2 Fakta Utama di Pengumuman SNMPTN 2017

2 Fakta Utama di Pengumuman SNMPTN 2017

Kalau nulis tentang pengumuman SNMPTN 2017 tuh enak ga enak. Enak nya kan Salman pengen ya nyampein info ke kamu dan teman – teman. Tapi, ga enak juga kalau kamu salah satu yang belum beruntung…

Apapun itu, seandainya kamu gak lulus SNMPTN, jangan berkecil hati ya. Kenapa ? Soalnya percuma.

Kalau kamu berkecil hati, apalagi sampai ngedown dan malas belajar, wah parah banged. Soalnya, mau ngedown pun kamu sebenarnya masih punya setidaknya dua kesempatan lagi. Kamu masih bisa jadi mahasiswa di kampus dan jurusan impian kamu lewat SBMPTN dan ujian mandiri.

Ngomong – ngomong soal pengumuman SNMPTN tahun 2017 ini, kamu sudah tahu belum 2 fakta di bawah ini ?

 

1. Jumlah pendaftarnya menurun

Iya lho. Ternyata pendaftar SNMPTN tahun ini menurun. Pada 2015, jumlah pendaftar sebanyak 852.093 orang. Tahun 2016, jumlah pendaftar 645.202 orang dan tahun ini 517.116 orang.

Nah, di pengumuman SNMPTN 2017 ini, dari 893.323 siswa SMA di seluruh Indonesia yang mengikuti SNMPTN, hanya 101.906 yang lolos seleksi.

Kenapa ya kira – kira pesertanya turun ?

Kalau menurut Salman sih ya, adek kelas dari pelajar yang lolos SNMPTN sebelumnya itu belum tentu termotivasi lho. Bisa jadi mereka malah jiper duluan ngeliat kakak kelasnya diterima di jurusan A atau B.

Yang kedua, bisa jadi para peserta tahun ini sudah mengetahui info kalau kuota SNMPTN kan diturunkan ya. Malah, bisa jadi akan diturunkan lagi di tahun – tahun mendatang.

Yang Salman tahu, ada dua alasan dari pengurangan kuota SNMPTN tersebut antara lain :

1. Nilai originalitas nilai rapot diragukan

Ini sudah bukan rahasia lagi ya ? Katanya sih, nilai rapot di sekolah itu banyak disesuaikan untuk kepentingan SNMPTN sekolah yang bersangkutan. Kalau menurut kamu gimana ?

2. Prestasi mahasiswa dari SNMPTN kurang baik secara umum

Ada pendapat dari seorang ahli bahwa mahasiswa yang diterima dari SNMPTN, prestasinya relatif kalah dari mahasiswa jalur SBMPTN. Apa karena anak SNMPTN kelamaan libur menunggu waktu masuk kuliah ya ?

Namun, kalau menurut Intan Ahmad dari Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, penurunan tersebut merupakan dampak dari persyaratan akreditasi sekolah.

“Memang ada perubahan penerimaan. Untuk sekolah dengan akreditasi A, dari 75 persen jadi 50 persen. Akreditasi B, dari 50 jadi 30 persen dan akreditasi C itu 10 persen”

Klik untuk mendownload

 

2. Universitas Padjadjaran masih paling dicintai

Fakta selanjutnya dari pengumuman SNMPTN 2017 berkaitan dengan kampus Universitas Padjadjaran.

Dari tahun ke tahun, Unpad menjadi kampus paling diminati oleh pelajar di SNMPTN. Nah, ternyata tahun ini juga lho.

Tahun ini, Universitas Padjadjaran berada di urutan pertama dari jumlah peminat dengan jumlah pendaftar 39.388 orang.

Di pengumuman SNMPTN 2017, Berdasarkan data yang diperoleh dari Kemenristek Dikti, urutan selanjutnya adalah

  • Universitas Brawijaya dengan jumlah pendaftar 33.950
  • Universitas Diponegoro 32.085 peserta
  • Universitas Sumatera Utara 31.940 peserta
  • Universitas Gadjah Mada 31.814 peserta
  • Universitas Sebelas Maret 29.473 peserta
  • Universitas Negeri Semarang 28.864 peserta
  • Universitas Pendidikan Indonesia 26.990 peserta
  • Universitas Hasanuddin 25.031 peserta
  • Universitas Negeri Yogyakarta 23.838 peserta
Porgram intensif SBMPTN Salman Edukasi
Klik gambar untuk melihat informasi program

 

Pada pengumuman SNMPTN 2017 kemarin, Unpad meloloskan 2.369 peserta atau sekira 6,08% dari total pendaftar.

