPMTN, Beasiswa dan sebagainya di grup

Klik gambar dibawah ya

Kampus Favorit Di SBMPTN 2018

Kampus Favorit Di SBMPTN 2018

Kemarin sudah dilangsungkan SBMPTN 2018, apakah kamu salah satu pesertanya ?

Nah, karena sudah dilaksanakan, Salman ada info buat kamu nih

 

Kampus mana saja yang jadi favorit pilihan peserta tahun ini ?

 

Panitia Pusat SBMPTN 2018 telah mengumumkan lima PTN yang paling diminati peserta SBMPTN 2018.

Pemeringkatan itu berdasar jumlah peserta SBMPTN yang menjadikan 5 PTN tersebut sebagai pilihan pertama.

Berikut daftarnya:

1. Universitas Indonesia (UI) diminati 52.591 peserta SBMPTN
2. Universitas Gadjah Mada (UGM) diminati 46.095 peserta SBMPTN
3. Universitas Padjadjaran (Unpad) diminati 44.138 peserta SBMPTN
4. Universitas Brawijaya (Unibraw) diminati 36.468 peserta SBMPTN
5. Universitas Hasanuddin (Unhas) diminati 35.253 peserta SBMPTN

 

Apakah kampus pilihan kamu salah satu dari kelimanya ?

 

SBMPTN 2018 tercatat menjaring peserta sebanyak 860.001. Hasil SBMPTN 2018 akan diumumkan pada Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman resmi SBMPTN.

Baca juga :

Penting Ga Sih Kamu Tahu Sejarah SBMPTN ?

 

Kesimpulannya

UI menjadi PTN yang paling diminati oleh peserta SBMPTN 2018. Click To Tweet

 

Kepala Humas SBMPTN 2018 Panitia Lokal Jakarta Ibu Rifelly Dewi Astuti mencatat terdapat 52.591 peserta SBMPTN tahun ini yang menjadikan Universitas Indonesia (UI) sebagai pilihan pertama.

 

Hayo ngaku , kamu juga pilih UI kan ? 🙂

 

Jika ditotal, jumlah peserta SBMPTN 2018 yang menjadikan UI sebagai pilihan pertama, kedua dan ketiga mencapai 97.382 calon mahasiswa.

Penting kamu ketahui juga nih, UI menyediakan kuota sebanyak 70 persen kursi S1 Reguler atau 3.679 kursi bagi calon mahasiswa baru melalui SBMPTN 2018

Bu Rifelly juga mengungkapkan 2 program studi (prodi) yang paling diminati oleh peserta SBMPTN 2018 dengan pilihan UI.

Pendidikan Dokter UI menjadi prodi paling diminati pemilih kelompok jurusan saintek. Sedangkan Ilmu Hukum UI menjadi prodi terpopuler di kategori sosial humaniora.

Tapi, sayangnya beliau tidak menyebut detail jumlah pemilih dua prodi tersebut sih…. 🙁

UI menyediakan kuota 26 kursi mahasiswa baru di Prodi Pendidikan Dokter pada SBMPTN 2018. Adapun Prodi Ilmu hukum UI menyediakan 175 kursi melalui seleksi SBMPTN tahun ini.

Bagaimana dengan Undip ?

Sementara jumlah pendaftar Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melalui SBMPTN 2018 mencapai 86.316 peserta. Ini adalah data mereka yang menjadikan Undip sebagai pilihan pertama, kedua dan ketiga.

Rektor Undip Bapak Prof Yos Johan Utama mengungkapkan

  • sebanyak 32.223 peserta SBMPTN 2018 menjadikan Undip sebagai pilihan pertama.
  • Selain itu, 31.796 peserta SBMPTN memilih Undip sebagai pilihan kedua.
  • Sisanya, 22.297 peserta menjadikan Undip menjadi pilihan ketiga.

“Dari data yang kami rangkum, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Hukum menjadi fakultas favorit atau paling banyak dipilih pendaftar untuk jalur SBMPTN,”

Sayangnya, Bimbel Salman belum mendapatkan data peserta untuk ketiga kampus lainnya (Unpad, UB, dan Unhas) , Insya Allah kami akan update pada rilis artikel selanjutnya yaa

Semoga bermanfaat 🙂

SBMPTN sudah berlalu, sekarang saatnya kamu berfokus pada ujian mandiri yaa. Atau, kamu juga ikut ujian sekolah kedinasan seperti STAN dan STIS ?

Sistem Penilaian SBMPTN 2018

Apakah sistem penilaian SBMPTN 2018 itu sama dengan penilaian sebelumnya ?

Mungkin kamu pun tahu sistem penilaian SBMPTN selama ini

  • Menjawab soal benar, poinnya 4
  • Salah jawaban minus 1
  • Tidak menjawab tidak dapat poin alias 0

Kemudian nilai akhir diakumulasi dan diformulasikan berdasarkan jumpah point yang terkumpul

Nah, sistem penilaian SBMPTN 2018 akan berbeda lho

Perbedaan sistem penilaian SBMPTN 2018

Bagaimana perbedaan sistemp penilaian kali ini ???

  1. Pada setiap soal akan diberikan informasi / petunjuk tentang cara menajwab soal
  2. Penilaian tidak lagi berdasarkan soal benar bernilai 4 dan soal salah akan dikurangi 1 point
  3. Penilaian akan dilakukan berdasarkan hasil jawaban dari seluruh peserta ujian SBMPTN 2018
  4. Nilai akhir akan memperhitungkan jumlah soal yang bisa dijawab dan kategori soal tersebut. Apakah sulit, sedang atau mudah
  5. Berdasarkan perhitungan tersebut diatas, maka peserta yang menjawab jumlah soal yang sama dengan peserta lain, misal sama – sama menjawab 10 soal benar untuk Biologi, belum tentu akan mendapatkan nilai akhir yang sama
  6. Maksudnya, tergantung itu tadi, seberapa banyak soal sulit, menengah dan mudah yang bisa dijawab

Kami bantu kamu menghadapi SBMPTN dan Ujian Mandiri tahun dengan persiapan terbaik.

Klik disini

Respon terhadap sistem penilaian SBMPTN 2018

  1. Pastikan kamu memiliki skala prioritas dalam menjawab soal. Kamu harus mampu menjawab soal – soal pada kategori sulit. Soal kategori sulit tentu jumlahnya tidak paling banyak. Misal, jika jumlah soal per subjek adalah 15, Salman prediksi jumlah soal sulit adalah 2-3 butir.
  2. Perkiraan Salman, persentase kategori soal Sulit, Sedang, Mudah adalah 20% : 30% : 50%.
  3. Walaupun “sepele” pastikan kamu juga mampu mengerjakan soal kategori mudah. Selesaikan soal – soal kategori mudah dalam waktu cepat
  4. Soal kategori sedang diselesaikan setelah soal kategori mudah
  5. Sisakan waktu yang cukup banyak untuk kamu bisa mengerjakan soal kategori sulit
  6. Jangan lupa banyak berlatih ya !

Semoga artikel kali ini bermanfaat. Silahkan sampaikan ke teman – teman kamu ya!

Jalur Masuk dan Kuota Mahasiswa Baru Unair 2018

Jalur Masuk dan Kuota Mahasiswa Baru Unair 2018

Halo. Bertemu lagi dengan Seri Kampus dari Bimbel Salman. Kali ini informasinya cocok banged buat kamu yang mau jadi mahasiswa baru Unair 2018.

Unair alias Universitas Airlangga, berlokasi di Surabaya. Bersamaan dengan ITS. Dan bersama dengan ITS juga salah dua kampus yang masih mengadakan ujian mandiri.

Jadi, selain SNMPTN & SBMPTN, calon mahasiswa baru Unair 2018 bisa mengikuti ujian mandirinya. Plus info penting buat kamu.

Ujian Mandiri untuk Calon Mahasiswa Baru Unair 2018 adalah TANPA TES

Yuk kita ketahui kuota mahasiswa baru unair 2018

Ketatan kompetisi SNMPTN mahasiswa baru Unair 

Mengetahui ketetatan kuota mahasiswa baru Unair di SNMPTN bisa memprediksi peluang kamu diterima lho

Bidang IPA ( SAINTEK )

 

Bidang IPS ( SOSHUM )

Undur informasi tentang SNMPTN disini

Wajib Kamu Ketahui : Seluk Beluk SNMPTN 2018

 

Daya tampung mahasiswa baru Unair 2018 lewat SNMPTN

FAKULTAS PROGRAM STUDI AKREDITASI BAN-PT DAYA TAMPUNG SNMPTN 2018
KELOMPOK SAINTEK
Kedokteran Pendidikan Bidan
A
15
Pendidikan Dokter
A
75
Kedokteran Gigi Pendidikan Dokter Gigi
A
50
Farmasi Pendidikan Apoteker
A
72
Kedokteran Hewan Pendidikan Dokter Hewan
A
75
Sains dan Teknologi Matematika
A
36
Sistem Informasi
A
18
Fisika
A
30
Biologi
A
30
Teknobiomedik
B
18
Ilmu dan Teknologi Lingkungan
A
18
Kimia
A
30
Statistika
B
18
Kesehatan Masyarakat Kesehatan Masyarakat
A
72
Ilmu Gizi
B
27
Keperawatan Pendidikan Ners
A
45
Perikanan dan Kelautan Budidaya Perairan
A
54
Teknologi Industri Hasil Perikanan
27
KELOMPOK SOSHUM

Hukum Ilmu Hukum
A
72
Ekonomi dan Bisnis Ilmu Ekonomi Islam
A
60
Ekonomi Pembangunan
A
60
Manajemen
A
75
Akuntansi
A
75
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ilmu Administrasi Negara
A
33
Ilmu Hubungan Internasional
A
33
Ilmu Politik
A
30
Sosiologi
A
30
Ilmu Komunikasi
A
33
Ilmu Informasi dan Perpustakaan
A
27
Antropologi
A
30
Psikologi Psikologi
A
66
Ilmu Budaya Sastra Inggris
A
48
Sastra Indonesia
A
48
Ilmu Sejarah
A
30
Sastra Jepang
B
18

DAYA TAMPUNG PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA (S1) PSDKU BANYUWANGI
TAHUN AKADEMIK 2018/2019

NO PSDKU BANYUWANGI DAYA TAMPUNG SNMPTN 2018
1. Akuntansi
15
2. Pendidikan Dokter Hewan
15
3. Kesehatan Masyarakat
15
4. Budidaya Perairan
15

 

Ketatan kompetisi SBMPTN mahasiswa baru Unair 

Penting banged kamu ketahui sebagai calon mahasiswa baru Unair lewat SBMPTN

Bidang IPA (SAINTEK)

Bidang IPS ( SOSHUM )

Informasi Lengkap Pendaftaran SBMPTN

 

Daya tampung mahasiswa baru Unair 2018 lewat SBMPTN

FAKULTAS PROGRAM STUDI AKREDITASI BAN-PT DAYA TAMPUNG SBMPTN 2018
KELOMPOK SAINTEK
Kedokteran Pendidikan Bidan
A
20
Pendidikan Dokter
A
100
Kedokteran Gigi Pendidikan Dokter Gigi
A
66
Farmasi Pendidikan Apoteker
A
96
Kedokteran Hewan Pendidikan Dokter Hewan
A
100
Sains dan Teknologi Matematika
A
48
Sistem Informasi
A
24
Fisika
A
40
Biologi
A
40
Teknobiomedik
B
24
Ilmu dan Teknologi Lingkungan
A
24
Kimia
A
40
Statistika
B
24
Kesehatan Masyarakat Kesehatan Masyarakat
A
96
Ilmu Gizi
B
36
Keperawatan Pendidikan Ners
A
60
Perikanan dan Kelautan Budidaya Perairan
A
72
Teknologi Industri Hasil Perikanan
36
KELOMPOK SOSHUM

Hukum Ilmu Hukum
A
96
Ekonomi dan Bisnis Ilmu Ekonomi Islam
A
80
Ekonomi Pembangunan
A
80
Manajemen
A
100
Akuntansi
A
100
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ilmu Administrasi Negara
A
44
Ilmu Hubungan Internasional
A
44
Ilmu Politik
A
40
Sosiologi
A
40
Ilmu Komunikasi
A
44
Ilmu Informasi dan Perpustakaan
A
36
Antropologi
A
40
Psikologi Psikologi
A
88
Ilmu Budaya Sastra Inggris
A
64
Sastra Indonesia
A
64
Ilmu Sejarah
A
40
Sastra Jepang
B
24

DAYA TAMPUNG PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA (S1) PSDKU BANYUWANGI
TAHUN AKADEMIK 2018/2019

NO PSDKU BANYUWANGI DAYA TAMPUNG SBMPTN 2018
1. Akuntansi
20
2. Pendidikan Dokter Hewan
20
3. Kesehatan Masyarakat
20
4. Budidaya Perairan
20

Undur informasi tentang SNMPTN disini

 

Daya tampung mahasiswa baru Unair 2018 lewat Ujian Mandiri

Nah, sebelum kamu mendaftar di ujian mandiri untuk jadi mahasiswa baru unair 2018, kamu harus tahu dulu nih.

  1. Kamu DIHARUSKAN untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN 2018.
  2. Penilaian seleksi didasarkan dari nilai / skor yang diperoleh dari nilai SBMPTN tahun 2018.
  3. Kalu kamu adalah peserta kelompok ujian IPA di SBMPTN 2018, yang akan memilih program studi IPS di jalur MANDIRI Universitas Airlangga, kamu WAJIB MENGIKUTI kelompok Ujian Campuran di SBMPTN 2018.
  4. Peserta diwajibkan melakukan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur MANDIRI jenjang sarjana di Universitas Airlangga secara on line melalui web : https://pendaftaran.unair.ac.id

FAKULTAS PROGRAM STUDI AKREDITASI BAN-PT DAYA TAMPUNG MANDIRI 2018
KELOMPOK SAINTEK
Kedokteran Pendidikan Bidan
A
15
Pendidikan Dokter
A
75
Kedokteran Gigi Pendidikan Dokter Gigi
A
49
Farmasi Pendidikan Apoteker
A
72
Kedokteran Hewan Pendidikan Dokter Hewan
A
75
Sains dan Teknologi Matematika
A
36
Sistem Informasi
A
18
Fisika
A
30
Biologi
A
30
Teknobiomedik
B
18
Ilmu dan Teknologi Lingkungan
A
18
Kimia
A
30
Statistika
B
18
Kesehatan Masyarakat Kesehatan Masyarakat
A
72
Ilmu Gizi
B
27
Keperawatan Pendidikan Ners
A
45
Perikanan dan Kelautan Budidaya Perairan
A
54
Teknologi Industri Hasil Perikanan
27
KELOMPOK SOSHUM

Hukum Ilmu Hukum
A
72
Ekonomi dan Bisnis Ilmu Ekonomi Islam
A
60
Ekonomi Pembangunan
A
60
Manajemen
A
75
Akuntansi
A
75
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ilmu Administrasi Negara
A
33
Ilmu Hubungan Internasional
A
33
Ilmu Politik
A
30
Sosiologi
A
30
Ilmu Komunikasi
A
33
Ilmu Informasi dan Perpustakaan
A
27
Antropologi
A
30
Psikologi Psikologi
A
66
Ilmu Budaya Sastra Inggris
A
48
Sastra Indonesia
A
48
Ilmu Sejarah
A
30
Sastra Jepang
B
18

