Waspadai Berbagai Hal Yang Jadi Kesalahan Saat Mendaftar SNMPTN Ini

Waspadai Berbagai Hal Yang Jadi Kesalahan Saat Mendaftar SNMPTN Ini

Mungkin karena gugup atau terburu – buru ? Ternyata proses pendaftaran yang simple pun tidak menghilangkan kesalahan – kesalahan saat mendaftar SNMPTN.

Di artikel ini Salman merangkum berbagai kesalah yang umum terjadi saat mendaftar SNMPTN. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi yang tepat.

Perlu soal SBMPTN buat persiapan latihan ? Silahkan download gratis disini.

Yuk kita mulai.

 

Apa saja sih kesalahan – kesalahan saat mendaftar SNMPTN ?

Kesalahan nomor 1. Menunda daftar

Wah ini mah parah.

Rentang waktu pendaftaran SNMPTN itu kan cukup panjang ya ? Mulai dari 14 Januari – 10 Februari 2017 saat kamu mengisi PDSS. Hingga 21 Februari – 6 Maret 2017 kamu sudah bisa mendaftar SNMPTN.

Lah, kok bisa menunda – nunda ? Bingung menentukan pilihan ?

Seharusnya kamu sudah mendaftar lebih awal dong. Kan, kamu sudah punya waktu setidaknya dua tahun untuk mempersiapkan diri.

Mulai dari mempersiapkan pilihan hingga berbagai berkas. Apakah itu rapot atau berbagai sertifikat prestasi.

Kamu juga harus memperhatikan bahwa :

  1. Pilihan maksimal adalah  2 (dua) PTN.
  2. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan provinsi SMA kamu.
  3. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  4. Kamu dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan 1 (satu) PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  5. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
Klik untuk mendapatkan informasi program

Kesalahan nomor 2. Foto tak sesuai ketentuan

SNMPTN itu hal yang serius lho… Jadi, kalau kamu main – main, pasti fatal dampaknya.

Misal dalam hal foto. Identitas foto mu akan dipakai saat verifikasi kelulusan. Karena itu, pastikan untuk memenuhi semua ketentuan saat upload foto.

Bagaimana sih ketentuan foto yang benar itu ?

  1. Pakai pasfoto formal, bukan foto santai bergaya alay. Apalagi foto kartun favorit kamu (ini serius beneran ada lho yang begini!). Foto kan sekarang gampang ya ? Apakah pakai HP maupun ke studio foto.
  2. Ikuti ketentuan warna latar belakang foto yang benar.
  3. Sesuaikan ukuran foto yang diunggah dengan yang diminta sistem.

Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait foto

  • Ukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 400 x 600 pixel (± 250 dpi) dalam format JPG atau PNG.
  • Ukuran file tidak boleh lebih dari 100 KB.
  • Kualitas gambar harus cukup tajam dan fokus.
  • Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera.
  • Proporsi wajah 25% – 50% dari foto.
  • Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen
  • Kepala terletak di tengah secara horisontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan)

Nih contoh yang benar ya. Kalau kamu sudah punya KTP, yah, contoh saja foto dalam KTP kamu ya 🙂

Foto untuk SNMPTN yang benar
Contoh pas foto yang benar

 

Beneran lho, banyak banged foto – foto aneh yang digunain buat daftar SNMPTN.  Kesalahan saat mendaftar SNMPTN yang satu ini memang ada – ada aja sih.

 

Kesalahan nomor 3. Tidak mempersiapkan diri untuk gagal

Eh, kok ada poin ini ?

Lho, ini penting lho. Tidak hanya perlu manajemen kesuksesan, kamu juga harus punya manajemen kegagalan.

Boleh, kamu boleh yakin akan sukses di SNMPTN. Tapi, kan keputusan kesuksesannya bukan di kamu ?

Kamu tidak tahu kan bagaimana berkas – berkas mu diseleksi seperti apa ?

Kamu tidak tahu kan seberapa banyak saingan dalam pilihan mu ?

 

[bctt tweet=”Karena itu, mempersiapkan untuk gagal sama pentingnya dengan mempersiapkan untuk berhasil ” username=”salmanedukasi”]

 

Kembali kepada jadwal, SNMPTN akan diumumkan pada tanggal 26 April 2017. Dengan kata lain, seandainya kamu lengah, kamu cuma punya persiapan tidak sampai sebulan untuk SBMPTN.

Jadi, ada baiknya kamu tidak lengah, sambil menunggu proses SNMPTN kamu bisa

Serius deh. Bahkan setelah SBMPTN pun kamu tidak boleh lengah dulu. Masih bisa ikut Ujian Mandiri. Maka kamu ikut lah!

Kelas 12 memang masa – masa yang amat penting buat hidup seseorang. Makanya banyak ujiannya begini. Ujian dalam arti sesungguhnya.

Jadi, buat kelas 12 yang menyesali kegagalannya… Salman cuma bisa bilang prihatin.

Kegagalan kan bukan cuma buat disesali. Tapi, bagaimana kamu bangkit lagi dan mengambil langkah – langkah selanjutnya.

Kalau kamu sampai menyesal melakukan kesalahan saat mendaftar SNMPTN, yah, wassalam deh.

Penyesalan memang selalu datang di akhir. Kalau di awal mah namanya pendaftaran ! 😀

Sekarang saatnya kamu mempersiapkan diri !

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap