Jangan Bingung. Ini Beda SNMPTN, UTBK, SBMPTN & Ujian Mandiri

Jangan Bingung. Ini Beda SNMPTN, UTBK, SBMPTN & Ujian Mandiri

perbedaan snmptn sbmptn ujian mandiri

Walau sudah mau tahun 2020, ternyata masih ada lho anak kelas 12 yang belum tahu bedanya SNMPTN, UTBK, SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Tapi, gapapa. Nih Salman jelasin lagi ya. hehe

Pertama dari definisi jalur seleksinya

SNMPTN alias Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan kriteria nilai pada sekolah masing – masing dan/atau portofolio prestasi masing – masing pelajar itu

Jadi, apa yang kamu lakukan saat di SMA / MA itu menentukan banged apakah kamu bakal diterima di PTN apa ngga

Kemudian ada SBMPTN alias Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri.

SBMPTN ini seleksinya berdasarkan Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) yang diadakan serentak se-Indonesia, sesuai hari yang dipilih.

Update tahun 2020, kamu cuma bisa ikut 1x UTBK, gak kaya tahun 2019 lalu waktu kamu punya 2x kesempatan

Selain itu, kalau kamu sudah lulus ke  PTN pilihan lewat jalur SBMPTN, kamu gak akan bisa ikut UTBK, apalagi SBMPTN, apalagi Ujian Mandiri karena data – data kamu sudah terverifikasi lulus sebagai mahasiswa PTN

Ketahui lebih lanjut tentang hal ini di artikel berikut ya

Kemudian ada Ujian Mandiri

Kalau SNMPTN, UTBK dan SBMPTN wewenangnya ada pada kementerian ( negara ) Ujian Mandiri ini hak otonomnya ada di masing – masing PTN

Pemerintah cuma mengatur kuotanya aja

Kuota daya tampung setiap daya tampung prodi yaitu
  1. SNMPTN 20 persen dari daya tampung prodi.
  2. SBMPTN 40 persen
  3. Ujian Mandiri paling banyak 30 persen

Persyaratan dan Jadwal SNMPTN, UTBK, SBPMTN dan Ujian  Mandiri

1. SNMPTN

A. Persyaratan

  • Peserta Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisi di PDSS
  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio

B. Pilihan program studi

  • Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
  • Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)

C. Jadwal kegiatan SNMPTN 2020

  • Registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.:  2 Desember 2019 – 7 Januari 2020
  • Pengisian PDSS: 13 Januari – 6 Februari 2020
  • Pemeringkatan siswa oleh sekolah: 13 Januari – 6 Februari 2020
  • Pengumuman siswa yang Eligible untuk mendaftar SNMPTN: 13 Januari – 6 Februari 2020
  • Pendaftaran SNMPTN: 11-25 Februari 2020
  • Pengumuman hasil SNMPTN: 4 April 2020

2. UTBK

A. Persyaratan

  • Khusus untuk UTBK 2020 ini dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat.
  • Bisa juga bagi lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.

B. Jadwal UTBK 2020:

  • Registrasi akun LTMPT 7: Februari – 5 April 2020.
  • Pendaftaran UTBK: 30 Maret – 11 April 2020.
  • Pelaksanaan UTBK: 20-26 April.
  • Pengumuman: 12 Mei 2020

3. SBMPTN

A. Persyaratan peserta

  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah.
  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah.
  • Memiliki nilai UTBK.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi
  • Memiliki NISN.
  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio
  • Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah

B. Jadwal SBMPTN

  • Pendaftaran: 2-13 Juni 2020.
  • Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN pukul 15.00 WIB pada 30 Juni 2020

4. Seleksi Mandiri

Cukup banyak PTN yang mengadakan ujian mandiri : UI, UGM, Undip, UNS, Unsoed, ITS, UB, dan seterusnya

( ITB ngadain ga ya tahun 2020 ? )

Terdapat 2 mekanisme seleksi yaitu :

  1. Menggunakan nilai UTBK 2020
  2. Menggunakan seleksi tertulis / komputer pada masing – masing PTN

Untuk materi dan tata cara ujian mandiri berbeda-beda, tergantung universitas dan jurusan masing-masing.

Semoga informasi ini bermanfaat ya !

Update terus kabar mu

Kami rutin mengirimkan info soal info masuk PTN, beasiswa dan berbagai tips lho

Dapatkan Info Rutin & Eksklusif

Tentang jalur masuk PTN, Beasiswa dan tips bermanfaaat

Powered by Kirim.Email

2 Fakta Utama di Pengumuman SNMPTN 2017

2 Fakta Utama di Pengumuman SNMPTN 2017

Kalau nulis tentang pengumuman SNMPTN 2017 tuh enak ga enak. Enak nya kan Salman pengen ya nyampein info ke kamu dan teman – teman. Tapi, ga enak juga kalau kamu salah satu yang belum beruntung…

Apapun itu, seandainya kamu gak lulus SNMPTN, jangan berkecil hati ya. Kenapa ? Soalnya percuma.

Kalau kamu berkecil hati, apalagi sampai ngedown dan malas belajar, wah parah banged. Soalnya, mau ngedown pun kamu sebenarnya masih punya setidaknya dua kesempatan lagi. Kamu masih bisa jadi mahasiswa di kampus dan jurusan impian kamu lewat SBMPTN dan ujian mandiri.

Ngomong – ngomong soal pengumuman SNMPTN tahun 2017 ini, kamu sudah tahu belum 2 fakta di bawah ini ?

 

1. Jumlah pendaftarnya menurun

Iya lho. Ternyata pendaftar SNMPTN tahun ini menurun. Pada 2015, jumlah pendaftar sebanyak 852.093 orang. Tahun 2016, jumlah pendaftar 645.202 orang dan tahun ini 517.116 orang.

Nah, di pengumuman SNMPTN 2017 ini, dari 893.323 siswa SMA di seluruh Indonesia yang mengikuti SNMPTN, hanya 101.906 yang lolos seleksi.

Kenapa ya kira – kira pesertanya turun ?

Kalau menurut Salman sih ya, adek kelas dari pelajar yang lolos SNMPTN sebelumnya itu belum tentu termotivasi lho. Bisa jadi mereka malah jiper duluan ngeliat kakak kelasnya diterima di jurusan A atau B.

Yang kedua, bisa jadi para peserta tahun ini sudah mengetahui info kalau kuota SNMPTN kan diturunkan ya. Malah, bisa jadi akan diturunkan lagi di tahun – tahun mendatang.

Yang Salman tahu, ada dua alasan dari pengurangan kuota SNMPTN tersebut antara lain :

1. Nilai originalitas nilai rapot diragukan

Ini sudah bukan rahasia lagi ya ? Katanya sih, nilai rapot di sekolah itu banyak disesuaikan untuk kepentingan SNMPTN sekolah yang bersangkutan. Kalau menurut kamu gimana ?

2. Prestasi mahasiswa dari SNMPTN kurang baik secara umum

Ada pendapat dari seorang ahli bahwa mahasiswa yang diterima dari SNMPTN, prestasinya relatif kalah dari mahasiswa jalur SBMPTN. Apa karena anak SNMPTN kelamaan libur menunggu waktu masuk kuliah ya ?

Namun, kalau menurut Intan Ahmad dari Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, penurunan tersebut merupakan dampak dari persyaratan akreditasi sekolah.

“Memang ada perubahan penerimaan. Untuk sekolah dengan akreditasi A, dari 75 persen jadi 50 persen. Akreditasi B, dari 50 jadi 30 persen dan akreditasi C itu 10 persen”

Klik untuk mendownload

 

2. Universitas Padjadjaran masih paling dicintai

Fakta selanjutnya dari pengumuman SNMPTN 2017 berkaitan dengan kampus Universitas Padjadjaran.

Dari tahun ke tahun, Unpad menjadi kampus paling diminati oleh pelajar di SNMPTN. Nah, ternyata tahun ini juga lho.

Tahun ini, Universitas Padjadjaran berada di urutan pertama dari jumlah peminat dengan jumlah pendaftar 39.388 orang.

Di pengumuman SNMPTN 2017, Berdasarkan data yang diperoleh dari Kemenristek Dikti, urutan selanjutnya adalah

  • Universitas Brawijaya dengan jumlah pendaftar 33.950
  • Universitas Diponegoro 32.085 peserta
  • Universitas Sumatera Utara 31.940 peserta
  • Universitas Gadjah Mada 31.814 peserta
  • Universitas Sebelas Maret 29.473 peserta
  • Universitas Negeri Semarang 28.864 peserta
  • Universitas Pendidikan Indonesia 26.990 peserta
  • Universitas Hasanuddin 25.031 peserta
  • Universitas Negeri Yogyakarta 23.838 peserta
Porgram intensif SBMPTN Salman Edukasi
Klik gambar untuk melihat informasi program

 

Pada pengumuman SNMPTN 2017 kemarin, Unpad meloloskan 2.369 peserta atau sekira 6,08% dari total pendaftar.

Ngomong-ngmomong, jurusan apa sih yang paling diminati di Unpad ? Ah, kamu mah sudah bisa nebak. Paling FK ? Hehe

Bener banged. Program studi Kedokteran menjadi prodi dengan jumlah peminat tertinggi, yaitu 3.769 orang. Setelah kedokteran ada

  • manajemen dengan 3.194 peminat
  • farmasi dengan 3.128 peminat
  • ilmu komunikasi sebanyak 2.786 peminat
  • Akuntansi 2.690 peminat
  • psikologi 2.626 peminat
  • ilmu keperawatan 2.468 peminat
  • ilmu hukum 2.221 peminat
  • teknik informatika 2.022 peminat

Eh, kamu penasaran ga sih ? Apakah karena Unpad jadi kampus paling diminati di SNMPTN, terus pelajar Jawa Barat yang paling banyak lulus di pengumuman SNMPTN 2017 ?

[bctt tweet=”Ternyata ngga lho, malahan Jawa Timur provinsi dengan jumlah kelulusan pelajar di SNMPTN terbanyak” username=”salmanedukasi”]

Secara lengkap urutannya adalah

  1. Jawa Timur
  2. Jawa Barat
  3. Jawa Tengah
  4. Sumatera Utara
  5. Aceh
  6. Sulawesi Selatan
  7. DKI Jakarta
  8. Sumatera Barat
  9. Sulawesi Tenggara
  10. Riau

Sayangnya Salman belum dapat data jumlah lulusannya nih. Nanti kami update artikel ini yaa.

 

Apa yang tersisa dari pengumuman SNMPTN 2017 ?

Pengumuman SNMPTN 2017 memberikan kabar gembira bagi sebagian peserta, dan menyisakan kegundahan di sebagian yang lain. Untuk mereka yang masih ga bisa move on, Salman cuma ngingetin, nanti kamu nyesel.

Tidak berapa lama dari pengumuman SNMPTN 2017, akan ada ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. Dihitung – hitung, kamu cuma punya waktu sekitar 2 minggu untuk melakukan persiapan.

Lah, kalau gundah terus, kapan belajarnya ? Nanti pas menghadapi SBMPTN, gagal lagi, gundah lagi. Gitu terus aja sampai UI pindah ke Palangkaraya, calon ibukota baru.

Daripada begitu, Salman menyarankan kamu beberapa hal berikut :

  1. Move on dan segera berbenah diri
  2. Lihat dan ingat target hidup kamu tahun ini, mau kuliah dimana ?
  3. Ambil buku – buku latihan soal SBMPTN kamu, segera latihan soal
  4. Buat manajemen waktu yang baik antara latihan soal, ikut try out, dan istirahat
  5. Ikuti les privat atau program bimbel intensif SBMPTN kalau perlu
  6. Milikilah komitmen untuk menjalani rencana – rencana yang kamu susun ini. Setidaknya persiapkan juga rencana untuk ujian mandiri

Baca informasi mengenai SBMPTN di artikel Salman sebelumnya ini ya

Mengenai ujian mandiri, beberapa kampus sudah melakukan pengumuman. Antara lain :

Silahkan berkunjung ke website – website tersebut untuk melihat informasi ujian mandiri masing – masing kampus ya.

Tahun ini, pengumuman SNMPTN 2017 telah dilakukan. Apa yang terjadi pada tahun ini tentu dapat menjadi motivasi para pelajar kelas 10 dan 11 untuk terus berprestasi. Agar keinginan mereka kuliah di kampus dan jurusan impian dapat terwujud.

Semoga tahun depan SNMPTN makin baik lagi. Walau sayangnya, kuota dan pesertanya terus menurun… Dan, apakah tahun depan Unpad masih menjadi yang paling dicintai ?

Layak kita tunggu 🙂

Jangan lupa sebarkan artikel ini ke teman – teman kamu ya

 

 

9 Kriteria Ini Akan Buat Kamu Akan Diterima SNMPTN. Apa Saja Sih ?

9 Kriteria Ini Akan Buat Kamu Akan Diterima SNMPTN. Apa Saja Sih ?

Banyak yang bilang kalau diterima SNMPTN itu misterius. Hoki-hokian. Kamu percaya ?

Kalau Salman sih engga.

Ya ga mungkin lah kalau hal sepenting nasib orang banyak begini, panitia SNMPTN tebak – tebakan ngelulusin peserta.

Pasti mereka punya kriteria. Nah, mindset yang benar itu, harusnya kamu mau mawas diri soal kriteria kelulusan tersebut.

[bctt tweet=”Apa saja sih kriteria yang akan membuat kamu diterima SNMPTN ?” username=”salmanedukasi”]

Berdasarkan penelusuran manajemen Salman ke berbagai sumber, ada 9 kriteria yang menyebabkan kamu diterima SNMPTN.

Apa saja 9 kriteria kamu akan diterima SNMPTN sih ?

Silahkan baca sampai selesai dan sebarkan ke teman – teman ya

 

Kriteria 1. Nilai Rapor

Nah, ini yang paling penting. Tentu saja nilai rapot kamu!

Gak mungkin lah misal kamu berprestasi ogah – ogahan terus milih FK UI di SNMPTN. Terus punya keyakinan akan diterima.

Lha itu kamu beneran mimpi di siang bolong namanya!

Secara umum, nilai rapor mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional (UN)yang menjadi acuan penerimaan.

Nah, kalau ada dua peserta ingin dibandingkan di SNMPTN oleh panitia, maka secara umum akan dilihat nilai total rapor mereka.

Kalau nilai kamu benar – benar parah, mending segera siap – siap SBMPTN aja deh biar ga nyesel.

Download kumpulan Soal SBMPTN
Klik untuk mendownload

Kriteria 2. Nilai per Mata Pelajaran

Ilustrasinya begini nih

Misal si Alan dan Budi mengambil jurusan Teknik Industri di kampus yang sama. Tapi, secara peringkat, nilai Fisika si Alan kalah dari nilai Budi.

Di kasus ini, si Budi lebih kompetitif untuk dapat diterima di jurusan Teknik Industri kampus tersebut.

Mudah kan logika nya ?

Kriteria 3. Konsistensi Nilai

Yang dimaksud dengan konsistensi disini adalah, kamu tidak pernah keluar dari peringkat kelas. Setidaknya 50% dari kelas dari semester tiga hingga lima.

Jadi, sewaktu kamu mendaftar SNMPTN, harusnya sih kamu sudah lihat fluktuasi nilai dan peringkat kamu di kelas ya.

Kalau sedari awal sudah ada gambaran, terus dibandingkan dengan teman yang ambil jurusan di kampus yang sama, kamu bisa mutusin lanjut atau ngga di jurusan tersebut.

Kriteria 4. Prestasi Akademis dan Non Akademis

Sebutlah kamu termasuk pelajar yang banyak kegiatan di luar dan berprestasi. Wah, kamu punya peluang lebih baik tuh dalam diterima SNMPTN.

Tapi, ya tetap, faktir diterima SNMPTN nya kamu itu ya harus memperhatikan terlebih dahulu nilai dan jurusan yang dipilih ya.

Jangan berprestasi diluar doang eh di sekolah berantakan gitu nilai rapot. Wassalam deh.

Ingat untuk menyertakan sertifikat kompetisi yang kamu terima sewaktu mendaftar SNMPTN ya. Plus, jangan sampai melakukan kesalahan waktu input data.

Kriteria 5. Akreditasi Sekolah

Prestasi sekolah di ajang-ajang kompetisi atau peringkat akreditasi sekolah juga menjadi pertimbangan pihak universitas dalam memilih siswa.

Nah, khusus terkait akreditasi ini, memang terdapat sedikit perubahan antara tahun 2016 dan tahun 2017.

  • Sekolah akreditas A bisa mengirim 75 persen terbaik di sekolahnya, sekarang turun menjadi 50 persen.
  • Akreditasi B sebesar 30% terbaik di sekolahnya yang sebelumnya boleh 50%.
  • Akreditasi C pada 2017 hanya boleh sebesar 10% terbaik di sekolahnya.
  • Sekolah yang belum terakreditasi, hanya 5% terbaik di sekolahnya dari sebelumnya 10%.

 

Kriteria 6. Prioritas Pemilihan Jurusan

Penentuan prioritas jurusan yang kamu pilih itu ngaruh banged lho.

Gak percaya ? Nih, info langsung dari panitia SNMPTN

  1. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN.
  2. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  3. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan 1 (satu) PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  4. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Jadi, pastikan kamu mengurutkan dengan benar pilihan mu ya.

 

Kriteria 7. Jumlah dan Prestasi Alumni Sekolah Kamu Di PTN

Kalau alumni kamu cukup banyak di kampus apalagi jurusan yang kamu pilih, wah itu faktor plus banged.

Ada tapinya nih,

Berdasarkan penelitian tim evaluasi SNMPTN, terungkap bahwa mahasiswa yang masuk lewat SNMPTN cuma 30-35 persen saja yang IPK-nya aman, atau di kisaran 2,5-4,0.

Angka mereka masih kalah dengan IPK mahasiswa yang lewat masuk lewat SBMPTN.

“Karena itu, tes tertulis untuk masuk PTN dianggap paling obyektif, meskipun sebenernya informasinya tidak sekaya nilai rapor,” 

Hal ini salah satu penyebab adanya usulan penghapusan SNMPTN lho.
 

Super Camp SBMPTN
Program intensif persiapan SBMPTN

Kriteria 8. Faktor Pengembangan SDM

Pada PTN dan jurusan tertentu, kepentingan jangka panjang masyarakat sekitar bisa jadi pertimbangan besar memutuskan seseorang diterima SNMPTN lho.

Untuk beberapa jurusan bisa jadi malah hanya menerima putra daerah agar selepas lulus bisa menerapkan ilmu nya di masyarakat.

Tapi, memang seharusnya begini kan ? Masa ilmu kita yang sedemikian tinggi tidak terlebih dahulu diberdayakan untuk kebaikan masyarakat sekitar sih ?

Kriteria 9. Aturan Khusus Tiap PTN

Ini adalah kriteria terakhir seseorang diterima SNMPTN. Tapi, ya agak subjektif sih.

Soalnya ini sifatnya masing – masing PTN berbeda. Terutama terkait syarat keterampilan tertentu misal untuk jurusan kesenian dan olahraga.

Selain itu, ada juga PTN yang mensyaratkan kemampuan pembiayaan biaya kuliah sang mahasiswa. Alhamdulillah, sekarang Beasiswa Bidikmisi banyak membantu mahasiswa yang kesulitan ya ?

Jangan sampai menyerah karena biaya teman – teman.

Andai setelah ini pun, kamu tidak diterima SNMPTN, jangan khawatir teman, kamu masih punya jalan.

Masih ada SBMPTN, USM STAN, dan berbagai Ujian Mandiri.

Pertanyaannya adalah kamu siap berjuang lagi ga ? Siap belajar lagi ? Siap buka buku lagi ?

Karena, puncak adalah milik para pemenang yang memang layak mendapatkannya.

Kamu kan orang nya ?

Waspadai Berbagai Hal Yang Jadi Kesalahan Saat Mendaftar SNMPTN Ini

Waspadai Berbagai Hal Yang Jadi Kesalahan Saat Mendaftar SNMPTN Ini

Mungkin karena gugup atau terburu – buru ? Ternyata proses pendaftaran yang simple pun tidak menghilangkan kesalahan – kesalahan saat mendaftar SNMPTN.

Di artikel ini Salman merangkum berbagai kesalah yang umum terjadi saat mendaftar SNMPTN. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi yang tepat.

Perlu soal SBMPTN buat persiapan latihan ? Silahkan download gratis disini.

Yuk kita mulai.

 

Apa saja sih kesalahan – kesalahan saat mendaftar SNMPTN ?

Kesalahan nomor 1. Menunda daftar

Wah ini mah parah.

Rentang waktu pendaftaran SNMPTN itu kan cukup panjang ya ? Mulai dari 14 Januari – 10 Februari 2017 saat kamu mengisi PDSS. Hingga 21 Februari – 6 Maret 2017 kamu sudah bisa mendaftar SNMPTN.