Ngomong-ngmomong, jurusan apa sih yang paling diminati di Unpad ? Ah, kamu mah sudah bisa nebak. Paling FK ? Hehe

Bener banged. Program studi Kedokteran menjadi prodi dengan jumlah peminat tertinggi, yaitu 3.769 orang. Setelah kedokteran ada

  • manajemen dengan 3.194 peminat
  • farmasi dengan 3.128 peminat
  • ilmu komunikasi sebanyak 2.786 peminat
  • Akuntansi 2.690 peminat
  • psikologi 2.626 peminat
  • ilmu keperawatan 2.468 peminat
  • ilmu hukum 2.221 peminat
  • teknik informatika 2.022 peminat

Eh, kamu penasaran ga sih ? Apakah karena Unpad jadi kampus paling diminati di SNMPTN, terus pelajar Jawa Barat yang paling banyak lulus di pengumuman SNMPTN 2017 ?

Ternyata ngga lho, malahan Jawa Timur provinsi dengan jumlah kelulusan pelajar di SNMPTN terbanyak Click To Tweet

Secara lengkap urutannya adalah

  1. Jawa Timur
  2. Jawa Barat
  3. Jawa Tengah
  4. Sumatera Utara
  5. Aceh
  6. Sulawesi Selatan
  7. DKI Jakarta
  8. Sumatera Barat
  9. Sulawesi Tenggara
  10. Riau

Sayangnya Salman belum dapat data jumlah lulusannya nih. Nanti kami update artikel ini yaa.

 

Apa yang tersisa dari pengumuman SNMPTN 2017 ?

Pengumuman SNMPTN 2017 memberikan kabar gembira bagi sebagian peserta, dan menyisakan kegundahan di sebagian yang lain. Untuk mereka yang masih ga bisa move on, Salman cuma ngingetin, nanti kamu nyesel.

Tidak berapa lama dari pengumuman SNMPTN 2017, akan ada ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. Dihitung – hitung, kamu cuma punya waktu sekitar 2 minggu untuk melakukan persiapan.

Lah, kalau gundah terus, kapan belajarnya ? Nanti pas menghadapi SBMPTN, gagal lagi, gundah lagi. Gitu terus aja sampai UI pindah ke Palangkaraya, calon ibukota baru.

Daripada begitu, Salman menyarankan kamu beberapa hal berikut :

  1. Move on dan segera berbenah diri
  2. Lihat dan ingat target hidup kamu tahun ini, mau kuliah dimana ?
  3. Ambil buku – buku latihan soal SBMPTN kamu, segera latihan soal
  4. Buat manajemen waktu yang baik antara latihan soal, ikut try out, dan istirahat
  5. Ikuti les privat atau program bimbel intensif SBMPTN kalau perlu
  6. Milikilah komitmen untuk menjalani rencana – rencana yang kamu susun ini. Setidaknya persiapkan juga rencana untuk ujian mandiri

Baca informasi mengenai SBMPTN di artikel Salman sebelumnya ini ya

Mengenai ujian mandiri, beberapa kampus sudah melakukan pengumuman. Antara lain :

Silahkan berkunjung ke website – website tersebut untuk melihat informasi ujian mandiri masing – masing kampus ya.

Tahun ini, pengumuman SNMPTN 2017 telah dilakukan. Apa yang terjadi pada tahun ini tentu dapat menjadi motivasi para pelajar kelas 10 dan 11 untuk terus berprestasi. Agar keinginan mereka kuliah di kampus dan jurusan impian dapat terwujud.

Semoga tahun depan SNMPTN makin baik lagi. Walau sayangnya, kuota dan pesertanya terus menurun… Dan, apakah tahun depan Unpad masih menjadi yang paling dicintai ?

Layak kita tunggu 🙂

Jangan lupa sebarkan artikel ini ke teman – teman kamu ya

 

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap