UPDATE : Jadwal SNMPTN, SBMPTN & Ujian Mandiri 2019

UPDATE : Jadwal SNMPTN, SBMPTN & Ujian Mandiri 2019

Selamat tahun baru !

Khusus banged buat kelas 12, ayo update jadwal dan mekanisme buat 3 jalur masuk kamu jadi mahasiswa di kampus dan jurusan impian di PTN

  • SNMPTN
  • SBMPTN
  • Ujian Mandiri 

SNMPTN

Wajib tahu, seleksi ini pakai nilai rapor kelas 10, 11, dan semester 1 kelas 12 untuk SMA/MA/SMK atau nilai rapor semester 1-7 untuk SMK dengan masa belajar 4 tahun.
 
Pendaftaran dimulai dari tanggal 4-25 Januari 2019, jadi ingatkan pihak sekolah juga, siapa tahu mereka lupa, hehe.
 
Setelah mendaftar, kamu bakalan dapat NISN dan password yang kita butuhkan dari sekolah untuk mendaftar lebih lanjut.
 
Kemudian, kamu isi biodata diri, pilihan perguruan tinggi negeri beserta program studinya, dan mengunggah pasfoto terbaru. Kalau ada prestasi tambahan, harus banged tuh dimasukkin
 
Kalau kamu mendaftar untuk program studi seni dan olahraga, kita wajib mengunggah portofolio dan dokumen yang sudah disahkan oleh Kepala Sekolah untuk bisa membuktikan.
 
Pendaftaran SNMPTN ini, termasuk mengisi berkas yang dibutuhkan dimulai sejak 4-14 Februari 2019. Lewat tanggal 14 Februari 2019, kamu enggak bakalan bisa mengubah dan memverifikasi data-data yang sudah diisi.
 
Setelah itu, kamu bisa mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
 
Pengumuman hasilnya ? tanggal 23 Maret 2019 ya !
 

Sekarang kita bahas SBMPTN yooo

Kamu wajib paham neeh, yang boleh ikut SBMPTN adalah siswa yang lulus SMA/MA/SMK serta setara dan semua orang yang sudah lulus SMA maksimal 3 tahun setelah tahun kelulusannya

Jadi, persaingannya bakalan jauh lebih ketat daripada persaingan di SNMPTN, tentu saja.

Berbeda dari tahun sebelumnya, SBMPTN akan dilakukan hanya dengan 1 metode, yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Ga ada lagi ujian bulet – buletin kertas jawabann yaa. hehe

Nantinya nilai yang kita dapatkan dari SBMPTN ini baru digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri, enggak seperti tahun sebelumnya yang mengharuskan  mendaftar ke perguruan tinggi sebelum mendapatkan nilai.

Intinya, daftar SBMPTN, dapat nilai, daftar ke kampus

Jadwalnya gini

Pendaftaran akan dibuka tanggal 12 Januari 2019 hingga 27 Maret 2019. Untuk uang pendaftaran harus ditransfer 1 x 24 jam pukul 08.00 hingga 13.00 dengan jumlah Rp 200.000.

Ini juga yang bikin beda :

Nantinya tes SBMPTN bakal dilakukan sebanyak 24 kali dimulai dari bulan Maret 2019 setiap hari Sabtu dan minggu.

Kamu bisa melakukan tes sebanyak 2 kali, baik hanya untuk 2 kali tes materi Sains dan Teknologi (Saintek), 2 kali tes materi Sosial Hukum (Soshum), atau 1 kali tes Saintek dan 1 kali tes materi Soshum. Kalau kamu ikut IPC.

Oh iya, sekarang sudah enggak ada lagi Uji Keterampilan yaa, digantikan dengan Tes Potensi Skolastik.

Tes Potensi Skolastik ini adalah tes yang biasanya diujikan kalau kita pengin melanjutkan ke perguruan tinggi di Amerika. Tesnya sendiri di SBMPTN 2019 akan menguji kemampuan peserta dalam membaca, menulis, dan matematika, nih. Ya sebenarnya sedikit banyak seperti TKPA, kita tunggu update aja yaa.

Mendaftarnya di website SBMPTN yaa. Bukan di website Bimbe Salman lho. Hehehe. Kalau di Bimbel Salman, kamu daftarnya Super Camp SBMPTN, yang Insya Allah ngebantu kamu biar bisa #2019masukPTN di kampus dan jurusan impian

Terakhir kita omongin ujian mandiri yo

Beberapa ujian mandiri yang setiap tahunnya jadi favorit antara lain SIMAK UI, UTUL UGM, UM Undip, Selma UB da UTM IPB

Nah, berikut perkiraan jadwal beberapa ujian mandiri di tahun 2019 nanti

NoNama UMPendaftaranPengumuman
1SIMAK UIJuli 2019Juli – Agustus
2UM UndipMeiJuli
3UM UnairJuliJuli
4Selma UBJuni – JuliJuli
5UM UnhasJuni – JuliJuli
6SM UPIJuni – JuliJuli
7UM UNSJuni – JuliJuli
8SM ITSJuni – JuliJuli
9UTM IPBJuni – JuliJuli

Memang sebagian besar masih ancer – ancer sih jadwalnya. Tapi, ga ada salahnya kamu bersiap dari sekarang lhooo

Ada satu kampus yang sudah merilis jadwal lengkap mandirinya ya itu ITB

Jadwal Pendaftaran
  • Pendaftaran SM-ITB 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2019 – 12 Juli 2019
  • Tes Ketrampilan akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Juli 2019 di Kampus ITB.
Pengumuman Hasil Seleksi
 
Pengumuman hasil Seleksi Mandiri (SM) – ITB akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019
Info  selengkapnya kamu bisa cek di blog kami berikut yaa, klik disini
Jadwal – Jadwal Penting Kelas 12 Di Tahun 2019

Jadwal – Jadwal Penting Kelas 12 Di Tahun 2019

jadwal kelas 12

Hai kelas 12. Pasti lagi mulai sibuk – sibuknya ya

Jangan lupa, kamu perlu tahu jadwa – jadwal yang akan kamu lalui di tahun 2019 nanti. Yuk disimak!

 

Jadwal pelaksanaan UNBK SMK

1. Bahasa Indonesia: Senin, 25 Maret 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00)

2. Matematika: Selasa, 26 Maret 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00)

3. Bahasa Inggris: Rabu, 27 Maret 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00)

4. Teori Kejuruan: Kamis, 28 Maret 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00)

 

Jadwal pelaksanaan UNBK SMA/MA

1. Bahasa Indonesia: Senin, 1 April 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00)

2. Matematika: Selasa, 2 April 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00)

3. Bahasa Inggris: Kamis, 4 April 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00)

4. Mata Pelajaran Jurusan (IPA/IPS/Bahasa/Keagamaan): Senin, 8 April 2019, terbagi atas 3 sesi (Pk 07.30 – Pk 09.30, Pk 10.30 – Pk12.30 dan Pk 14.00 – Pk 16.00)

SNMPTN

4 Januari 2019
Launching SNMPTN

4 – 25 Januari 2019
Pengisian dan Verifikasi PDSS

4 – 14 Februari 2019
Pendaftaran SNMPTN

23 Maret 2019
Pengumuman Hasil SNMPTN

 

UTBK ( Tes SBMPTN )

12 Januari – 27 Maret 2019: Pendaftaran UTBK

30 Maret – 25 Mei 2019: Pelaksanaan UTBK (12kali – 24 sesi)

10 April – 2 Juni 2019 :Pengumuman Hasil UTBK

 

SBMPTN

10 – 24 Juni 2019
Pendaftaran SBMPTN

9 Juli 2019
Pengumuman Hasil SBMPTN 2019

Harus Tahu : Begini Mekanisme Pendaftaran SBMPTN 2019

Harus Tahu : Begini Mekanisme Pendaftaran SBMPTN 2019

Pendaftaran SBMPTN 2019

Hari ke hari, makin dekat aja nih waktu menuju SNMPTN & SBMPTN

Dengan perubahan sistem di SBMPTN 2019, kamu harus tahu nih bagaimana mekanisme pendaftaran kali ini

Yuk disimak selengkapnya di artikel ini

Perlu diingatkan juga, bahwa nanti semua ujian adalah berbasis komputer ya

Kemudian, hasil ujian dapat digunakan untuk SBMPTN maupun Mandiri PTN. Beberapa kampus memang mengadakan ujian mandiri tanpa tes ( menggunakan nilai SBMPTN, salah satunya adalah ITS )

Baca Juga

9 Hal Terpenting di SBMPTN 2019

 

Kemudian jadwalnya

Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN akan mulai dibuka pendaftarannya pada 12 Januari 2019 hingga 27 Maret 2019.

Terdapat dua materi tes yang akan diberikan kepada peserta UTBK, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Tapi sih ini dulu yang penting. Haha

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu udah memenuhi syarat untuk mengikuti UTBK, yaitu:

  1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta didik Paket C tahun 2019
  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2017 dan 2018 atau lulusan Paket C tahun 2017 dan 2018
  3. Membayar biaya UTBK.

Berikut ini tata cara mengikuti UTBK 2019:

  1. Melakukan pendaftaran pada laman berikut menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password
  2. Mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK
  3. Membayar di Bank Mitra menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam
  4. Melakukan login ke laman pendaftaran di website berikut untuk mencetak kartu peserta UTBK
  5. Mengikuti UTBK sesuai hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih

PENTING

Peserta diperbolehkan mengikuti tes maksimum dua kali dengan ketentuan sebagai berikut:

a. UTBK kelompok Saintek satu kali dan/atau kelompok Soshum satu kali; atau kelompok Saintek dua kali; atau Kelompok Soshum dua kali.

b. Hasil UTBK hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2019

Semoga bermanfaat dan selamat mempersiapkan SBMPTN ya

Buat kamu yang nyari bimbel persiapan Super Intensif biar bisa kuliah di kampus dan jurusan impian, ada info menarik buat kamu disni

Fakta Seputar SBMPTN 2018

Fakta Seputar SBMPTN 2018

sbmptn 2019

Semester 1 untuk kelas 12 segera berakhir. Setelah ini , selain persiapan Ujian Nasional, kelas 12 akan semangat banged buat persiapan SBMPTN 2019

Apalagi dengan sistem baru, kamu yang anak kelas 12 sudah siap belum nih ?

( Ada perbedaan sistem lho di SBMPTN 2019 nanti, sudah tahu belum ? Baca disini kalau belum ya )

Nah, untuk membantu persiapan kamu, Salman mau beri kamu beberapa wawasan soal SBMPTN tahun 2018 nih

1. Uniknya sistem penilaian SBMPTN 2018

Mungkin kamu pun tahu sistem penilaian SBMPTN selama ini

  • Menjawab soal benar, poinnya 4
  • Salah jawaban minus 1
  • Tidak menjawab tidak dapat poin alias 0

Kemudian nilai akhir diakumulasi dan diformulasikan berdasarkan jumpah point yang terkumpul. Lebih kurang begitu

Nah, sistem penilaian SBMPTN 2018 itu unik lho

Bagaimana perbedaan sistem penilaian kali ini ???

  1. Pada setiap soal akan diberikan informasi / petunjuk tentang cara menajwab soal
  2. Penilaian tidak lagi berdasarkan soal benar bernilai 4 dan soal salah akan dikurangi 1 point
  3. Penilaian akan dilakukan berdasarkan hasil jawaban dari seluruh peserta ujian SBMPTN 2018
  4. Nilai akhir akan memperhitungkan jumlah soal yang bisa dijawab dan kategori soal tersebut. Apakah sulit, sedang atau mudah
  5. Berdasarkan perhitungan tersebut diatas, maka peserta yang menjawab jumlah soal yang sama dengan peserta lain, misal sama – sama menjawab 10 soal benar untuk Biologi, belum tentu akan mendapatkan nilai akhir yang sama
  6. Maksudnya, tergantung itu tadi, seberapa banyak soal sulit, menengah dan mudah yang bisa dijawab

2. Ini dia 5 kampus paling favorit di SBMPTN 2018

Informasi resmi dari Panitia Pusat SBMPTN 2018 ada lima perguruan tinggi negeri yang paling diminati peserta SBMPTN 2018.

Di posisi pertama adalah Universitas Indonesia (UI) yang dipilih oleh 52.591 peserta.

Sementara itu di posisi kedua, Universitas Gadjah Mada dipilih leh 46.095 peserta

Universitas Padjajaran berada di posisi tiga. diminati oleh 44.138 peserta

Posisi empat ditempati oleh Universitas Brawijaya dengan jumlah peminat 36.468 peserta

Sementara itu di posisi terakhir lima besar ditempati oleh Universitas Hasanuddin yang diminati oleh 35.253 peserta.

 3. 10 provinsi dengan nilai rerata diterima tertinggi di SBMPTN 2018. 

Data ini sering dilewatkan, padahal ya, dengan data ini, kamu bisa tahu seberapa ketat persaingan di provinsi mu

Ketahui yuk provinsi mana saja yang ketat persaingannya

Untuk bidang Saintek:

  1. D.I Yogyakarta dengan nilai rerata 612,27
  2. DKI Jakarta dengan nilai rerata 608,60
  3. Banten dengan nilai rerata 595,90
  4. Jawa Tengah dengan nilai rerata 592,43
  5. Jawa Barat dengan nilai rerata 590,58
  6. Jawa Timur dengan nilai rerata 580,12
  7. Lampung dengan nilai rerata 561, 88
  8. Sumatera Selatan dengan nilai rerata 561,38
  9. Sumatera Selatan dengan nilai rerata 553,32
  10. Riau dengan nilai rerata 548,84

Untuk bidang Soshum:

  1. D.I Yogyakarta dengan nilai rerata 596,11
  2. DKI Jakarta dengan nilai rerata 595,24
  3. Jawa Tengah dengan nilai rerata 583,30
  4. Banten dengan nilai rerata 576,20
  5. Jawa Timur dengan nilai rerata573,45
  6. Jawa Barat dengan nilai rerata 568,31
  7. Lampung dengan nilai rerata 553,71
  8. Sumatera Selatan dengan nilai rerata 542,04
  9. Kalimantan Selatan dengan nilai rerata 540,19
  10. NTB dengan nilai rerata 538,58.

4. 10 kampus dengan nilai tertinggi

Setelah provinsi dengan nilai tertinggi, yuk tahu juga soal kampus pilihan peserta SBMPTN dengan nilai tertinggi

Saintek:

  1. ITB dengan nilai rerata 659,25
  2. UI dengan nilai rerata 638,39
  3. UGM dengan nilai rerata 632,79
  4. ITS dengan nilai rerata623,50
  5. UNAIR dengan nilai rerata 610,89
  6. IPB dengan nilai rerata 610,09
  7. UNDIP dengan nilai rerata 608,69
  8. UNS dengan nilai rerata 606,69
  9. UNPAD dengan nilai rerata 605,68
  10. UPNV Jakarta (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta) dengan nilai rerata 599,99

Soshum:

  1. ITB dengan nilai rerata 648,33
  2. UGM dengan nilai rerata 648,08
  3. UI dengan nilai rerata 643,47
  4. ITS dengan nilai rerata 623,60
  5. UNAIR dengan nilai rerata 620,13
  6. UNDIP dengan nilai rerata 619, 87
  7. UNPAD dengan nilai rerata 613,60
  8. UB (Universitas Brawijaya) dengan nilai rerata 613,60
  9. UPNV Jakarta dengan nilai rerata 608,59
  10. UNS dengan nilai rerata 602,80

Gimana gimana ? Kampus impian mu ada di peringkat berapa ?

Kalau sudah makin paham bahwa SBMPTN itu susah, belajar dong. Latihan soal. Atau ikut program – program intensif kaya ini

 

5. Jurusan apa saja ya yang jadi favorit di SBMPTN 2018 ??

Berdasarkan rilis resmi panitia SBMPTN 2018, ada tiga program studi (prodi) yang menjadi favorit peserta, yakni kedokteran, ilmu kesehatan masyarakat, serta teknik sipil.