Lah, kok bisa menunda – nunda ? Bingung menentukan pilihan ?

Seharusnya kamu sudah mendaftar lebih awal dong. Kan, kamu sudah punya waktu setidaknya dua tahun untuk mempersiapkan diri.

Mulai dari mempersiapkan pilihan hingga berbagai berkas. Apakah itu rapot atau berbagai sertifikat prestasi.

Kamu juga harus memperhatikan bahwa :

  1. Pilihan maksimal adalah  2 (dua) PTN.
  2. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan provinsi SMA kamu.
  3. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  4. Kamu dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan 1 (satu) PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  5. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
Klik untuk mendapatkan informasi program

Kesalahan nomor 2. Foto tak sesuai ketentuan

SNMPTN itu hal yang serius lho… Jadi, kalau kamu main – main, pasti fatal dampaknya.

Misal dalam hal foto. Identitas foto mu akan dipakai saat verifikasi kelulusan. Karena itu, pastikan untuk memenuhi semua ketentuan saat upload foto.

Bagaimana sih ketentuan foto yang benar itu ?

  1. Pakai pasfoto formal, bukan foto santai bergaya alay. Apalagi foto kartun favorit kamu (ini serius beneran ada lho yang begini!). Foto kan sekarang gampang ya ? Apakah pakai HP maupun ke studio foto.
  2. Ikuti ketentuan warna latar belakang foto yang benar.
  3. Sesuaikan ukuran foto yang diunggah dengan yang diminta sistem.

Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait foto

  • Ukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 400 x 600 pixel (± 250 dpi) dalam format JPG atau PNG.
  • Ukuran file tidak boleh lebih dari 100 KB.
  • Kualitas gambar harus cukup tajam dan fokus.
  • Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera.
  • Proporsi wajah 25% – 50% dari foto.
  • Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen
  • Kepala terletak di tengah secara horisontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan)

Nih contoh yang benar ya. Kalau kamu sudah punya KTP, yah, contoh saja foto dalam KTP kamu ya 🙂

Foto untuk SNMPTN yang benar
Contoh pas foto yang benar

 

Beneran lho, banyak banged foto – foto aneh yang digunain buat daftar SNMPTN.  Kesalahan saat mendaftar SNMPTN yang satu ini memang ada – ada aja sih.

 

Kesalahan nomor 3. Tidak mempersiapkan diri untuk gagal

Eh, kok ada poin ini ?

Lho, ini penting lho. Tidak hanya perlu manajemen kesuksesan, kamu juga harus punya manajemen kegagalan.

Boleh, kamu boleh yakin akan sukses di SNMPTN. Tapi, kan keputusan kesuksesannya bukan di kamu ?

Kamu tidak tahu kan bagaimana berkas – berkas mu diseleksi seperti apa ?

Kamu tidak tahu kan seberapa banyak saingan dalam pilihan mu ?

 

[bctt tweet=”Karena itu, mempersiapkan untuk gagal sama pentingnya dengan mempersiapkan untuk berhasil ” username=”salmanedukasi”]

 

Kembali kepada jadwal, SNMPTN akan diumumkan pada tanggal 26 April 2017. Dengan kata lain, seandainya kamu lengah, kamu cuma punya persiapan tidak sampai sebulan untuk SBMPTN.

Jadi, ada baiknya kamu tidak lengah, sambil menunggu proses SNMPTN kamu bisa

Serius deh. Bahkan setelah SBMPTN pun kamu tidak boleh lengah dulu. Masih bisa ikut Ujian Mandiri. Maka kamu ikut lah!

Kelas 12 memang masa – masa yang amat penting buat hidup seseorang. Makanya banyak ujiannya begini. Ujian dalam arti sesungguhnya.

Jadi, buat kelas 12 yang menyesali kegagalannya… Salman cuma bisa bilang prihatin.

Kegagalan kan bukan cuma buat disesali. Tapi, bagaimana kamu bangkit lagi dan mengambil langkah – langkah selanjutnya.

Kalau kamu sampai menyesal melakukan kesalahan saat mendaftar SNMPTN, yah, wassalam deh.

Penyesalan memang selalu datang di akhir. Kalau di awal mah namanya pendaftaran ! 😀

Sekarang saatnya kamu mempersiapkan diri !