 


DAYA TAMPUNG PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA (S1) PSDKU BANYUWANGI
TAHUN AKADEMIK 2018/2019

NO PSDKU BANYUWANGI DAYA TAMPUNG MANDIRI 2018
1. Akuntansi
15
2. Pendidikan Dokter Hewan
15
3. Kesehatan Masyarakat
15
4. Budidaya Perairan
15

 

PERSYARATAN PENERIMAAN

K H U S U S :

No. Program Studi Persyaratan Penerimaan Khusus
1. Pendidikan Bidan
  1. Berjenis kelamin perempuan.
  2. Memiliki tinggi badan 155 cm
  3. Tidak buta warna total maupun parsial
  4. Lulusan SMA/MA IPA
2. Pendidikan Dokter
    Tidak buta warna total.
3. Pendidikan Dokter Gigi
    Tidak buta warna total.
4. Pendidikan Apoteker
    Tidak buta warna total dan parsial.
5. Pendidikan Dokter Hewan
  1. Tidak buta warna total
  2. Memiliki kesehatan fisik yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran sesuai kompetensi program studi yang dipilih.
6. Matematika
    Memiliki fungsi penglihatan dan fungsi pendengaran yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran
7. Sistem Informasi
    Tidak buta warna total.
8. Fisika
    Tidak buta warna total.
9. Biologi
    Tidak buta warna total dan parsial.
10. Teknobiomedik
    Tidak buta warna total dan parsial.
11. Ilmu dan Teknologi Lingkungan
    Tidak buta warna total dan parsial.
12. Kimia
    Tidak buta warna total dan parsial.
13. Statistika
    Memiliki fungsi penglihatan dan fungsi pendengaran yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran
14. Kesehatan Masyarakat
  1. Tidak buta warna total dan parsial
  2. Memiliki kemampuan berbicara yang baik sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran sesuai kompetensi program studi yang dipilih
15. Ilmu Gizi
  1. Tidak buta warna total
  2. Memiliki kesehatan fisik yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran sesuai kompetensi program studi yang dipilih.
16. Pendidikan Ners
  1. Tidak buta warna total maupun parsial.
  2. Memiliki tinggi badan 155 cm
  3. Memiliki kesehatan fisik dan jiwa yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran sesuai kompetensi program studi yang dipilih
17. Budidaya Perairan
    Tidak buta warna total.
18. Teknologi Industri Hasil Perikanan
    Tidak buta warna total dan parsial.
19. Ilmu Hukum
    Tidak ada.
20. Ilmu Ekonomi Islam
    Tidak ada.
21. Ekonomi Pembangunan
    Tidak ada
22. Manajemen
    Tidak ada
23. Akuntansi
    Tidak ada
24. Ilmu Administrasi Negara
    Tidak ada
25. Ilmu Hubungan Internasional
    Tidak ada.
26. Ilmu Politik
    Tidak ada
27. Sosiologi
    Tidak ada.
28. Ilmu Komunikasi
    Tidak ada
29. Ilmu Informasi dan Perpustakaan
    Tidak ada
30. Antropologi
    Tidak ada.
31. Psikologi
    Tidak ada
32. Psikologi QUT
    Mempunyai Skor TOEFL
    minimal 500 atau IELTS minimal 5.5
33. Sastra Inggris
    Tidak ada
34. Sastra Indonesia
    Tidak ada
35. Ilmu Sejarah
    Tidak ada
36. Sastra Jepang
    Tidak ada

 

PERSYARATAN PENERIMAAN KHUSUS UNTUK PDD BANYUWANGI:

No. Program Studi Persyaratan Penerimaan Khusus
1. Akuntansi
    Tidak ada
2. Pendidikan Dokter Hewan
  1. Tidak buta warna total
  2. Memiliki kesehatan fisik yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran sesuai kompetensi program studi yang dipilih.
3. Kesehatan Masyarakat
    Tidak buta warna total dan parsial.
4. Budidaya Perairan
    Tidak buta warna.

 

Lihat persyaratan pendaftarannya disini yaa

Download alur pendaftarannya disini

 

Ketatan kompetisi di Ujian Mandiri mahasiswa baru Unair 

Bidang IPA (SAINTEK)

Bidang IPS (SOSHUM)

* keterangan : 
– keketatan ditampilkan dalam bentuk persentase dari (jumlah yang diterima / jumlah peminat ) x 100%
– Semakin rendah persentase keketatan menunjukkan semakin ketat persaingan untuk masuk jurusan tersebut.

Nah, ini mungkin yang kamu cari – cari… hehe

Berapa ya biayanya ???

BIAYA PENDIDIKAN PROGRAM SARJANA JALUR MANDIRI
TAHUN AKADEMIK 2018/2019

NO FAKULTAS PROGRAM STUDI
UKT MANDIRI
UKS UKA
KELOMPOK IPA
1 Kedokteran Pendidikan Dokter 15.000.000 70.000.000
2 Pendidikan Bidan 7.500.000 30.000.000
3 Kedokteran Gigi Pendidikan Dokter Gigi 12.500.000 60.000.000
4 Farmasi Pendidikan Apoteker 7.500.000 40.000.000
5 Kedokteran Hewan Kedokteran Hewan 7.500.000 50.000.000
6 Sains dan Teknologi Matematika 5.000.000 25.000.000
7 Sistem Informasi 7.000.000 35.000.000
8 Fisika 5.000.000 15.000.000
9 Biologi 6.000.000 22.500.000
10 Teknobiomedik 7.000.000 35.000.000
11 Ilmu dan Teknologi Lingkungan 6.500.000 35.000.000
12 Kimia 6.000.000 22.500.000
13 Statistik 5.000.000 20.000.000
14 Kesehatan Masyarakat Kesehatan Masyarakat 7.500.000 40.000.000
15 Ilmu Gizi 7.500.000 40.000.000
16 Keperawatan Pendidikan Ners 7.500.000 35.000.000
17 Perikanan dan Kelautan Budidaya Perairan 7.000.000 35.000.000
18 Teknologi Industri Hasil Perikanan 7.000.000 35.000.000
KELOMPOK IPS
19 Hukum Ilmu Hukum 6.000.000 38.000.000
20 Ekonomi dan Bisnis Manajemen 6.000.000 30.000.000
21 Akuntansi 6.000.000 30.000.000
22 Ekonomi Pembangunan 4.500.000 30.000.000
23 Ekonomi Islam 6.000.000 30.000.000
24 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Sosiologi 4.000.000 20.000.000
25 Ilmu Politik 4.000.000 20.000.000
26 Ilmu Komunikasi 6.000.000 30.000.000
27 Ilmu Administrasi Negara 5.000.000 25.000.000
28 Ilmu Hubungan Internasional 6.000.000 30.000.000
29 Antropologi 4.000.000 20.000.000
30 Ilmu Informasi dan Perpustakaan 4.000.000 20.000.000
31 Psikologi Psikologi 6.000.000 50.000.000
32 Ilmu Budaya Sastra Inggris 5.000.000 25.000.000
33 Sastra Indonesia 4.000.000 20.000.000
34 Ilmu Sejarah 4.000.000 15.000.000
35 Sastra Jepang 5.000.000 20.000.000

Satuan Biaya tersebut berdasarkan SK Rektor Nomor 16 Tahun 2018

KETERANGAN :
UKM : Uang Kuliah Mandiri
UKS : Uang Kuliah Semesteran (dibayar setiap semester)
UKA : Uang Kuliah Awal adalah tarif minimal (dibayar sekali pada saat masuk)

 

Terimakasih sudah menyimak artikel kami kali ini ya.

Buat kamu calon mahasiswa baru Unair 2018. Selamat berkompetisi !

Buat kamu yang ragu apakah sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk SBMPTN, dapatkan informasi bagaimana kami bisa membantu kamu disini

 

 

 

Seperti Apa Penerimaan Mahasiswa Baru UGM 2018 ? Baca Disini !

Seperti Apa Penerimaan Mahasiswa Baru UGM 2018 ? Baca Disini !

Halo. Kembali lagi dengan Seri Kampus 2018. Kali ini kita mau membahas…. Universitas Gadjah Mada khususnya Penerimaan Mahasiswa Baru UGM 2018 nya 😀

Mungkin salah satu yang kamu inget dari UGM ini adalah ospeknya. Seperti yang ada di video berikut :

Ya kan ? Keren banged ga sih Penerimaan Mahasiswa Baru UGM ? Jadi makin semangat jadi mahasiswa baru UGM 2018 nanti dong ?

Nah, mungkin kamu pun sudah tahu kalau UTUL UGM, adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru UGM. Tapi, apalagi ya ?

Khusus untuk jalur sarjana, Ragam jalur seleksinya adalah

 

Penerimaan mahasiswa baru UGM lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Tentu yang ini kamu sudah tahu ya. Hehe. Kalau belum. Nih info lebih jelasnya lihat disini yaa.

Jangan lupa juga ketahui seluk beluk nya pada artikel yang kami tulis ini.

Wajib Kamu Ketahui : Seluk Beluk SNMPTN 2018

 

Penerimaan mahasiswa baru UGM dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Ini pun tentu kamu sudah dapat banyak informasi ya. Silahkan lihat disini

Mau tahu tips lulus SBMPTN ? Klik disini

 

Penerimaan mahasiswa baru UGM dari Seleksi Jalur Prestasi

Berdasarkan informasi resmi di websitenya. jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi.

Nama programnya adalah Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

Jalur seleksi ini  penerimaan mahasiswa baru UGM ini iselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi (pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,- setiap bulannya).

Peserta memperoleh beasiswa biaya pendidikan selama 8 semester dari UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.

Persayaratan umum

  1. Lulusan SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta dalam negeri tahun 2017.
  2. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor harus tuntas (di atas KKM), mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun. Bagi siswa akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4 (empat).
  3. Peserta jalur prestasi diusulkan oleh sekolah dan termasuk 25% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi. Dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk setiap calon pendaftar.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya

Persyaratan khusus

  1. Siswa dengan kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.
  2. Pendaftar mengunggah hasil scan dokumen:
    1. Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
    2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon tersebut merupakan siswa 25% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun atau 40% terbaik dikelasnya pada semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat) bagi siswa akselerasi.
    3. Bukti prestasi terbaik di jenjang SMA/SMK/MA/MAK (jika ada).
    4. Kartu Keluarga (C1).
    5. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali. Untuk pegawai negeri atau swasta, surat keterangan penghasilan disahkan oleh Bendaharawan Gaji Pegawai. Khusus pekerja sektor informal/wiraswata surat keterangan penghasilan disahkan oleh Camat dengan mencantumkan rata-rata pendapatan selama enam bulan terakhir dari ayah dan ibu atau wali.
    6. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu).
    7. Tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, dan pembayaran PBB (bila ada untuk tiga bulan terakhir). Apabila listrik, air, dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.

Tatacara pendaftaran

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur prestasi PBUTM berhak untuk memilih 2 (dua) Program Studi pilihan, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 25.000,- melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BSM, BNI, BRI atau BTN dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini .
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor peserta melalui akun pendaftaran.
  5. Peserta wajib melihat pengumuman hasil seleksi berkas, sesuai jadwal yang ditentukan.
  6. Dari hasil seleksi berkas:
    1. Peserta yang tidak lolos seleksi berkas tidak dapat mengikuti seleksi tahap berikutnya.
    2. Peserta yang lolos seleksi berkas dapat mengikuti seleksi tahap berikutnya dengan mengunduh/mencetak kartu ujian peserta sesuai jadwal yang ditentukan.

Syarat kelengkapan dokumen

Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; scan dokumen berwarna dan harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar secara online.

No Dokumen yang diunggah Format
1. Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru. *.jpg
2. Rapor asli atau rapor konversi dari sekolah dalam skala 100 (khusus sekolah yang menggunakan skala penilaian 4 atau 10):

  1. bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima).
  2. bagi siswa SMK program 4 (empat) tahun, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh).
  3. bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).
*.pdf
3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah. (unduh format surat) *.pdf
4. Piagam Kejuaraan/Sertifikat terbaik yang diperoleh semasa jenjang SMA/SMK/MA/MAK (jika ada). *.pdf
5. Kartu Keluarga (C1). *.pdf
6. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan oleh camat bagi non karyawan atau oleh Bendahara Gaji bagi karyawan institusi. *.pdf
7. Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Bantuan Siswa Miskin (BSM)/Kartu sejenis yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah (bukan Surat Keterangan Tidak Mampu). *.pdf
8. Foto rumah tampak depan. *.pdf
9. Foto tempat belajar. *.pdf
10. Foto bersama anggota keluarga. *.pdf
11. Tagihan listrik (3 bulan terakhir) dan bukti pembayaran PBB. *.pdf
12 Tagihan air dan tagihan internet (3 bulan terakhir; jika ada). *.pdf
    Informasi terkait jadwal akan kami update atau kamu bisa langsung lihat nanti di website resmi UGM yaa

Penerimaan mahasiswa baru UGM dari Seleksi Ujian Tulis (UTUL) UGM

Info resmi per bulan Februari 2018, jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM.

Seleksi bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA Tahun 2018, 2017, dan 2016 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma.

Kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.

Syarat Umum

  1. Lulusan SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri tahun 2018, 2017 dan 2016 atau lulusan ujian persamaan atau yang setara lainnya tahun 2017 dan 2016.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Syarat Khusus

  1. Bagi siswa lulusan tahun 2017 dan 2016  harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa lulusan tahun 2018 telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) Pendidikan Menengah atau kartu peserta UN, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap sekolah yang sah.

Prosedur pendaftaran

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur ujian tulis berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BSM, BNI, BRI atau BTN. Lihat petunjuk pembayaran.
    Kelompok Biaya Pendaftaran
    Soshum/IPS Rp. 300.000,-
    Saintek/IPA Rp. 300.000,-
    Campuran/IPC Rp. 325.000,-
  4. Mencetak bukti pendaftaran online yang memuat nomor peserta.
  5. Mencetak kartu peserta ujian serta mengikuti ujian tulis sesuai jadwal yang ditentukan.

Kelengkapan berkas

Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing filescan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

  1. 1.Pas foto berwarna dengan latar belakang biru, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera.*.jpg
  2. 2.Scan Ijazah (untuk lulusan 2016 dan 2015) atau Surat Keterangan Lulus (SKL)/Kartu Peserta UN (untuk calon lulusan 2017).*.pdf
  3. 3.Scan KTP/Kartu Keluarga.*.pdf

Jadwal dan lokasi ujian

Informasi lengkap dan resmi mengenai jadwal dan lokasi ujian akan segera diupdate di website resmi panitia disini

Kampus UGM

Penerimaan mahasiswa baru UGM dari  Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program)

 

 

Seleksi Program Internasional 2017 merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk siswa dan lulusan SMA/A-Level/Pra-Universitas yang ingin melanjutkan pendidikan pada Program Internasional di UGM.

International Undergraduate Program UGM ( program sarjana internasional )

 

Informasi lengkap mengenai program sarjana internasional, bisa dilihat pada masing – masing link ke fakultas yang membuka program ini yaa

No Faculty Website
1 Faculty of Economics and Bussiness http://iup.feb.ugm.ac.id
2 Faculty of Law http://iup.law.ugm.ac.id/
3 Faculty of Psychology http://iup.psikologi.ugm.ac.id/admission/
4 Faculty of Mathematics and Natural Sciences http://ugm.id/pY
http://dcse.fmipa.ugm.ac.id/site/en/iup-intake-2018-2/
5 Faculty of Medicine, Public Health and Nursing http://fk.ugm.ac.id/iup/
6 Faculty of Social and Political Sciences http://hi.fisipol.ugm.ac.id/iup/
http://mkp.fisipol.ugm.ac.id/

Update terakhir dari UGM : 15 Pebruari 2018 15:19:44 WIB

 

Program studi di penerimaan mahasiswa baru UGM

Program Sarjana UGM T.A. 2017/2018 diselenggarakan oleh 18 (delapan belas) Fakultas yang secara keseluruhan terdiri dari 67 (enam puluh tujuh) program studi, yaitu:

NO
FAKULTAS
NAMA PRODI
DAYA TAMPUNG
KELOMPOK UJIAN SBMPTN DAN SELEKSI MANDIRI
PERSYARATAN SLTA*)
1 BIOLOGI BIOLOGI 220 SAINTEK 1
2 EKONOMIKA DAN BISNIS AKUNTANSI 150 SOSHUM 1, 2, 3, 4
3 EKONOMIKA DAN BISNIS ILMU EKONOMI 100 SOSHUM 1, 2, 3, 4
4 EKONOMIKA DAN BISNIS MANAJEMEN 120 SOSHUM 1, 2, 3, 4
5 FARMASI FARMASI 240 SAINTEK 1,4
(SMK jurusan farmasi)
6 FILSAFAT ILMU FILSAFAT 150 SOSHUM 1, 2, 3, 4
7 GEOGRAFI GEOGRAFI DAN LINGKUNGAN 100 SAINTEK 1
8 GEOGRAFI KARTOGRAFI DAN PENGINDERAAN JAUH 70 SAINTEK 1, 2, 4
(SMK yang sebidang)
9 GEOGRAFI PEMBANGUNAN WILAYAH 70 SAINTEK 1, 2
10 HUKUM ILMU HUKUM 300 SOSHUM 1, 2, 3, 4
11 ILMU BUDAYA ANTROPOLOGI BUDAYA 60 SOSHUM 1, 2, 3, 4
(SMK yang sebidang)
12 ILMU BUDAYA ARKEOLOGI 40 SOSHUM 1, 2, 3, 4 ,
(SMK yang sebidang)
13 ILMU BUDAYA BAHASA KOREA 40 SOSHUM 1, 2, 3, 4
(SMK yang sebidang)
14 ILMU BUDAYA ILMU SEJARAH 40 SOSHUM 1, 2, 3, 4
(SMK yang sebidang)
15 ILMU BUDAYA PARIWISATA 50 SOSHUM 1, 2, 3, 4
(SMK yang sebidang)
16 ILMU BUDAYA SASTRA ARAB 50 SOSHUM 1, 2, 3, 4
(SMK yang sebidang)
17 ILMU BUDAYA SASTRA INDONESIA 45 SOSHUM 1, 2, 3, 4
(SMK yang sebidang)
18 ILMU BUDAYA SASTRA INGGRIS 50 SOSHUM 1, 2, 3, 4
(SMK yang sebidang)
19 ILMU BUDAYA SASTRA JEPANG 30 SOSHUM 1, 2, 3, 4
(SMK yang sebidang)
20 ILMU BUDAYA SASTRA NUSANTARA 30 SOSHUM 1, 2, 3, 4
(SMK yang sebidang)
21 ILMU BUDAYA SASTRA PERANCIS 30 SOSHUM 1, 2, 3, 4
(SMK yang sebidang)
22 ISIPOL MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK (ILMU ADMINISTRASI NEGARA) 75 SOSHUM 1, 2, 3, 4
23 ISIPOL ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL 80 SOSHUM 1, 2, 3, 4
24 ISIPOL ILMU KOMUNIKASI 75 SOSHUM 1, 2, 3, 4
25 ISIPOL ILMU PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN (SOSIATRI) 75 SOSHUM 1, 2, 3, 4
26 ISIPOL POLITIK DAN PEMERINTAHAN (ILMU PEMERINTAHAN) 75 SOSHUM 1, 2, 3, 4
27 ISIPOL SOSIOLOGI 75 SOSHUM 1, 2, 3, 4
28 KEDOKTERAN GIZI KESEHATAN 80 SAINTEK 1
29 KEDOKTERAN ILMU KEPERAWATAN 115 SAINTEK 1
30 KEDOKTERAN PENDIDIKAN DOKTER 175 SAINTEK 1
31 KEDOKTERAN GIGI PENDIDIKAN DOKTER GIGI 152 SAINTEK 1
32 KEDOKTERAN GIGI HIGIENE GIGI 50 SAINTEK 1
33 KEDOKTERAN HEWAN KEDOKTERAN HEWAN 180 SAINTEK 1, 4
(SMK yang sebidang)
34 KEHUTANAN KEHUTANAN 250 SAINTEK 1, 4
(SMK yang sebidang)
35 MIPA ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASI 90 SAINTEK 1, 4
36 MIPA FISIKA 70 SAINTEK 1, 4
37 MIPA GEOFISIKA 50 SAINTEK 1, 4
38 MIPA ILMU KOMPUTER 90 SAINTEK 1, 2, 4
39 MIPA KIMIA 150 SAINTEK 1, 4
40 MIPA MATEMATIKA 70 SAINTEK 1, 4
41 MIPA STATISTIKA 60 SAINTEK 1, 2, 4
42 PERTANIAN AGRONOMI 75 SAINTEK 1, 4
(SMK Pertanian)
43 PERTANIAN BUDIDAYA PERIKANAN 55 SAINTEK 1, 4
(SMK Perikanan)
44 PERTANIAN ILMU HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN 50 SAINTEK 1, 4
(SMK Pertanian)
45 PERTANIAN ILMU TANAH 50 SAINTEK 1, 4
(SMK Pertanian)
46 PERTANIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA PERIKANAN 55 SAINTEK 1, 4
(SMK Perikanan)
47 PERTANIAN MIKROBIOLOGI PERTANIAN 30 SAINTEK 1, 4
(SMK Pertanian)
48 PERTANIAN PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN 25 SAINTEK 1, 4
(SMK Pertanian)
49 PERTANIAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (AGROBISNIS) 80 SAINTEK 1, 4
(SMK Pertanian)
50 PERTANIAN TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN 55 SAINTEK 1, 4
(SMK Perikanan)
51 PETERNAKAN ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKAN 240 SAINTEK 1, 4
(SMK yang sebidang)
52 PSIKOLOGI PSIKOLOGI 200 SOSHUM 1, 2, 3, 4
53 TEKNIK ARSITEKTUR 90 SAINTEK 1, 4
54 TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA 90 SAINTEK 1
55 TEKNIK TEKNIK ELEKTRO 100 SAINTEK 1, 4
56 TEKNIK TEKNIK FISIKA 120 SAINTEK 1
57 TEKNIK TEKNIK GEODESI 120 SAINTEK 1, 4
58 TEKNIK TEKNIK GEOLOGI 120 SAINTEK 1
59 TEKNIK TEKNIK INDUSTRI 110 SAINTEK 1, 4
60 TEKNIK TEKNIK KIMIA 170 SAINTEK 1, 4
61 TEKNIK TEKNIK MESIN 140 SAINTEK 1, 4
62 TEKNIK TEKNIK NUKLIR 65 SAINTEK 1
63 TEKNIK TEKNIK SIPIL 165 SAINTEK 1, 4
64 TEKNIK TEKNOLOGI INFORMASI 100 SAINTEK 1, 4
65 TEKNOLOGI PERTANIAN TEKNIK PERTANIAN 90 SAINTEK 1, 4
(SMK yang sebidang)
66 TEKNOLOGI PERTANIAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN 100 SAINTEK 1, 4
(SMK yang sebidang)
67 TEKNOLOGI PERTANIAN TEKNOLOGI PANGAN DAN HASIL PERTANIAN 100 SAINTEK 1

Keterangan:

  • *) Persyaratan Bidang Studi SLTA Asal :
    • 1 : SMA/MA IPA
    • 2 : SMA/MA IPS
    • 3 : SMA/MA Bahasa
    • 4 : SMK/MAK

Update terakhir dari UGM : 21 Pebruari 2017 14:49:55 WIB

 

Berapa ya biaya kuliah di UGM ?

Nah, pertanyaan ini sengaja kami jawab menjelang akhir tulisan ya. Hehe.  Biar lebih seru.

Jadi, skema biaya kuliah di kebanyakan kampus – kampus negeri itu sekarang namanya Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Kategori kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) Program Sarjana untuk Jalur SNMPTN/SBMPTN/Ujian Tulis (UTUL) UGM 2017 kemarin sih berdasarkan jumlah total penghasilan kotor ayah dan ibu ditambah penghasilan tambahan ayah dan ibu, dengan kriteria sebagai berikut:

Kelompok Kriteria penghasilan
(penghasilan kotor+penghasilan tambahan)
UKT 0 Peserta Bidikmisi
UKT 1 Penghasilan ≤ 500.000
UKT 2 500.000 < Penghasilan ≤ 2.000.000
UKT 3 2.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000
UKT 4 3.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000
UKT 5 5.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000
UKT 6 Penghasilan > 10.000.000

Nah, kalau mau tahu besaran UKT T. A. 2017/2018 untuk jalur SNMPTN /SBMPTN /Seleksi Mandiri bisa didownload disini ya 

 

Nah, artikel ini kami susun dengan niatan awal membantu kamu yang ingin jadi mahasiswa UGM mendapatkan informasi lengkap.

Apakah kamu sudah meraih informasi yang kamu cari ? Jika sudah, ada komentar atau pertanyaan ?

Atau ada informasi tambahan yang kamu kamu sampaikan ? jangan sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar ya 🙂