 Wah, apakah salah satunya adalah jurusan impian kamu ??

Ketiga jurusan tersebut memiliki tingkat persaingan sangat tinggi, terutama jika dilihat dari 4 Perguruan Tinggi Negeri favorit

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  4. dan Universitas Diponegoro (Undip)

Yuk kita ulas satu persatu, pertama dari Saintek yaa

Universitas Indonesia:

  • Pendidikan kedokteran : Jumlah kursi 126, peminat 4.041 orang
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat : Jumlah kursi 105, jumlah peminat 2.413 orang
  • Sistem Informasi : Jumlah kursi 91, jumlah peminat 2.254 orang

 Universitas Gadjah Mada 

  • Pendidikan kedokteran : Jumlah kursi 70, peminat 3.777 orang
  • Farmasi : Jumlah kursi 96, jumlah peminat 2.917 orang
  • Teknik Sipil : Jumlah kursi 66, jumlah peminat 2.565 orang

Institut Teknologi Bandung

  • Teknik Elektro & Informatika : Jumlah kursi 168, peminat 4.215 orang
  • Teknik Mesin & Dirgantara : Jumlah kursi 120, jumlah peminat 3.043 orang
  • Teknik Pertambandan & Perminyakan : Jumlah kursi 132, jumlah peminat 2.889 orang

Universitas Diponegoro

  • Pendidikan kedokteran : Jumlah kursi 86, peminat 3.647 orang
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat : Jumlah kursi 58, jumlah peminat 2.906 orang
  • Teknik Sipil : Jumlah kursi 70, jumlah peminat 2.774 orang

Kamu bisa melihat langsung data prodi, ketersediaan kursi, dan jumlah peminat melalui laman resmi SBMPTN.

Bagaimana dengan Soshum ?

Ilmu Hukum, Manajemen dan Psikologi adalah prodi yang memiliki tingkat persaingan sangat tinggi.

Universitas Diponegoro

  • Ilmu  Hukum : Jumlah kursi 86, peminat 3.647 orang
  • Manajemen : Jumlah kursi 105, jumlah peminat 3.447 orang
  • Psikologi : Jumlah kursi 85, jumlah peminat 2.776 orang

Universitas Gadjah Mada

  • Ilmu Hukum : Jumlah kursi 124, peminat 3.584 orang
  • Psikologi : Jumlah kursi 96, jumlah peminat 3.457 orang
  • Manajemen : Jumlah kursi 52, jumlah peminat 3.045 orang

Universitas Indonesia

  • Ilmu Hukum : Jumlah kursi 175, peminat 4.297 orang
  • Manajemen : Jumlah kursi 136, jumlah peminat 4.159 orang
  • Psikologi : Jumlah kursi 140, jumlah peminat 3.843 orang

Dicatat ya data – data ini. Selamat mempersiapkan diri !

Bonus : Sebenarnya berapa jumlah peminat dan yang diterima di SBMPTN dari tahun ke tahun ?

SBMPTN adalah salah satu jalur kamu bisa menjadi mahasiswa di kampus dan jurusan impianmu. Karena adanya pengurangan kuota SNMPTN, maka SBMPTN pun bertambah kuotanya

Bagaimana ya tren kenaikan peserta dari tahun ke tahun ??

  • Tahun 2013, jumlah peserta 585.789, 109.853 orang (18,7 % )
  • Tahun 2014, jumlah peserta 664.509, diterima 104.682 orang (15,75 %)
  • Tahun 2015, jumlah peserta 693.185 , diterima 115.788 orang (16,70 %)
  • Tahun 2016, jumlah peserta 721.326, diterima 126.804 orang (17,57%)
  • Tahun 2017, jumlah peserta 797.738, diterima 148.066 orang (14,36%)
  • Tahun 2018, jumlah peserta 860.001 orang, diterima 165.831 orang (19,28%)

Kalau dilihat dari trennya, peserta selalu naik jumlahnya 9-10 % nih. Berarti diperkirakan pada tahun 2019, jumlah peserta bisa mencapai 946.000 orang !

Wah, banyak ya. Hampir satu juga lho. Ini tantangan buat kamu nih. Makanya, jangan lupa belajar dan memersiapkan diri dari sekarang ya !

Semoga artikel ini bermanfaat buat membantu persiapan kamu

9 Hal Terpenting di SBMPTN 2019

9 Hal Terpenting di SBMPTN 2019

Hal Terpenting di SBMPTN 2019

Gak kerasa ya buat kelas 12, satu semester sudah akan berlalu, dan persiapan menuju SBMPTN 2019 sudah akan dimulai

Sudah banyak yang mulai intensif di bimbel, les privat, belajar kelompok, dan lain sebagainya

Nah, setelah mengejutkan kita dengan sistem penilaian baru di SBMPTN 2018, akan ada yang seru nih di SBMPTN 2019

Seru dalam artian : Yah ! Kok ada perubahan lagi sih !

Iya, akan ada beberapa perubahan ( malah sebenarnya disebut hal baru sih ) pada SBMPTN 2019

Salman sajikan buat kamu

9 Hal Terpenting di SBMPTN 2019

 

1. Di SBMPTN 2019  Cuma akan ada Ujian Tertulis Berbasis Komputer

Intinya sih begini, untuk persiapan menghadapi SBMPTN 2019, kamu sudah harus siap dari sekarang menghadapi ujian berbasi komputer ya

Bahkan juga akan dipertimbangkan ujian berbasis aplikasi android

 

2. Sebelum bersiap soal SBMPTN, ketahui juga nasib SNMPTN 2019

Tentu kamu pun ingin secepatnya masuk kampus impian. Siapapun ingin

Nah, lulus dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNPMTN ) tentu menjadi impian setiap kelas 12 pesertanya

Sayangnya, kuota kelulusan dari SNMPTN akan turun menjadi hingga 20% saja pada tahun 2019 nanti

Sedangkan, SBMPTN setidaknya akan memiliki kuota 40%. Kuota mandiri ditetapkan maksimal adalah 30%

Dengan begitu, maksimal SBMPTN akan berkuota 50%

Kesempatan apa kesempatan nih ?

Baca Juga :

Jadwal – Jadwal Penting Kelas 12 Di Tahun 2019

 

Mau kuliah di kampus dan jurusan impian kamu ?

Pendaftaran Super Camp SBMPTN sudah dibuka ! Hanya menerima 20 peserta. Tingkat kelulusan 75 %. Daftar lebih awal biaya lebih murah

3. Kampus tidak lagi jadi panitia pelaksana

Mungkin kamu juga sudah tahu kalau kementerian selama ini bekerjasama dengan insitusi kampus untuk melaksanakan SBMPTN

Nah, ditahun 2019 nanti, SBMPTN akan dilaksanakan oleh sebuah lembaga nirlaba yang bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT

Semoga benar – benar nirlaba ya. Eh, tapi ujiannya tetap bayar lho !

 

4. Bisa ikut 2 kali, biayanya Rp200.000 per tes

Jadi, ini termasuk yang revolusioner di SBPMTN 2019

Setiap peserta, termasuk alumni, bisa mengikuti SBMPTN sebanyak 2x!

Ketua Panitia SBMPTN 2018 sekaligus Rektor Universitas Sebelas Maret Ravik Karsidi menyebutkan, peserta dapat menggunakan nilai tertingginya dalam mendaftar program studi yang diinginkan, pada dua kali UTBK, dengan jenis soal akan sama, namun pertanyaannya akan berbeda.

5. SBMPTN 2019 akan dilaksanakan 24 x !

Pak Ravik menambahkan, UTBK akan dilakukan sebanyak 24 kali dalam setahun.

Ini sih maha revolusioner !

Pelaksanaan SBMPTN akan dilaksanakan bulan Maret 2019 dan akan serentak dimulai Pukul 08.00 hingga 13.00

“Kami akan menyelenggarakan UTBK selama 24 kali dalam setahun, dalam waktu 12 hari yakni Sabtu dan Minggu,” jelasnya.

Lho, berarti diadakan sebelum Ujian Nasional ya ?

Betul sekali, kemungkinan besar, SBMPTN 2019 hari pertama akan diadakan sebelum ujian nasional

Jadwal – jadwal tes lainnya kita tunggu pengumuman resmi selanjutnya yaa

Baca juga

Harus Tahu : Begini Mekanisme Pendaftaran SBMPTN 2019

6. Nilai UN tidak ngaruh ke SBMPTN

Seperti tahun ini, nilai UN pun tidak akan menjadi pertimbangan untuk seleksi masuk PTN. UN hanya akan menjadi pertimbangan untuk kelulusan SMA/SMK.

 

7. Materi tesnya 2 jenis

Untungnya yang ini ga berubah, misal tambah tes TOEFL atau IELTS gitu. hehe

Akan tetap ada 2 materi tes di SBMPTN nanti yaitu Tes Potensi Skolastik ( TPS ) dan Tes Kompetensi Akademik ( TKA )

Mungkin TPS itu yang tadinya Tes Kemampuan Dasar ya

Soal TKA juga masih terdiri dari Soshum dan Saintek, tapi…

 

8. Tidak ada lagi tes keterampilan

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau LTMPTN menghapus tes keterampilan pada SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019 jurusan Seni dan Keolahragaan.
 
Kendati demikian, kamu sebagai calon mahasiswa wajib menyertakan portofolio prestasi atau penghargaan yang sesuai dengan jurusan yang akan dilamar.
 
Ketua LTMPTN bapak Ravik Karsidi mengatakan, penghapusan tes keterampilan merupakan bagian dari kebijakan baru yang diterapkan pada seleksi masuk PTN 2019.
 
 Ia mengimbau, pendaftar mulai menyiapkan segala dokumen, baik berupa piagam, sertifikat meskipun belum lulus sekolah.
 
“Yang dulu terdiri atas tes seni dan olah raga, diganti sistem portofolio. Sama seperti pada SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nanti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) juga. Portofolio penting karena untuk menguji bakat tidak dapat diukur hanya dengan hasil UTBK,” 
KLIK GAMBAR

9.  Tes dulu, dapat nilai, baru daftar PTN

Ini Salman tempatin terakhir soalnya mencengangkan. hehe

Jadi, di 2019 nanti, bener – bener ada #2019gantiSBMPTN haha

Di tahun 2018 kan kamu daftar PTN, tes, dapat nilai lalu dapat kepastian lulus atau ngga ya. Tapi, di 2019 ga gitu lagi

Jadi pertama kamu tes nih, terus kan kamu dapad nilai ya. Baru habis itu, kamu daftar deh ke jurusan di kampus yang kamu minati

Kalau berhasil, kamu kuliah sesuai jadwal, jika belum berhasil, kamu ikut ujian lagi di periode selanjutnya. Intinya itu tadi, akan diadakan 24x

Jadi, ada kesempatan yang lebih besar buat kamu diterima di kampus impian

Insya Allah…

 

BONUS :

Berdasarkan informasi dan rilis resminya, dipastikan SBMPTN 2019 akan diadakan di 85 PTN pesertanya

Jika merujuk hal ini, maka ujian tidak lagi diadakan misal di SMA atau kampus – kampus ( negeri dan swasta ) yang jadi mitra

Ujian hanya akan diadakan di 85 PTN tersebut. Misal, Jabodetabek akan diadakan di UI, IPB, UIN Syarif Hidayatullah dan UNJ.

Kita tunggu rilis resminya lagi yaa

Yang penting sih dengan sistem apapun, kamu bersiap belajar aja. Sudah. Fokus. Perubahan apapun tidak dapat mengganggu kamu meraih impian

Berkuliah di jurusan dan kampus idaman

Oh iya, buat kamu yang belum ikutan, yuk gabung di Grup WA, Telegram dan Facebook Info Perguruan Tinggi

Salman rutin berbagi info tentang SBPMTN, Beasiswa dan sebagainya di grup

Klik gambar dibawah ya

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Share informasi ini ke teman - teman yuk